Berikut ini cara praktis yang dapat anda lakukan untuk mengatasi rasa gugup ketika berbicara di atas panggung :

Pertama, percara diri

Percaya diri atau PeDe muncul karena yakin bahwa diri sendiri memeiliki kompetensi dan kemampuan. Selalulah belajar kepada orang lain yang sudah ahli, terutama tentang retorika dan trik-trik ceramah. Selanjutnya anda tinggal meniru caranya.

Kedua, jangan takut salah

Jangan terlalu membebani diri untuk tampil ideal. Anggaplah ceramah sebagai latihan yang bila sering dilakukan skill tersebut akan meningkat dengan sendirinya.

Ketiga, mulailah dari kelompok kecil

Seperti di dalam kelas, halaqoh, pertemuan keluarga, atau kumpul RT. Cobalah aktif berbicara dan menyampaikan usulan-usulan positif.

Keempat, banyak membaca

Membaca sesungguhnya menabung pengetahuan. Selain memperkaya perspektif, pengetahuan tersebut akan muncul dengan begitu saja saat Anda berceramah.

Kelima, persiapan

Seperti menyiapkan bahan-bahan, menggali informasi terkait, mengecek hafalan dalil dan menyusun kerangka. Tulislah di atas selembar kertas lalu susun secara sistematik.

Keenam, jangan lupa berdoa

Dakwah adalah perbuatan mulia. Karenanya, yakinlah bahwa Allah akan memudahkan. Sebelum naik mimbar bacalah doa “Rabbisy rahli shadri wa yassirlii amrii wahlul ‘uqdatan min lisani yafqahu qauli” (Ya Allah! Lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku)

Selamat Mencoba! (Majalah Ar-Risalah, Oktober 2009, Edisi 100 Vol. IX No. 4)

Anda suka dengan artikel Agar Bicara Tak Terbata-Bata ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Agama Dan Ilmu. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Agar Bicara Tak Terbata-Bata" :

Ditulis dalam Kategori Uncategorized. Supaya ngomong tidak terbata bata,