Otak yang dimiliki manusia tak hanya berfungsi sebagai pusat kontrol organ-organ tubuh, tapi juga sebagai pusat pengendali dari segala apa yang kita lakukan, pikirkan dan rasakan. Otak ibarat prosesor, pusat pengolah data yang dikirim dari seluruh tubuh untuk selanjutnya memberikan perintahkepada organ-organ tubuh agar bereaksi sesuai dengan rangsangan yang ada.
Begitu pentingnya otak, sehingga ia diletakkan di kepala, bagian tubuh yang paling terhormat. Sebagai organ terpenting, otak mendapat perlindungan dari 22 buah tulang yang menyusun kepala. Perlindungan ini penting karena otak sebenarnya berwujud lembek.
Otak manusia memiliki berat rata-rata 1.300 gram, atau 1 gram setiap 44 gram berat tubuh manusia. Walaupun beratnya hanya 2% dari total berat badan kita, ternyata otak membutuhkan tak kurang dari 30% energi kita setiap hari, 15% dari keluaran jantung dan 20% dari total asupan oksigen ke dalam tubuh. Menariknya, meski otak sedang beristirahat, namun kebutuhan akan oksigen tetap ada. Oksigen disuplai oleh tiga arteri utama. Jika salah satunya terhambat, maka kita akan terkena stroke.
Energi digunakan otak untuk mengaktifkan lebih dari 100 triliun neuron (sel saraf). Sel-sel inilah yang bertanggung jawab mengolah data dalam bentuk gelombang listrik. Gelombang listrik ini melaju dengan kecepatan lebih dari 400 km/jam, yang dapat menghasilkan daya listrik untuk menyalakan sebuah lampu pijar.
Dan uniknya, tidak seperti organ tubuh lain yang bisa merasakan sakit, otak kita tak memiliki reseptor rasa sakit. Adapun sakit kepada yang kita rasakan bukan karena adanya rangsangan terhadap reseptor sakit di otak, tapi di selaput otak, yang disebut durameter. Bagian ini memang dipenuhi dengan reseptor rasa sakit. Hal ini penting, agar sedikit saja gangguan pada kepala dan otak, bisa langsung dirasakan.  (Ar-Risalah, Vol. IX Maret 2010)

Anda suka dengan artikel Hebatnya Otak Manusia ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang SISTEM PENDIDIKAN KEPEREWATAN. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Hebatnya Otak Manusia" :

Ditulis dalam Kategori Tugas Kuliah.