Masih juga tentang perempuan, berikut ini adalah sekian banyak pandangan negatif masa lampau yang masih beredar di masyarakat, banyak juga ungkapan baru yang terdengar secara jelas atau sayup-sayup yang melecehkan perempuan.

Sungguh, saya benar-benar tidak  sependapat dengan pandangan-pandangan berikut ini. Saya sendiri termasuk orang yang mengangungkan perempuan lebih dari syair-syair lagu yang ditulis dan didendangkan oleh Ada Band. Saya menulisnya untuk sekedar berbagi dengan para pembaca. Beberapa pandangan negatif ini saya sadur dari buku : Perempuan, karya Quraish Shihab (hal. 50-54).

Tidak dapat dipungkiri bahwa mengabaikan perempuan berarti mengabaikan setengah dari potensi masyarakat, dan melecehkan mereka berarti melecehkan seluruh manusia, karena tidak seorang manusia pun –kecuali Adam dan Hawa- yang tidak lahir melalui perempuan.
Sebenarnya, tidak ada perbedaan pendapat di kalangan pemikir kontemporer menyangkut perlunya mendudukkan perempuan pada kedudukan yang sebenarnya serta memberi mereka peranan, bukan saja dalam kehidupan rumah tangga melainkan juga dalam kehidupan bermasyarakat.
Tidak disangkal juga bahwa ada bias terhadap perempuan oleh lelaki dan perempuan, muslim atau non-muslim, ualama, cendekiawan maupun bukan dari masa lalu atau masa kini. Bias tersebut bukan saja mengakibatkan peremehan terhadap perempuan karena mempersamakan mereka secara penuh dengan lelaki menjadikan mereka menyimpang dari kodratnya, dan ini adalah pelecehan. Sebaliknya, tidak memberi hak-hak mereka sebagai manusia yang memiliki kodrat dan kehormatan yang tidak kalah dengan apa yang dianugerahkan Allah kepada lelaki, juga merupakan pelecehan.

Berikut ini pandangan negatif yang beredar tentang perempuan, dari masa lalu, yakni :

Perempuan mengakui dosa-dosanya, tetapi jarang sekali mengakui kesalahan-kesalahannya sehingga Anda jarang mendengar kata “maaf” dari perempuan.

Perempuan jika melupakan kesalahan Anda, itu tidak berarti dia memaafkan Anda, dan bila dia memaafkan Anda, itu berarti dia tidak mungkin melupakan kesalahan Anda.

Perempuan selalu ingin melihat dengan kedua matanya, tetapi terkadang dia menutup keduanya untuk memberi kesempatan orang lain untuk melihatnya.

Sifat perempuan sangat hebat bukannya dia menipu Anda, tetapi menipu dirinya sendiri dengan menyatakan bahwa dia mencintai Anda.

Kegiatan pertama perempuan di pagi hari adalah menyikat giginya agar bersih dan mengasah lidahnya agar tajam.

Kalau perempuan berbicara, jangan dengarkan apa yang diucapkan lidahnya, tetapi perhatikan kalimat-kalimat yang dipancarkan matanya.

Perempuan terhormat adalah perbendaharaan yang telah hilang sehingga manusia tidak lagi mencarinya.

Perempuan bukanlah seperti perampok yang mengancam Anda dengan berkata : “Harta atau Nyawa”, tetapi perempuan menuntut keduanya.

Kalau Anda mempunyai teori baru sampaikanlah kepada perempuan, dia akan mempercayainya karena dia bodoh, dia akan menyebarluaskannya karena dia cerewet, dan dia akan mempertahankannya karena dia keras kepala.

Perempuan yang cantik adalah surga buat mata Anda, neraka buat diri Anda, dan jin yang genius terhadap isi dompet Anda.

Anda tutup kedua mata Anda, menyumbat kedua telinga Anda, berpura-pura tidur atau mati, kendati demikian, perempuan akan terus berbicara kepada Anda atau orang lain.

Kucing memiliki tujuh nyawa, sedangkan perempuan memiliki nyawa tujuh kucing.

Perempuan jika menggigit lengan suaminya, dia akan hidup. Sedangkan, lelaki bila menggigit lengan istrinya, dia akan mati.

Selama tangan Anda terbuka, dua hal pasti tidak menghindar dari Anda, dan begitu Anda menutupnya, dia segera menjauh. Keduanya adalah air raksa dan perempuan.

Perempuan seperti minuman keras yang terbuat dari anggurm disukai banyak orang padahal bahannya dari anggur yang rusak.

Ketika seorang lelaki berkata walau sekali kepada perempuan : “Anda cantik”, setan memperdengarkan kepadanya seribu kali.
Berdiskusi dengan perempuan serupa berbicara dengan air, udara atau api. Semuanya tanpa hasil.

Sungguh siapa yang berkata : “Perempuan tidak jarang gila” telah menganiaya perempuan karena sebearnya perempuan selalu setengah berakal.

Perempuan biasanya tidak melihat atau mengenang apa yang dilakukan suami untuknya, yang dilihat dan dikenang hanyalah aa yang tidak dilakukan suaminya dan apa yang dia lakukan untuk suaminya.

Jika perempuan mencintai Anda, dunia dipersembahkannya untuk Anda. Namun, jika dia membenci Anda, Anda bersama dunia dibakarnya.

Kalau Anda memohon kepada Tuhan agar Dia mengampuni dosa dan kesalahan Anda, Tuhan akan memperkenankan. Sedangkan, bila Anda memintanya kepada perempuan, Anda akan menyesal sepanjang masa.

Buaya menangis ketika ia makan, sedangkan perempuan menangis setiap saat.

Anda telah memaki seorang perempuan jika Anda memuji perempuan lain di hadapannya.

Betapa pun perempuan menangis tersedu-sedu, pasti ada saat dia membuka tas tangannya untuk melihat ke cermin, membasuh air matanya, lalu meletakkan gincu di bibirnya.

Lelaki bersahabat dengan perempuan karena sebab ini dan itu, dan lelaki mencatinya kendati perempuan begini dan begitu.
Perempuan selalu enggan menyangkut segala sesuatu yang dibagi dua.

Kesalahan terbesar yang dilakukan lelaki adalah mengejar perempuan. Ini serupa dengan memanjat pohon untuk mengambil buahnya, padahal bila dia bersabar sedikit, niscaya buah itu akan berjatuhan.

Rahasia satu-satunya yang dipegang oleh perempuan adalah umurnya.

Lelaki yang bijaksana adalah yang meminta nasihat istrinya untuk tidak dia amalkan.

Hahahah … Ampun, sampe tak henti tersenyum saat menuliskannya. Perempuan adalah partner lelaki yang punya hak sama, sifat sedikit berbeda. Di situlah keunikan dan kelebihannya.

Saya mencintai seorang perempuan, dan itu akan bermakna sama bahwa saya menghargai perempuan secara keseluruhannya. Menyakiti seorang perempuan sama halnya melecehkan keseluruhan perempuan di dunia. Hargai perempuan, hormati perempuan, sayangi perempuan dan cintai perempuan. Tanpa mereka, dunia akan jadi neraka.

Anda suka dengan artikel Kumpulan Kata-kata Mutiara : Pandangan Negatif Terhadap Perempuan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Kumpulan Kata-kata Mutiara : Perbedaan Laki-Laki Dan Perempuan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Kumpulan Kata-kata Mutiara : Pandangan Negatif Terhadap Perempuan" :