Dulu, di awal blogging, ada perasaan begitu senang jika ada pengunjung yang datang kemudian meninggalkan komentar di blog, meski itu kadang sekedar ucapan tak mutu. Dulu begitu, sama juga waktu pertama kali mengenal Facebook, nyaman sekali rasanya jika status kita dikomentari oleh banyak orang, meski juga hanya sekedar mencela atau guyon belaka. Sayangnya, kemudian saya sadar dengan adanya hukum aksi reaksi Newton dalam dunia ini. Blog kita tak akan ramai dikunjungi oleh blogger, jika kita tidak rajin mengunjungi dan mengomentari blog mereka. Yakinlah! Saya membuktikannya. :lol:

Nah, untuk menyiasati pengunjung harian di blog kita, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah memperbaiki tampilan blog. Mata pengunjung mesti dibuat tertarik dengan berbagai aksesori dan tulisan menarik. Sayangnya untuk blog yang ada di piranti wordpress gratisan, itu sulit. Sulit sekali, pasalnya blog wordpress gratis tidak menerima penggunaan java script, sementara tampilan yang menarik seperti di kebanyakan blog di blogspot adalah hasil olahan java script dan html.

Jika blog telah bagus tampilannya, langkah berikutnya untuk meningkatkan traffic pengunjung blog, -tanpa harus rajin melakukan blogwalking- adalah memposting artikel berkualitas yang dibutuhkan netter. Jangan hanya bergantung pada blogwalking. Gunakan search engine google untuk memancing pengunjung datang ke blog kita, gunakan kata kunci yang paling sering dicari oleh netter. Bahas materi yang sedang hangat, atau kalau tidak, tulis beberapa artikel yang benar-benar jarang dibahas orang lain. Jangan hanya melakukan copy paste artikel dari blog orang, itu justru akan membuat blog kita terkesan tidak eksklusif dan ikut-ikutan.  Buatlah karya original, khas punya kita. Huah?!

Tulis artikel bermanfaat. Insya Allah, tak hanya pengunjung yang datang, pahala jariyah pun akan ada bagi Anda. Jadi blog tak hanya jadi kenangan di dunia, ia akan jadi saksi betapa baiknya kita di akhirat kelak. :-)

Keep share!

Anda suka dengan artikel Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog (Tanpa Harus Rajin Blogwalking) ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Yang Benar Dalam Menganalisis Masalah. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog (Tanpa Harus Rajin Blogwalking)" :

Ditulis dalam Kategori Blog.