Postingan ini adalah postingan terkait, sebaiknya baca artikel lainnya setelah membaca artikel ini. Postingan ini diambil dari sari buku “Personality Plus” karya Florence Litteur. Ada baiknya anda membaca bukunya secara langsung. Insya Allah akan membantu mengenali kepribadian diri.

Tuhan menciptakan watak Phlegmatis yang Damai sebagai orang istimewa untuk menjadi bantalan bagi emosi tiga watak lainnya, untuk memberikan kestabilan dan keseimbangan.

Orang Phlegmatis yang Damai meredakan rencana gila orang Sanguinis yang Populer. Orang Phlegmatis yang Damai tidak mau menjadi terlalu terkesan dengan keputusan cemerlang orang Koleris yang Kuat. Orang Phlegmatis yang Damai  tidak menganggap terlalu serius rencana rumit orang Melankolis yang Sempurna.

Orang Phlegmatis yang Damai adalah pemberi keseimbangan besar bagi kita semua, yang memperlihatkan kepada kita “Ini tidak penting sekali”. Dan dalam jangka panjang, memang itu tidak benar-benar penting.

Serba Guna. Orang Phlegmatis yang Damai adalah orang yang paling mudah dari semua watak untuk diajak bergaul. Sejak permulaan, bayi Phlegmatis yang Damai merupakan berkat bagi orangtuanya. Mereka akan menyenangkan untuk dimiliki, mereka akan berbahagia ditempatkan dimanapun juga, dan mereka akan memberi toleransi kepada jadwal yang fleksibel. Mereka menyukai teman-teman tetapi merasa berbahagia sendirian. Tidak ada apa pun yang rupanya mengganggu mereka, dan mereka suka mengamati orang yang lewat. Orang Phlegmatis yang Damai tidak menyinggung perasaan, tidak menarik perhatian orang lain kepada dirinya sendiri, dan dengan diam-diam melakukan apa yang diharapkan dari dirinya tanpa mencari penghargaan. Sementara orang Koleris adalah “Pemimpin bawaan sejak lahir”, orang Phlegmatis yang Damai adalah “Pemimpin karena belajar”, dan dengan motivasi yang semestinya bisa menanjak ke puncak karena kemampuannya yang menonjol untuk menyesuaikan diri dengan orang lain.

Kepribadian yang Rendah Hati. Orang Phlegmatis yang Damai begitu menyenangkan dan tidak ofensif sehignga menyenangkan berada di dekatnya dan setiap keluarga perlu mengimpor beberapa orang seperti itu, kalau mereka tidak kebetulan sudah melahirkan anak dengan watak tersebut.

Selalu Santai. Orang Phlegmatis yang Damai suka menghadapi persoalan dengan santai dan secara bertahap. Dia tidak ingin berfikir terlalu jauh ke depan.

Diam, Tenang dan Terkendali. Salah satu ciri khas orang Phlegmatis yang Damai yang mengagumkan adalah kemampuannya untuk tetap tenang berada di pusat badai. Kalau Sanguinis yang Populer menjerit, Melankolis yang Sempurna memberontak, Koleris yang Kuat berlari, orang Phlegmatis yang Damai tetap bersikap tenang. Dia mundur dan menunggu saat, dan kemudian bergerak diam-diam dan menuju arah yang benar. Emosi tidak menguasainya, kemarahan tidak memasuki hatinya. “Itu tidak layak diresahkan”, katanya.

Sabar – Baik Keseimbangannya. Orang Phlegmatis yang Damai tidak pernah tergesa-gesa, dan dia tidak pernah merasa terganggu oleh situasi yang mengganggu pikiran orang lain.

Berbahagia Menerima Kehidupan. Orang Phlegmatis yang Damai tidak memulai dengan harapan yang besar dan dengan demikian lebih mudah menerima ketidakpastian hidup. Dia mempunyai sifat pesimistis yang mendasar yang tidak menyebabkannya tertekan seperti orang Melankolis yang Sempurna, tetapi yang menjaganya tetap “realistis”.

Punya Kemampuan Administrasi. Orang Phlegmatis yang Damai adalah orang yang bisa menyesuaikan diri dengan siapa saja dan memiliki kemampuan mengurus administrasi.

Menengahi Masalah. Sementara manusia berjuang di perairan yang bergejolak, orang Phlegmatis yang Damai mengangkat kepalanya dan menenangkan samudera. Sementara orang lainnya berdebat supaya kemauannya dituruti, orang Phlegmatis yang Damai bisa duduk menjauh dan memberikan pandangan yang obyektif. Setiap rumah dan bisnis memerlukan sedikinya seorang Phlegmatis yang Damai untuk meninjau kedua belah pihak dan mengeluarkan jawaban yang tenang, kalem, dan terkendali.

Mudah Diajak Bergaul. Orang Phlegmatis yang Damai punya banyak teman karena mudah diajak bergaul, dan semua watak lainnya memerlukan teman seperti ini. Sebagai anak-anak dan remaja, orang Phlegmatis yang Damai jarang memberikan kesulitan kepada ibunya, dan menyenangkan sebagai teman. Hal ini berefek ia memiliki banyak teman.

Menjadi Pendengar yang baik. Alasan lainnya mengapa orang Phlegmatis yang Damai punya banyak teman adalah karena mereka adalah pendengar yang baik. Sebagai satu kelompok, orang Phlegmatis yang Damai suka mendengarkan daripada berbicara. Orang Phlegmatis yang Damai bisa tetap diam.

MASALAH-MASALAH ORANG PHLEGMATIS YANG DAMAI

Orang Phlegmatis yang Damai seperti tidak ada

Pemecahan : Berusaha membangkitkan semangat

Ingat! Milikilah Antusiasme…

Orang Phlegmatis yang Damai melawan perubahan

Pemecahan: Cobalah sesuatu yang baru

Orang Phlegmatis yang Damai tampaknya malas

Pemecahan 1 : Belajarlah menerima tanggung jawab hidup

Pemecahan 2 : Jangan menunda-nunda sampai besok apa yang bisa Anda lakukan hari ini

Pemecahan 3 : Motivasilah diri Anda

Orang Phlegmatis yang Damai punya kemampuan baja yang tenang

Pemecahan : Belajarlah mengkomunikasikan perasaan Anda

Ingat! Nyatakan perasaan Anda sebelum terlambat. Jangan sembunyikan lentera Anda di bawah semak-semak.

Orang Phlegmatis yang Damai tampaknya tidak berpendirian

Pemecahan 1 : Berlatihlah membuat keputusan

Pemecahan 2 : Belajarlah mengatakan “Tidak”

APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN JIKA BERTEMAN DENGAN ORANG PHLEGMATIS YANG DAMAI?!

  • Sadarilah mereka membutuhkan motivasi langsung
  • Bantulah mereka menetapkan tujuan dan memperoleh imbalan
  • Jangan mengharapkan antusiasme
  • Sadarilah bahwa menunda-nunda merupakan bentuk kontrol mereka secara diam-diam
  • Paksalah mereka membuat keputusan
  • Jangan menumpuk semua kesalahan pada mereka
  • Doronglah mereka untuk menerima tanggung jawab
  • Hargailah disposisi mereka yang merata

RINGKASAN KEKUATAN DAN KELEMAHAN PHLEGMATIS YANG DAMAI

EMOSI

Kekuatan

Kepribadian profil rendah

Mudah bergaul dan santai

Tenang dan teguh

Sabar, seimbang

Hidup konsisten

Tidak banyak cakap tetapi bijaksana

Simpatik dan baik hati

Menyembunyikan emosi

Senang menyesuaikan diri dengan kehidupan

Penuh tujuan

Kelemahan

Tidak antusias

Takut dan khawatir

Tidak pasti

Menghindari tanggung jawab

Berkemauan baja yang tenang

Mementingkan diri sendiri

Terlalu pemalu dan pendiam

Terlalu suka kompromi

Merasa benar sendiri

KERJA

Kekuatan

Cakap dan mantap

Damai dan menyenangkan

Punya kemampuan administrasi

Menengahi masalah

Menghindari pertikaian

Baik di bawah tekanan

Menemukan cara yang mudah

Kelemahan

Tidak berorientasi tujuan

Kurang motivasi diri

Sulit bergerak

Tidak senang didesak-desak

Malas dan tidak peduli

Membuat orang lain merosot semangatnya

Lebih suka menonton

TEMAN-TEMAN

Kekuatan

Mudah diajak rukun

Menyenangkan

Tidak suka menyinggung perasaan

Pendengar yang baik

Rasa humor yang tajam

Suka mengawasi orang lain

Punya banyak teman

Berbelas kasihan dan peduli

Kelemahan

Menghilangkan antusiasme

Tidak mau terlibat

Tidak menyenangkan

Tidak mempedulikan rencana

Menilai orang lain

Sarkatis dan mengejek

Menolak perubahan

Kepribadian Plus (Personality Plus) dengan Tambahan Khusus : Uji Profil Kepribadian.

Florence Littauer, Bina Rupa Aksara, Jakarta.

Anda suka dengan artikel Personality Plus | Belajar Memahami Watak Orang Lain : Watak Phlegmatis ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Kumpulan Kata-kata Mutiara Cinta (Originally Posted). Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Personality Plus | Belajar Memahami Watak Orang Lain : Watak Phlegmatis" :

Ditulis dalam Kategori Personality Plus.