Kopi mungkin menjadi minuman yang paling dikenal masyarakat dunia. Minuman hitam ini etlah dikenal manusia sejak ratusan tahun lalu. Tak heran jika 80% orang di dunia minum kopi setidaknya satu cangkir sehari.

Minum kopi memang menimbulkan efek segar bagi tubuh. Tak lain karena di dalam kopi terdapat zat aktif yang bernama kafein. Satu cangkir kopi rata-rata mengandung 100 – 150 miligram kafein.

Dalam “The Pharmacological Basis of Therapeutics” oleh Dr. J. Murdoch Ritchie disebutkan bahwa efek positif dari karein antara lain : menambah kecepatan berfikir dan inspirasi, mengurangi rasa ngantuk dan kelelahan, meningkatkan sensor stimuli dan reaksi motorik; misalnya seorang yang mengetik akan dapat bekerja lebih cepat dan dengan tingkat kesalahan yang kecil.

Secara kedokteran, menurut Dr. Ritchie, kafein yang terkandung dalam 1 sampai 2 cangkir kopi dapat menambah detak jantung, melebarkan pembuluh darah, mendorong aliran sampah-sampah cair maupun padat dalam tubuh, sehingga badan terasa lebih “segar”. Efek inilah yang menyebabkan banyak orang sulit terlepas dari kebiasaan minum kopi.

Sayangnya, kebiasaan minum kopi seringkali memunculkan efek kecanduan, baik secara psikologi maupun fisiologis. Ciri umum kecanduan kopi antara lain rasa letih atau lelah, tak bersemangat dan mengantuk kalau sehari saja tidak minum kopi. :-)

Konsumsi kopi yang wajar adalah 85 – 200 mg, atau 1 – 3 cangkir kopi per hari. Namun, minum kopi di atas 250 mg sekaligus dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti jantung berdebar, gelisah, insomnia (sulit tidur), gugup, tremor (tangan bergetar), bahkan mual sampai muntah-muntah.

Minum kopi juga berbahayaa bagi penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) karena senyawa kafein bisa menyebabkan tekanan darah meningkat tajam. Selain itu, kopi juga bisa meningkatkan aliran darah ke ginjal yang berakibat meningkatnya produksi urin. Jadi, jangan heran kalau tak lama sehabis mengkonsumsi kopi, kandung kecing cepat penuh.

Kafein dalam jumlah yang lebih besar, misalnya jika kita minum 10 cangkir kopi berturut-turu, juga bersifat racun bagi tubuh. Efek yang ditimbulkan antara lain : muntah, demam, dan kebingungan secara mental. Kafein dalam jumlah yang sangat besar bahkan dapat menjadi zat yang mematikan. Tapi jangan takut, karena kafein baru bisa mematikan manusia jika dikonsumsi sebesar 10 gram, jumlah ini setara dengan 100 cangkir kopi yang diminum berturut-turut. (Ar-Risalah, Oktober 2009, Vol IX/ 4 Syawal 1430 H)

Siapa yang mampu coba? :-)

Anda suka dengan artikel Plus Minus Meminum Kopi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Shalat Khusyu. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Plus Minus Meminum Kopi" :

Ditulis dalam Kategori Tips Sehat.