Bukankah ada hadits yang maknanya ada di antara manusia yang melakukan amalan-amalan surga tapi karena takdir mendahuluinya akhirnya dia masuk neraka, begitu pula sebaliknya, lalu kenapda kita berdoa minta rezeki kalau pada dasarnya rezeki telah ditakdirkan? Bukankah doa kita telah dikabulkan / ditakdirkan sebelum kita lahir ke dunia? (+628524266****)

Jawaban :

Masalah ini bisa kita baca kembali dalam kitab dan buku-buku akidah, khususnya iman kepada takdir. Hikmah dari mengapa kita berdoa adalah :

Pertama, karena itu ibadah, Allah memerintahkan kita untuk berdoa memohon dan meminta kepada-Nya.

Kedua, karena kita tidak tahu takdir kita, apakah kita ditakdirkan kaya atau miskin, bahagia atau sengsara, dan sebagainya. Semua itu sudah tercatat di sisi Allah, dan hanya Allah yang mengetahui. Sedangkan kita? Tentu saja tidak tahu apa takdir kita, karena itulah kita mengikuti perintah. Diperintah untuk berdoa, maka kita berdoa, diperintah untuk taat maka kita taat, dan begitu seterusnya.

Ketiga, seseorang tidak boleh meninggalkan iktiar dengan alasan takdir, misalnya tidak mau bekerja dengan alasan bahwa Allah telah menetapkan rezekinya, sekalipun tidak bekerja pasti apa yang ditakdirkan itu datang dan terjadi. Beralasan dengan takdir tidak dibenarkan sebab kita tidak tau takdir kita. Karena itulah Rasulullah Saw. Bersabda : “Bekerjalah! Sebab semuanya dimudahkan untuk melakukan apa yang ditakdirkan untuknya”.

Keempat, antara takdir dan usaha tidak bertentangan, seperti berdoa agar pandai dengan belajar, atau seperti berdoa minta sehat dengan berolahraga dan menjaga kesehatan. Bahkan syarat doa yang mustajab adalah  kesesuaian antara usaha dengan doa kita.

Kelima, sebagai bukti pengakuan kita kalau Allah Maka Kuasa dan kita selalu membutuhkan-Nya.

(Qiblati, Edisi 12 tahun IV)

Anda suka dengan artikel Mengapa Kita Harus Berdoa Jika Sudah Ada Takdir? ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Agar Bicara Tak Terbata-Bata. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Mengapa Kita Harus Berdoa Jika Sudah Ada Takdir?" :

Ditulis dalam Kategori Catatan MasBied.