Postingan ini adalah postingan terkait, sebaiknya baca artikel lainnya setelah membaca artikel ini. Postingan ini diambil dari sari buku “Personality Plus” karya Florence Litteur. Ada baiknya anda membaca bukunya secara langsung. Insya Allah akan membantu mengenali kepribadian diri.

Berbicara tentang Sanguinis, kita akan berbicara tentang orang Populer, famous, terkenal dan mudah bergaul. Sanguinis yang Populer adalah watak yang sangat menyenangkan untuk dijadikan teman. Selera humornya tinggi. Ia adalah mesin bicara yang tak henti mengeluarkan kata-kata, meski dalam sehari semalam diajak bercerita, ia akan mampu meladeni. Pola emosi sanguinis berubah dengan sangat cepat. Kalau ia marah pada seseorang, dalam waktu satu jam kemudian ia akan bisa melupakan marahnya dan kembali berkomunikasi seperti sedia kala, layaknya tak terjadi apa-apa. Hidupnya selalu terasa menyenangkan. Ia laksana Peterpan, sang pangeran yang tiap kali merasa bahagia akan mendapatkan kekuatannya, dan tiap kali mendapatkan kesedihan kekuatannya akan hilang. Masa kecilnya bahagia, dan akhirnya ia tak pernah ‘menjadi dewasa’. Ia menikmati tiap kejadian dalam kehidupannya. Sayangnya, sanguinis yang Populer adalah orang yang sering tak konsisten terhadap waktu. Akibatnya orang yang dekat dengannya harus paham jika suatu waktu ia terlambat datang setelah janji yang dibuat dengan sangat tegas. Sanguinis yang Populer bisa saja bercerita hal bohong hanya untuk menyenangkan orang lain. Selera humor yang tinggi membuatnya mesti menceritakan banyak hal yang hampir tidak benar. Ia hanya ingin membuat orang lain tertawa. Di dalam forum, sanguinis adalah orang yang bintang. Ia bisa tertawa, bertanya, menyapa, berkawan dan menjadi bintang yang sangat cepat dikenal oleh orang.

Sanguinis yang Populer punya pembawaan mencari kesenangan permainan, dan sejak saat mereka masih kecil, mereka suka menyelidiki dan periang. Bayi Sanguinis yang Populer bermain-main dengan apa saja yang bisa mereka temukan, mereka tertawa, mengoceh dan senang bersama orang lain.

Kepribadian menyenangkan. Kepribadian mereka yang meluap-luap dan kharisma mereka yang alami menarik orang kepada mereka. Anak-anak sanguinis yang Populer punya sekelompok penggemar kecil yang selalu mengikuti mereka kemana-mana, sebab mereka ingin berada di mana ada saksi.

Suka bicara dan bercerita. Cara yang paling nyata untuk menemukan seorang sanguinis yang Populer adalah dengan mendengarkan di setiap kelompok dan menemukan orang yang paling keras bicara dan mengobrol hampir terus menerus. Sementara orang lain bicara, orang sanguinis yang Populer mengisahkan cerita mereka.

Menghidupkan suasana pesta. Sanguinis yang Populer punya keinginan bawaan untuk menjadi pusat perhatian, dan ciri khas ini, bersama dengan ceritanya yang warna-warni, menjadikan mereka orang yang bisa menghidupkan pesta.

Ingatan yang kuat akan warna. Orang sanguinis yang Populer tidak pandai mengingat nama, tanggal, tempat dan fakta, mereka mempunyai kemampuan yang unik untuk mengingat-ingat perincian hidup yang warna-warni. Mereka mungkin tidak tau inti suatu pesan, tapi mereka akan tau pembicara yang menggunakan gaun ungu dengan kelopak merak di bagian depannya.

Memukau pendengar. Karena sanguinis yang Populer sangat hangat dan menyukai hal-hal fisik, mereka cenderung suka memeluk, mencium, menepuk dan mengelus teman-temannya. Kontak ini demikian alami bagi mereka. Sanguinis yang Populer bukan hanya “peraba”, tetapi juga mereka sering memegangi orang yang diajak bicara supaya bisa melakukan kontak erat dan memastikan pendengarnya tidak lari.

Baik di panggung. Sanguinis yang Populer bisa menjadi pemberi sambutan, tuan rumha, resepsionis, pembawa acara, dan ketua klub yang baik sekali. Mereka bisa periang dan membangkitkan antusiasme dalam semua hati kecuali orang yang paling bebal.

Lugu dan polos. Sanguinis yang Populer adalah satu-satunya kepribadian yang tampaknya selalu lugu dan polos. Sanguinis yang Populer naif dan mempunyai kesederhanaan kanak-kanak sampai usia lanjut. Mereka sebenarnya tidak lebih bodoh dari watak-watak lainnya, hanya kadang mereka kelihatan seperti itu.

Antusias dan Ekspresif. Sanguinis yang Populer adalah orang yang emosional dan demonstratif, yang selalu optimis dan antusias terhadap hampir segala-galanya. Apa saja yang anda nyatakan, dia hampir ingin melakukannya, dan kemana saja anda menyebutkan akan pergi, mereka ingin pergi ke sana. Mereka bergerak, melompat, melambai dan menggeliat.

Penuh rasa ingin tahu. Sanguinis yang Populer selalu penuh rasa ingin tahu dan tidak ingin ketinggalan apapun. Di pesta-pesta, kalau seorang dengan watak itu sedang terlibat dalam sebuah percakapan dan mendengar namanya disebut di seberang ruangan, dia akan berhenti di tengah-tengah kalimat dan menoleh ke suara yang baru didengarnya. Sanguinis yang Populer kerap kali seperti radio yang mencari gelombangnya diputar-putar, menyetel berbagai stasiun yang berbeda-beda. Pikiran Sanguinis yang Populer dengan cepat berpindah-pindah dari satu percakapan ke percakapan lainnya.

Selamanya menjadi kanak-kanak. Salah satu alasan Sanguinis yang Populer mempertahankan terus cara-cara yang kekanak-kanakan adalah karena mereka dulu adalah anak-anak yang menyenangkan. Mereka disayang oleh orang tua, guru dan teman-teman, mereka tindak ingin meninggalkan kehidupan sebagai “pusat perhatian”. Alasan lainnya adalah bahwa mereka sebenarnya tidak suka tumbuh menjadi dewasa. Semua orang dari watak lainnya ingin meninggalkan kehidupan kanak-kanak, namun Sanguinis yang Populer tidak. Bagi mereka, semua gadis adalah Cinderella dan semua anak laki-laki adalah pangeran tampan.

Sukarelawan untuk tugas. Karena Sanguinis yang Populer ingin selalu bisa membantu dan Populer, mereka mengajukan diri secara sukarela tanpa memikirkan konsekuensinya.

Kreatif dan Inovatif. Otak Sanguinis yang Populer selalu memikirkan gagasan baru dan menarik. Dengan setiap hari datanglah tantangan baru yang dihadapi dengan kegiatan yang kreatif. Dalam setiap rapat komite, Sanguinis yang Populerlah yang memimpikan gagasan, mendapatkan imajinasi untuk mendekor ruangan serta memilih tema yang unik dan menyenangkan untuk proyek.

Mengilhami dan Mempesona Orang lain. Karena Sanguinis yang Populer mempunyai energi dan antusiasme yang berlimpah-limpah, mereka cenderung menarik dan mengilhami orang lain. Harry Truman pernah berkata bahwa kepemimpinan adalah kemampuan untuk mengilhami orang lain untuk bekerja dan membuat mereka menikmatinya. Pernyataan ini menunjukkan bahwa Sanguinis yang Populer mampu menunjukkan gaya kepemimpinannya yang halus.

Mudah Berteman. Tidak ada orang asing bagi Sanguinis yang Populer, sebab dengan hanya mengatakan halo saja, mereka menjadi sahabat anda. Sementara orang lainnya ragu-ragu dan menahan diri, Sanguinis yang Populer membuka percakapan dengan siapa saja yang ditemuinya.

Tampak Menyenangkan. Karena Sanguinis yang Populer selalu melakukan banyak hal dengan cerdik, tampaknya mereka menghayati kehidupan yang lebih menyenangkan daripada teman-temannya.

MASALAH-MASALAH ORANG SANGUINIS YANG POPULER

Orang Sanguinis yang Populer Bicara Terlalu Banyak.

Pemecahan 1 : Biacaralah separuh dari sebelumnya

Pemecahan 2 : Mengawasi tanda-tanda kebosanan pada lawan bicara

Pemecahan 3 : Meringkas komentar Anda

Pemecahan 4 : Berhenti membesar-besarkan

Ingat! Warna-Warni sampai Ekstrim akan menjadi kebohongan!

Orang Sanguinis yang Populer Mementingkan Diri Sendiri

Pemecahan 1 : Perasalah terhadap kepentingan orang lain

Pemecahan 2 : Belajalah mendengarkan

Ingat! Perasalah terhadap kebutuhan orang lain dan dengarkan apa yang mereka katakan!

Orang Sanguinis yang Populer Punya Ingatan yang Belum Dikembangkan

Pemecahan 1 : Perhatikan Nama

Pemecahan 2 : Menuliskan segala-galanya

Pemecahan 3 : Jangan melupakan anak-anak

Ingat! Walaupun Anda bisa memberikan alasan mengapa Anda punya ingatan yang buruk, tidak seorang pun ingin mendengarnya. Perhatikan nama-nama orang lain, tulislah banyak hal, dan cobalah membuat catatan tentang dimana Anda meninggalkan barang-barang Anda.

Orang Sanguinis yang Populer adalah teman yang tidak tetap pikirannya dan Pelupa

Pemecahan 1 : Bacalah buku tentang persahabatan

Pemecahan 2 : Mendahulukan Kepentingan Orang lain

Orang-orang Sanguinis yang Populer, tidak mudah bagi Anda untuk menjadi “teman yang baik”, tetapi hal itu punya nilai yang lebih besar daripada upaya yang dilakukan. Jangan hanya puas menjadi pendengar, jadilah seorang sahabat!

Orang Sanguinis yang Populer Menyela dan Menjawab untuk Orang Lain

Pemecahan: Jangan berpikir bahwa Anda harus mengisi semua kekosongan

Ingat! Orang yang menyela dan menjawab untuk orang lain adalah orang yang kasar dan kurang pertimbangan, dan tidak lama lagi mendapat tanggapan yang tidak menyenangkan.

Orang Sanguinis yang Populer tidak tertib dan tidak dewasa

Pemecahan 1 : Satukan kehidupan Anda

Pemecahan 2 : Tumbuhlah Dewasa!!!

APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN JIKA BERTEMAN DENGAN ORANG SANGUINIS YANG POPULER?!

Kenali kesulitan mereka dalam menyelesaikan tugas

Sadarilah mereka bicara tanpa berpikir lebih dulu

Sadarilah mereka menyukai variasi dan fleksibilitas

Bantulah mereka agar tidak menerima lebih dari yang bisa mereka lakukan

Jangan harapkan mereka mengingat janji pertemuan atau datang tepat pada waktunya

Pujilah mereka untuk segala sesuatu yang mereka capai

Ingat bahwa mereka orang yang terpengaruh oleh keadaan

Bawakan mereka hadiah : Mereka menyukai mainan baru!

Terimalah kenyataaan bahwa mereka mendapatkan kesenangan dari apa yang akan memalukan orang lain!

Sadarilah bahwa mereka bermaksud baik!

RINGKASAN KEKUATAN DAN KELEMAHAN SANGUINIS YANG POPULER

EMOSI

KEKUATAN

Kepribadian menyenangkan

Suka bicara dan bercerita

Menghidupkan suasana pesta

Selera humor yang baik

Ingatan akan warna

Secara fisik memegang pendengar

Emosional dan demonstratif

Antusias dan ekspresif

Ceria dan selalu gembira

Penuh rasa ingin tahu

Baik di panggung

Bermata lebar dan polos

Hidup di masa sekarang

Sikapnya mudah berubah

Berhati tulus

Kelemahan

Suka bicara

Membesar – besarkan

Tidak bisa mengingat nama

Membuat orang lain takut

Sebagian terlalu bahagia

Energi yang tidak mau diam

Egoistis

Suka mengeluh

Kekanak-kanakan

Suara dan tertawa keras

Dikendalikan keadaan

Mudah marah

Tampak palsu bagi beberapa orang

Tidak pernah dewasa

PEKERJAAN

Kekuatan

Mengajukan diri secara sukarela untuk bekerja

Memikirkan kegiatan baru

Tampak hebat di permukaan

Kreatif dan penuh warna

Punya energi dan semangat

Mulai dengan cara yang hebat

Mengilhami orang lain untuk bergabung

Mempesona orang lain untuk bekerja

Kelemahan

Lebih suka bicara

Melupakan kewajiban

Tidak mengikuti sampai tuntas

Keyakinan cepat luntur

Tidak disiplin

Prioritas kacau

Memutuskan dengan perasaan

Mudah teralihkan perhatiannya

Membuang-buang waktu dengan bicara

TEMAN-TEMAN

Kekuatan

Mudah berteman

Menyukai orang lain

Terdorong oleh pujian

Tampak menggembirakan

Dicemburui orang lain

Tidak menyimpan dendam

Cepat minta maaf

Mencegah saat membosankan

Menyukai kegiatan spontan

Kelemahan

Benci berada dalam sendirian

Perlu menjadi pusat perhatian

Ingin popoler

Mencari penghargaan

Mendominasi percakapan

Menyela dan tidak mendengarkan

Menjawab untuk orang lain

Tidak tetap dan pelupa

Membuat dalih

Mengulangi cerita

Kepribadian Plus (Personality Plus) dengan Tambahan Khusus : Uji Profil Kepribadian.

Florence Littauer, Bina Rupa Aksara, Jakarta.

?

Salam …

Anda suka dengan artikel Personality Plus | Belajar Memahami Kepribadian Orang Lain : Watak Sanguinis ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Personality Plus | Belajar Memahami Kepribadian Orang Lain : Watak Melankolis. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Personality Plus | Belajar Memahami Kepribadian Orang Lain : Watak Sanguinis" :