Hakekat Supervisi Pengajaran

Dalam pedoman pelaksanaan kurikulum Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah (Depdikbud, 1975), pengertian Supervisi dirumuskan sebagai bantuan yang diberikan kepada seluruh staf sekolah untuk mengembangkan situasi belajar – mengajar yang lebih baik. Burton dan Bruckner (1955) mengembangkan definisi sebagai berikut : “Supervisi merupakan pelayanan yang bertujuan untuk mempelajari dan memperbaiki faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak”. K.A. Acheson dan M.D. Gall (1980) merumuskan bahwa. “Supervisi merupakan bantuan kepada guru untuk memperkecil kesenjangan antara tingkah laku mengajar yang nyata dan tingkah laku mengajar yang ideal”. Sedangkan Alfonso dan kawan-kawan (1981) mengemukakan : “Supervisi pengajaran adalah perbuatan yang secara langsung mempengaruhi perilaku guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pelaksana proses belajar mengajar dan melalui pengaruhnya tersebut bertujuan untuk mempertinggi kualitas belajar murid demi pencapaian tujuan organisasi (sekolah)”. Berdasarkan batasan-batasan yang dikemukakan oleh para ahli maka di simpulkan bahwa supervisi pengajaran merupakan usaha atau kegiatan pemberian dan bimbingan profesional kepada guru untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan mengajarnya.

Kenapa Supervisi Pengajaran Perlu Bagi Guru ?

Supervisi pengajaran perlu bagi guru sebab dapat meningkatkan kemampuan profesional guru dan perbaikan proses belajar mengajar, dan selayaknya mendapat perhatian yang serius dari pihak yang berkompeten, mengingat pengelolaan pengajaran di negara kita masih jauh tertinggal di bandingkan dengan negara-negara maju. Kepala pusat pengembangan kurikulum dan sarana pendidikan tahun 1991 mengemukakan bahwa : “Secara keseluruhan tingkat kemampuan profesional guru sekolah Dasar (SD) saat ini masih pada taraf “Kurang” kemampuan mengajar mereka masih terikat pada petunjuk yang diinstruksikan atasan”.

Jelaskan hal-hal yang perlu di kuasai seorang Supervision untuk dapat melaksanakan supervisi pengajaran secara efektif.

~    hal-hal yang perlu dikuasai seorang supervision untuk dapat melaksanakan supervisi pengajaran secara efektif adalah sebagai berikut :

  • Supervision harus mempunyai banyak pengetahuan maksudnya adalah pengetahuan tentang konsepsi supervisi pengajaran, perilaku guru dan masalah – masalah pengajaran.
  • Supervision harus mempunyai ketrampilan berhubungan (interpersonal skills) dimaksudkan adalah berkait dengan hubungan guru, baik secara individual maupun secara kelompok.
  • Supervision harus mempunyai keterampilan teknis (technical skills) berkaitan dengan observasi kelas, perencanaan kegiatan, penilaian, dan teknik pemberian bimbingan atau bantuan kepada guru yang mengalami masalah atau kesulitan dalam melaksanakan proses belajar – mengajar.

untuk terwujudnya secara optimal perbaikan proses belajar mengajar di kelas, pelayanan atau pelaksanaan kegiatan-kegiatan supervisi pengajaran harus mempertimbangkan latar belakang pendidikan, sosial budaya, bakat, minat, sikap dan kebutuhan guru yang menjadi sasaran supervisi pengajaran.

Beri komentar pelaksanaan supervisi pengajaran selama ini di sekolah tempat anda mengajar !

  • Supervisi yang dilaksanakan kepala sekolah atau pengawas di tempat kami mengajar adalah menolong proses jalannya pembelajaran
  • Dengan adanya supervisi maka guru-guru di sekolah mengenal cara mengajar yang efektif dan efisien.
  • Setiap bulan di sekolah kami di adakan K3S dan KKG untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam KKG kepala sekolah dan pengawas memberikan bimbingan membuat Administrasi antara lain :

# Membuat RPP

# Membuat program tahunan dan semester

# Membuat kisi-kisi soal

# Membuat KKM dan Administrasi lainnya

# Bimbingan menggunakan waktu yang tepat di saat mengajar.

Jika anda sebagai kepala sekolah (diangkat menjadi Kepala Sekolah) langkah – langkah apa yang akan di tempuh dalam melaksanakan supervisi pengajaran di sekolah yang anda pimpin !

  • Mengadakan pertemuan terlebih dahulu dengan guru-guru yang akan di supervisi
  • Menentukan Administrasi yang akan di supervisi / dinilai
  • Menentukan waktu supervisi
  • Menentukan tempat pelaksanaan supervisi


Anda suka dengan artikel Supervisi Pengajaran ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Hadits Tentang Larangan KKN (Korupsi, Kolusi Dan Nepotisme). Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Supervisi Pengajaran" :