Inilah dia SSD Intel X25-M.

Saat ini, peningkatan kecepatan CPU, RAM, dan graphics card sudah semakin besar. Namun, tidak demikian dengan magnetic hard disk. Agar prosesor masa depan, seperti Core-i7, tidak mengalami efek bottleneck, Intel menawarkan sebuah Solid State Drive (SSD) ke pasaran yang bakal membuat SSD lain siap dimuseumkan. Sebagai perbandingannya, CHIP menguji hard disk dari Intel ini dan hasilnya, access time untuk proses read dan write sebesar 0,1 milidetik. Sementara, flash hard drive dari Samsung membutuhkan waktu 350 kali lebih lama untuk proses write! Demikian juga dengan magnetic disk seperti Samsung SpinPoint M6, sampai dapat menulis data, dibutuhkan waktu 100 kali lebih lama daripada Super SSD ini. Lompatan kinerja yang mengesankan juga dapat dirasakan saat melakukan data transfer. Storage dari Intel ini dapat mengirim sekitar 240 MB per detik, empat kali lebih besar daripada SpinPoint. Keunggulan hard disk ini terasa sekali untuk menjalankan aplikasi. Untuk berselancar dengan Firefox 3, hanya dibutuhkan waktu sekitar satu detik. Sementara, menggunakan magnetic disk, diperlukan waktu 12 kali kali lebih lama.

Perhatikan perbandingan kecepatan antara SSD Intel X25-M dengan Samsung SSD dan Samsung Spinpoint M6 berikut ini.

Kesimpulan: Bila ingin memiliki hard disk tercepat di dunia, SSD dari Intel ini merupakan satu-satunya pilihan. Masalahnya, harga SSD ini tidak terbilang murah. Untuk hard disk berkapasitas 80GB, Anda harus merogoh saku sekitar 600 dollar.  (Source : PC Chip November 2008)

Anda suka dengan artikel Hard Disk Tercepat Di Dunia ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Kumpulan Humor Sufi | Cerita Lucu Nasrudin, Versi 3.0. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Hard Disk Tercepat Di Dunia" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.