Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling menyebalkan bagi yang menderitanya. Tapi, ada juga beberapa orang yang justru ingin merasakan mempunyai sebuah jerawat imut nan merah. Hidup memang begitu, yang punya merasa gak suka, yang gak punya malah pengen punya. :-)

Jika jerawat hadir dalam wajah manismu, saya hanya menyarankan beberapa hal untuk menguranginya. Berikut ini beberapa hal yang paling tradisional hingga modern yang perlau kamu perhatikan.

Pertama, sadari bahwa jerawat itu muncul karena tipe kulit kamu memang tipe kulit yang cocok dengan tempat hidup jerawat. Kekekek … emang tanah apa?! Maaf, maksud saya, rata-rata kulit yang ditumbuhi jerawat adalah kulit yang berminyak. Jika iya, saran saya, jangan terlalu sering mengusap kulit dengan telapak tangan bagian dalam. Kenapa Bied? Kata Pendi, Guru SMAN 2 Sidobinangun, mengusap kulit dengan telapan tangan bagian dalam itu justru menyebarkan kuman kotoran yang malah akan menambah jumlah jerawat. Jika ingin mengusap keringat atau minyak di wajah, gunakan bagian punggung tangan. Coba buktikan! Ini cara paling manjur. Dah terbukti lho! Tapi yang pasti, kamu harus yakin bahwa jerawat itu akan berkurang dengan melakukan itu. :lol:

Jika ingin yang lebih aman, gunakan tisu. Tisu bersih nan steril. Kalau dah terbiasa menggunakan sapu tangan, jangan lupa mencuci sapu tanganmu setiap hari. Sapu tangan yang digunakan berhari-hari malah akan menjadi sarang kuman.

Kedua, masih juga mengenai tangan. Jerawat sering makin bertambah karena jari-jari kamu tidak berhenti mengutak-atik model dan bentuknya. Makin sering kamu melukai wajah kamu dengan merusak jerawat imut, akan makin menyebar jerawat itu. Apalagi jika tak ada kerja, paling nyaman rasanya. Kata Yudi, tidak nyaman kalau isi jerawat yang putih itu tidak segera dikeluarkan dari sarangnya. Memang benar, tapi jari-jari kita itu mengandung kuman, tak selalu aman. Apalagi jari tangan kiri? Hmmm … Saya sarankan, jangan sering memecahkan biji jerawat kawan, biarkan ia keluar ketika masanya tiba.

Ketiga, usahakan menemukan kosmetik yang cocok dengan PH kulit kamu. Caranya? Kamu pasti pernah mencari obat jerawat yang berupa sabun mandi, pembersih wajah atau juga yang mengobati secara langsung. Pilih yang terasa cocok, bukti cocoknya adalah jerawat kamu tidak makin banyak. Tapi ingat, penggunaan mesti dihentikan jika jerawat justru makin banyak. Secara pribadi, saya percaya bahwa kosmetik yang menggunakan bahan kimia, apapun namanya, jika digunakan dalam porsi berlebih, akan berbahaya bagi manusia. Tapi tak apa, coba saja. Untuk sabun mandi, mungkin kamu bisa gunakan Lifebuoy Anti Acne, Biore for Man, atau Sabun Papaya. Itu kalau dah cocok. Pembersih wajah, bisa menggunakan Ovale. Untuk mengobati, mungkin bisa gunakan Pond’s, atau Melanox. Tapi sependek pengetahuan saya, orang-orang lebih suka menggunakan Pond’s. Aman.

Ketahuilah kawan, sel kulit akan mati dan berganti tiap 120 hari. Makanya, tak perlu khawatir, kulit kamu akan bersih di masa yang akan datang.

Keempat, andai jerawat kamu diindikasikan muncul karena darah kotor, rajin-rajinlah berolahraga. Konsumsi makanan bergizi dan olahraga cukup. Makanan berlemak terbukti menimbulkan jerawat tambahan, karenanya, kurangi konsumsi makanan instan, minum soft drink. Kalau jerawat kamu memang keturunan, *emang ada jerawat yang diwariskan Bied?* , sabar saja, pada masanya jerawat itu akan beneran berhenti.

Kelima, seringkali jerawat makin parah karena stress, pikiran berlebihan, atau juga karena tekanan. Karenanya, kurangi beban hidupmu. Jangan terlalu sering tertekan atas apa yang ada bagimu. Just enjoy.

Keenam, bagi yang muslim. Dulu pernah diberitahu oleh sepupu, butuh keyakinan ekstra, ini bagi muslim saja. Pada waktu duduk di antara dua khutbah Jumat, gunakan bagian sisi telapak tangan bagian dalam untuk mengusap wajah secara keseluruhan, sambil baca sholawat, dan berniat memindahkan jerawat itu dari wajah ke bagian tubuh yang lain, disertai keyakinan dalam, pindahkan jerawat itu ke punggung atau bagian tubuh yang kamu sukai. Ini masalah keyakinan, gak tau kenapa bisa begitu, bisa jadi ini berhubungan dengan sugesti. Ini saran. Bagi yang percaya silakan coba, yang tidak, juga gak papa.

Ketujuh, ini cara terakhir. Jika jerawat tak kunjung hilang, menikahlah. Menikah adalah satu-satunya cara yang terbukti mengurangi semua jerawat di wajah. Bukankah jerawat hanya masalah wajah bagi orang yang belum menikah?

Anda suka dengan artikel Obat Jerawat ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Design Kartu Nama Di CorelDraw X4. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Obat Jerawat" :

Ditulis dalam Kategori Tips Sehat.