Dear sahabat … Mengenali orang-orang yang ada di sekitar kita adalah salah satu hal penting. Seringkali terjadi konflik kecil hanya karena salah satu hal yang sebenarnya tidak perlu untuk dipermasalahkan. Hal ini terjadi karena ketakpahaman seseorang akan pasangannya dalam komunikasi. Sebagaimana kita tau, bahwa kebutuhan tertinggi dari setiap manusia adalah adanya ekpresi diri, maka mengetahui kepribadian menjadi pokok utama.

Postingan ini adalah postingan terkait, sebaiknya baca artikel lainnya setelah membaca artikel ini. Postingan ini diambil dari sari buku “Personality Plus” karya Florence Litteur. Ada baiknya anda membaca bukunya secara langsung. Insya Allah akan membantu mengenali kepribadian diri.

Sebagai orang dewasa, Melankolis yang Sempurna adalah pemikir. Mereka adalah orang-orang yang serius terhadap tujuan, mengabdi kepada ketertiban dan keteraturan, serta sangat menghargai kecerdasan dan keindahan. Mereka tidak menghambur pergi untuk menacri kesenangan tetapi menganalisis rencana yang paling baik bagi kehidupan mereka. Tanpa orang Melankolis yang Sempurna, kita tidak akan memiliki banyak puisi, seni rupa, kesusastraan, falsafah dan simfoni. Kita bisa kehilangan budaya, peradaban, cita rasa, dan bakat yang begitu dalam terpendam di dalam sifat-sifat kita. Kita akan memiliki lebih sedikit insinyur, pencipta, ilmuwan; pembukuan kita mungkin hilang dan kolom-kolom kita tidak seimbang.

Orang Melankolis yang Sempurna adalah jiwa, pikiran, semangat dan jantung kemanusiaan.Mendalam, penuh pikiran, analitis. Kalau Sanguinis yang Populer ekstrovert, orang Melankolis yang Sempurna adalah introvert. Orang Melankolis yang Sempurna mendalam, tenang dan penuh pikiran. Mereka diahirkan dengan sifat pesimistis, dan bisa melihat masalah sebelum terjadi serta menghitung seluruh biaya sebelum membangun. Melankolis yang Sempurna selalu menginginkan inti persoalan. Melankolis yang Sempurna tidak menerima banyak hal menurut nilai nominalnya, tetapi menggali kebenaran isinya. Melankolis yang Sempurna berpikir, merencanakan, mencipta dan menemukan. Mereka bersedia menekuni kegiatan rutin yang membosankan kalau mereka bisa melihat hasilnya di masa mendatang. Anak Melankolis yang Sempurna bisa duduk selama satu jam belajar main piano, menyempunakan tekniknya, sedangkan anak Sanguinis yang Populer akan memainkan sebuah lagu sebanyak dua kali kemudian lari keluar rumah untuk bermain-main.

Bagian dalam pikiran merupakan hal yang penting bagi Melankolis yang Sempurna, dan sejak di ranjang bayi mereka sudah mengamati kehidupan di sekelilingnya. Sebagai anak-anak, Melankolis yang Sempurna punya mainan yang perlu dipelajari, permainan yang harus dianalisis. Mereka suka mengerjakan banyak hal dengan jarinya, menemukan jawaban yang rumit dari soal-soal dan merencanakan rekreasi yang serius dengan tujuan.

Di sekolah anak-anak Melankolis yang Sempurna menikmati penyusunan kertas kerja dan proyek penelitian, dan mereka memilih untuk tetap bekerja sendirian karena percakapan hanya akan memperlambat kemajuan. Mereka menyukai topik yang mereka rasa belum pernah diselidiki dengan semestinya, dan mereka menanggapi dengan baik guru yang terorganisasi dan menjaga agar kegiatan sehari-hari berjalan secara logis.

Serius dan Tekun. Orang Melankolis yang Sempurna adalah orang yang serius dalam menetapkan tujuan jangka panjang dan hanya ingin melakukan apa yang mempunyai tujuan abadi. Sayang sekali, mereka biasanya menikah dengan orang yang menyukai kesenangan dan kemewahan hidup dan kemudian merasa tertekan oleh hal-hal sepele yang menggembirakan teman hidupnya.

Jenius dan Intelek. Aristoteles dulu mengatakan “Semua orang jenius punya watak Melankolis”. Penulis, pelukis, dan musikus biasanya orang yang Melankolis yang Sempurna, karena mereka dilahirkan dengan potensi jenius yang kalau dimotivasi dan dikembangkan secara semestinya akan menghasilkan karya super hebat.

Berbakat dan Kreatif. Orang Melankolis yang Sempurna adalah orang yang paling berbakat diantara semua jenis watak. Mereka mungkin artistik, musikal, filosofis, puitis dan berbakat sastrawan. Mereka menghargai orang yang berbakat, mengagumi orang jenius, dan kadang menitikkan air mata karena terpengaruh oleh emosinya. Mereka tergerak kepada keajaiban alam. Mereka tenggelam dalam simfoni dan tidak lepas dari kabel woofernya. Semakin sempurna mereka menjadi orang Melankolis semakin banyak komponen stereo yang mereka perlukan.

Menyukai daftar, diagram, grafik dan bagan. Otak Melankolis yang Sempurna berpikir dengan cara yang demikian teratur.

Sadar Perincian. Banyak hal kecil dalam kehidupan yang bahkan sangat penting bagi orang Melankolis yang Sempurna. Misalnya cara memegang sendok, peletakan bantal di kamar tidur yang salah, asbak yang kotor, dan sebagainya. Hal kecil seperti ini menjadi pikiran bagi mereka.

Tertib dan Terorganisasi. Orang Melankolis yang Sempurna mengejar keteraturan. Sanguinis bisa saja bekerja di dapur yang berantakan, tetapi orang Melankolis yang Sempurna harus tertib segala-galanya, atau mereka tidak akan dapat bekerja dengan baik. Orang Melankolis yang Sempurna menyukai lemari pakaian yang tertib dan teratur. Bagi orang yang tidak berada di watak ini mungkin perlu mengetahui arti keteraturan bagi Melankolis yang Sempurna, dan betapa akan sangat membantu setiaporang di antara kita untuk paling tidak menuju arah ini.

Teratur dan Rapi. Melankolis yang Sempurna biasanya berpakaian bagus dan terawat dengan cermat. Kaum prianya tampak efisien, dan kaum wanitanya menata rambutnya dengan rapi. Mereka menginginkan lingkungannya teratur dan rapi, dan mereka berjalan berkeliling merapikan barang-barang milik orang lain.

Perfeksionis – Standar Tinggi. Motto orang Melankolis yang Sempurna adalah Kalau itu layak dilakukan, itu layak dilakukan dengan benar. Atau Jika itu bisa dilakukan secara sempurna, kenapa tidak?? Tidak pernah menjadi persoalan secepat apa dia melakukannya, tetapi sebaik apa. Kualitas selalu lebih penting daripada kuantitas, dan akalu orang Melankolis memimpin, kita tau pekerjaan akan diselesaikan dengan benar dan tepat pada waktunya.

Ekonomis. Orang Melankolis yang Sempurna menurut sifatnya tidak pernah membuang-buang apapun, dan mereka suka menang dalam tawar-menawar.

Perhatian dan Belas Kasihan yang Mendalam. Orang Melankolis yang Sempurna sangat memperhatikan orang lain dan peka terhadap keperluan mereka. Sementara Sanguinis berusaha menjadi pusat perhatian, orang Melankolis yang Sempurna memperhatikan orang lain dan menaruh belas kasihan dalam masalahnya. Melankolis yang Sempurna bisa menjadi penasehat yang baik sekali karena mereka mempunyai kemampuan yang mendalam untuk melihat ke dalam hati seseorang. Mereka bersedia mendengarkan masalah orang lain, menganalisisnya dan menemukan pemecahan masalah yang bisa dilaksanakan. Sanguinis yang Populer bisa diam cukup lama untuk mendengarkan masalah orang lain dan mereka tidak ingin terlibat dalam situasi negatif apa pun, tetapi orang Melankolis yang Sempurna punya rasa belas kasihan yang tulus kepada orang lain dan benar-benar punya perhatian.

Mencari Teman Hidup yang Ideal. Karena orang Melankolis yang Sempurna adalah orang-orang perfeksionis, mereka menginginkan teman hidup yang sempurna pula. Mereka menjaga persahabatan dengan hati-hati, untuk melihat apakah orang lain setara dengannya dan mereka suka punya sedikit teman yang setia dan berbakti, daripada punya banyak kenalan seperti Sanguinis yang Populer.

MASALAH-MASALAH ORANG MELANKOLIS YANG SEMPURNA

Orang Melankolis yang Sempurna Mudah Tertekan

Pemecahan 1 : Sadarilah bahwa tidak ada yang menyukai orang yang berwajah muram

Pemecahan 2 : Jangan mencari kesulitan

Pemecahan 3 : Jangan mudah sakit hati

Pemecahan 4 : Carilah segi positif

Pemecahan 5 : Bacalah buku yang menggambarkan tentang kegembiraan hidup

Ingat! Tekankan pada yang Positif dan singkirkan yang Negatif!

Orang Melankolis yang Sempurna Punya Citra Diri Rendah

Pemecahan 1 : Carilah sumber rasa tidak aman Anda

Pemecahan 2 : Jangan minta dipuji!!

Ingat! Orang Melankolis yang Sempurna punya potensi yang paling besar untuk sukses. Jangan menjadi musuh diri Anda Sendiri yang paling buruk!

Orang Melankolis yang Sempurna Menunda-Nunda

Pemecahan 1 : Dapatkan “Benda yang tepat” sebelum memulai

Pemecahan 2 : Jangan lewatkan waktu terlalu banyak untuk merencanakan

Orang Melankolis yang Sempurna Mengajukan Tuntutan yang Tidak Realistis kepada Orang Lain

Pemecahan 1 : Kendurkan, turunkan, fleksibelkan standar Anda

Pemecahan 2 : Bersyukurlah karena Anda memahami watak Anda

Ingat! Tidak segala-galanya dalam kehidupan bisa sempurnya, so, Nyantai saja laaaahh !

APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN JIKA BERTEMAN DENGAN ORANG MELANKOLIS YANG SEMPURNA?!

  • Ketahuilah bahwa mereka sangat perasa dan mudah sakit hati
  • Sadarilah bahwa mereka diprogram dengan sikap pesimistis
  • Belajarlah berurusan dengan tekanan jiwa
  • Pujilah mereka dengan tulus dan penuh kasih sayang
  • Terimalah kenyataan bahwa kadang-kadang mereka menyukai kesunyian
  • Menikmati kesunyian?
  • Berusahalah menepati jadwal yang masuk akal
  • Sadarilah bahwa kerapian itu perlu
  • Bantulah mereka untuk tidak menjadi Budak Keluarga (khusus bagi pria yang beristri orang Melankolis yang Sempurna) J

RINGKASAN KEKUATAN DAN KELEMAHAN MELANKOLIS YANG SEMPURNA

EMOSI

Kekuatan

Mendalam dan penuh pikiran

Analitis

Serius dan bertujuan

Berbakat dan kreatif

Artistik dan musikal

Berfilsafat dan puitis

Menghargai keindahan

Sensitif kepada orang lain

Mau mengorbankan diri

Bijaksana

Idealistis

Kelemahan

Mengingat yang negatif

Murung dan tertekan

Menikmati sakit hati

Punya kerendahan hati palsu

Berada di dunia lain

Citra diri rendah

Mendengarkan secara selektif

Mementingkan diri sendiri

Terlalu introspektif

Merasa bersalah

Menderita kompleks teraniaya

Cenderung menderita hipokondria

KERJA

Kekuatan

Berorientasi jadwal

Perfeksionis, standar tinggi

Sadar perincian

Tekun dan tuntas

Serba tertib dan teratur

Serba rapi

Hemat

Melihat masalah

Menemukan pemecahan kreatif

Perlu menyelesaikan apa yang dimulai

Menykai tabel, grafik, angka, daftar

Kelemahan

Tidak berorientasi manusia

Tertekan karena ketidaksempurnaan

Memilih pekerjaan sulit

Ragu-ragu memulai proyek

Melewatkan banyak waktu untuk merencanakan

Memilih analisis diatas kerja

Merendahkan diri sendiri

Sulit disenangkan

Standar sering terlalu tinggi

Sangat memerlukan persetujuan

TEMAN-TEMAN

Kekuatan

Berteman dengan hati-hati

Puas ada di belakang layar

Menghindari perhatian

Setia dan mengabdi

Mau mendengarkan keluhan

Bisa memecahkan masalah orang lain

Sangat memperhatikan orang lain

Mudah terharu dan kasihan

Mencari teman hidup ideal

Kelemahan

Hidup melalui orang lain

Tidak aman secara sosial

Menarik diri dan menjauh

Suka mengkritik orang lain

Menahan kasih sayang

Tidak menyukai yang menentang

Mencurigai orang lain

Antagonistis dan pendendam

Tidak mudah memaafkan

Penuh kontradiksi

Skeptis terhadap pujian

Kepribadian Plus (Personality Plus) dengan Tambahan Khusus : Uji Profil Kepribadian.

Florence Littauer, Bina Rupa Aksara, Jakarta.

Anda suka dengan artikel Personality Plus | Belajar Memahami Kepribadian Orang Lain : Watak Melankolis ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Personality Plus | Belajar Memahami Watak Orang Lain : Watak Koleris. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Personality Plus | Belajar Memahami Kepribadian Orang Lain : Watak Melankolis" :

Ditulis dalam Kategori Personality Plus.