Kata malaikat berasal dari bahasa Arab “malak” yang berarti kekuatan yakni kekuatan ghaib

Malaikat adalah makhluk Allah yang taat, diciptakan dari cahaya, mempunyai tugas khusus dari Allah SWT.

Pengertian Malaikat menurut terminologi

Malaikat merupakan makhluk rohaniah yang bersifat gaib, diciptakan dari Nur (cahaya). Karena sifatnya gaib, malaikat tidak dapat didengar, dilihat atau diraba, namun, mereka diberi kekuasaan oleh Allah untuk dapat menjelma dalam bentuk lainnya yang dapat dilihat manusia.

-     Fungsi dan Macam-macam Malaikat

  1. Malaikat Jibril, disebut juga Ruhul Qudus atau Ruhul Amin. Ia merupakan penghulu para malaikat. Tugasnya menyampaikan wahyu dari Allah kepada para Nabi dan Rasul sejak Nabi Adam hingga Nabi Muhammad SAW. Malaikat Jibril pula yang mengantar (mengawal) Nabi Muhammad SAW melakukan Isra’ Mi’raj.
  2. Malaikat Mikail, bertugas dan menyampaikan rezeki kepada seluruh makhluk Allah, termasuk juga mengatur hujan, angin, dan bintang-bintang. Disamping itu, malaikat Mikail juga mendampingi Malaikat Jibril ketika membedah dada Nabi dan menyucikannya dengan air zam-zam.  Juga mendampingi Malaikat Jibril mengantar Nabi Muhammad SAW dalam Isra mi’raj.
  3. Malaikat Israfil, tugasnya adalah menipu trompet atau sangkakala di saat manusia dibangkitkan dari kubur.
  4. Malaikat Izrail, bertugas mencabut nyawa seluruh makhluk termasuk malaikat, manusia, jin, dan nyawanya sendiri. Maka dia juga disebut Malaikatul Maut.
  5. Malaikat Raqib, tugasnya mencatat amal kebaikan yang dilakukan manusia sejak aqil baligh selama hidupnya.
  6. Malaikat Atid, tugasnya mencatat amal kejahatan manusia selama hidupnya.
  7. Malaikat Munkar, tugasnya menjaga alam kubur, sekaligus sebagai penanya kepada manusia di alam kubur.
  8. Malaikat Nakir, tugasnya sama dengan malaikat munkar menanyakan manusia tentang 6 pokok permasalahan, yakni Tuhan, Agama, Nabi/Rasul, Kitab, Qiblat, dan teman (saudara).
  9. Malaikat Malik, tugasnya menjaga pintu neraka tempat manusia menerima azab/siksa karena kedurhakaannya (kejahatannya).
  10. Malaikat Ridwan, tugasnya menjaga pintu surga tempat hamba Allah menerima balasan dan ketakwaan.

Salam …

Anda suka dengan artikel Pengertian Malaikat, Fungsi Dan Macam Malaikat ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Pembinaan Mental. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Malaikat, Fungsi Dan Macam Malaikat" :