Islam Sebagai Agama Terbesar Di Indonesia

Indonesia bukan negara negara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 namun, Agama islam dianut oleh sebagian besar bangsa indonesia. Oleh sebab itu umat islam di Indonesia adalah penduduk mayoritas.

Dari sejarah awal masuknya Islam ke Indonesia kita ketahui bahwa Islam masuk ke Indonesia secara damai, artinya sebagian besar bangsa indonesia menganut dan memeluk agama islam dengan kesadaran sendiri, tanpa ada paksaan dari siapapun, karena agama islam datang secara damai, maka ajaran islam tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari bangsa indonesia. Oleh karena itu semua upaya atau usaha untuk memisahkan bangsa Indonesia dari ajaran islam selalu gagal, seperti yang dilakukan oleh belanda. Jadi dengan demikian islam sangat menghargai dan menghormati pemeluk agama lain dan setiap toleransi yang diperlihatkan cukup besar kepada mereka yang bukan muslim.

Corak Masyarakat Islam Indonesia

Umat Islam di Indonesia sangat berperan dalam pembentukan adat Istiadat bangsa Indonesia  stelah merdeka maka ada tugas yang lebih penting lagi, yaitu bagaimana mengisi kemerdekaan. Hal ini merupakan tugas yang cukup berat apalagi bangsa Indonesia adalah bangsa yang bersifat pluralistis (beragam). Keberagaman bangsa Indonesia yaitu bahwa bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa, ada suku jawa, sunda, bugis dan lain-lain. Disamping itu juga bangsa Indonesia memeluk agama yang berbeda diantaranya Islam, Kristen, Hindu, budha.

Umat islam Indonesia terdiri dari dua golongan yaitu tradisional dan Modern. Golongan Tradisionalis ini adalah para ulama yang tergabung dalam Nahdhatul Ulama (NU), sedangkan golongan modernis ialah para ulama yang tergabung dalam Muhamadiyah. Kedua golongan inilah yang mewakili umat islam seluruh Indonesia. keduanya menjalin kerjasama dalam membangun negara dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Lembaga-Lembaga Sosial Keagamaan Islam Di Indonesia

Lembaga-lembaga sosial keagamaan islam di Indonesia sangat besar peranannya seperti organisasi ulama Indonesia yang biasa disebut :

  • Majelis Ulama Indonesia (MUI),
  • Persatuan Pemuda/Pelajar/Mahasiswa
  • Persatuan Pengusaha dan lain-lainnya.

Selain itu ada juga yang disebut NU, lembaga ini bergerak dalam bidang pendidikan dan dakwah, terutama dalam bidang pembinaan pesantren di berbagai daerah di Indonesia. Begitu juga dengan Muhamadiyah, lembaga ini bergerak dalam bidang pendidikan, kemasyarakatan. Banyak sekolah didirikan baik sekolah agama maupun sekolah umum diberbagai tempat di Indonesia. Selain itu juga terdapat lembaga-lembaga lainnya yang bersifat kemasyarakatan yang berada di daerah-daerah yang lebih rendah seperti desa, RT, RW.

Pengaruh Islam Dalam Adat Istiadat Di Indonesia

Adat istiadat di Indonesia yang berkembang dipengaruhi oleh peradaban islam, diantara pengaruh itu adalah ucapan salam yang selalu diucapkan setiap muslim atau penggunaannya juga pada acara-acara resmi pemerintahan yang selalu menggunakan salam berupa kalimat “Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh”. Hal ini menandai adanya pengaruh adat istiadat dalam kehidupan dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Pengaruh penting lainnya adalah berupa ucapan-ucapan kalimat dalam do’a yang merupakan pengaruh dari tradisi islam yang lestari, misalnya ucapan Basmalah ketika akan melakukan suatu pekerjaan.

Pengaruh Islam Dalam Pendidikan

Salah satu tugas penting yang dilakukan Departemen Agama adalah menyelenggarakan pendidikan, membimbing dan mengawasi pendidikan agama. Lembaga-lembaga islam telah berkembang dalam beberapa bentuk sejak zaman penjajahan belanda, salah satu pendidikan tertua di Indonesia adalah pesantren yang tersebar di berbagai pelosok daerah, lembaga ini dipimpin oleh seorang ulama atau kyai.

Pada awal abad ke-20 persoalan administrasi dan organisasi pendidikan mulai mendapat perhatian pada beberapa kalangan untuk memahami dan bukan menghafal, ditekankan dan pengertian ditumbuhkan, itulah yang dinamakan madrasah. Pada umumnya madrasah ini dibagi menjadi tiga jenjang yaitu tingkat dasar/ Ibtidaiyah, tingkat lanjutan pertama/ Tsanawiyah dan tingkat lanjutan atas/ Aliyah.

Berdirinya Depag dan mulai mendapat perhatian serius dari pemerintah, Depag segera membentuk seksi khusus yang bertugas untuk menyusun pelajaran dalam pendidikan agama, mengawasi pengangkatan guru agama dan mengawasi pendidikannya, pada tahun 1946 Depag mengadakan latihan oleh 90 orang guru agama, 45 orang kemudian diangkat menjadi guru agama akhirnya pada tahun 1948 didirikan sekolah hakim dan guru di solo.

Pengaruh Islam Dalam Politik Dan Pemerintahan

Berdasarkan UUD 1945 dan pancasila, umat islam bebas menjalankan ajaran agamanya tanpa mendapat ancaman atau gangguan dari pemeluk agama lain.

Dari dasar ketuhanan Yang Maha Esa sebagai dasar dan terjaminnya kehidupan beragama, tertuang dalam Pembukaan undang-Undang Dasar 1945, batang tubuh UUD 1945, serta dalam ketetapan-ketetapan MPR .

Berdasarkan hal-hal tersebut kehidupan beragama di Indonesia mendapat jamianan hukum yang kuat. Oleh karena itu, pemeluk islam mempunyai kebebasan untuk menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Islam mempunyai pengaruh dalam percaturan politik dan pemerintahan di Indonesia yang dapat dibuktikan dengan :

  1. Sila pertama dari Pancasila.
  2. Terbentuk Departemen Agama di Indonesia
  3. Para Kepala Negara dan menterinya mayoritas orang islam.
  4. Adanya lembaga khusus untuk umat islam yaitu MUI.
  5. Ditetapkannya hari-hari besar keagamaan sebagai hari besar nasional.
  6. Dalam upacara kenegaraan selalu dibuka dengan ucapan Assalamu Alaikum dan ditutup dengan do’a secara islam.

Pengaruh Islam Dalam Hukum Dan Peradilan

Pengaruh islam dalam hukum dan peradilan terangkum dan terlihat jelas dalam rancangan undang-undang peradilan yang saat ini telah disahkan oleh Presiden Soeharto menjadi Undang-Undang No. 7 tahun 1989 tentang :

  1. Perkawinan
  2. Warisan, wasiat dan hibah yang dilakukan berdasarkan hukum islam
  3. Wakaf dan sedekah
  4. Fatwa ulama (MUI) dijadikan pertimbangan dalam setiap kebijakan yang menyangkut umat dan bangsa

Pengaruh Islam Dalam Seni Dan Arsitektur

Pengaruh seni dalam hal ini yang paling menonjol adalah irama lagu-lagu kosidah dan lagu-lagu yang bernafaskan ajaran islam. Syair pujian yang mengagungkan nama-nama Allah yang sering diucapkan oleh umat islam, merupakan bukti pengaruh ajaran islam terhadap kehidupan beragama masyarakat islam di Indonesia dan masih banyak lagi karya seni yang bernuansa islami kaligrafi, rebana dan lain-lain.

Begitu pula dalam bentuk arsitektur bangunan rumah peribadatan, banyak bangunan masjid yang ada di Indonesia terpengaruh dari bangunan masjid yang ada di negara-negara islam, baik yang ada di timur tengah ataupun di tempat-tempat lainnya di dunia islam

Anda suka dengan artikel Pengaruh Islam Dalam Sosial Budaya Di Indonesia ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mempengaruhi Kesehatan Mental Anak. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengaruh Islam Dalam Sosial Budaya Di Indonesia" :

Ditulis dalam Kategori Sejarah Islam. syair tentang pendidikan, pengaruh islam di indonesia, pengaruh islam terhadap kebudayaan indonesia, pengertian madrasah ibtidaiyah, pengaruh agama islam di indonesia, pengaruh islam, pengaruh islam dalam bidang sosial, pengaruh islam dalam kehidupan sosial, syair bijak, contoh pengaruh islam tentang adat istiadat di indonesia, pengaruh islam di berbagai bidang, pengaruh islam di indonesia dalam bidang sosial, sosial budaya islam, pengaruh islam terhadap kebudayaan adat istiadat dan seni, pengaruh islam terhadap kebudayaan islam, pengaruh islam terhadap budaya indonesia, syair kehidupan sehari-hari, pengaruh islam terhadap bidang sosial budaya, Syair tentang ajaran agama islam, pengaruh islam dalam bidang sosial budaya, pengaruh kebudayaan islam di indonesia di bidang sosial, pengaruh budaya islam di bidang sosial, pengaruh kebudayaan islam pada kehidupan sosial, jelaskan pengaruh agama islam terhadap bidang sosial budaya, jelaskan pengaruh perkembangan dunia islam terhadap umat islam di indonesia, pengaruh islam di bidang sosial budaya, syair sehari hari, apa pengaruh islam terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat?, teori belajar yang cocok untuk pelajaran ekonomi, pengaruh islam pada bidang sosial budaya,