1. Teori Abiogenesis
  2. Teori Biogenesis
  3. Teori Evolusi
  4. Teori Umur Bumi
  5. Catatan Fosil
  6. Catastrophisme
  7. Teori Evolisu Lamarck
KIMIA KEHIDUPAN
  1. Atom Molekul
  2. Air (H2O)
  3. Melekul Karbon
  4. Struktur dan Fungsi Makro Molekul
  5. Introduksi Metabolisme
BIOLOGI SEL
  1. Sejarah Bologi Sel
  2. Susunan Morfologi Sel dan Sifat Fisiologi Protoplasma
  3. Perubahan-perubahan Dalam Pembelahan Sel
STRUKTUR DAN FUNGSI
  1. Homeostatis
    1. Keseimbangan Cairan dan Ekskresi
2.    Pengaturan Temperatur
  1. Integrasi dan Kontrol
    1. System Saraf
    2. Sistem Endokrin
    3. Muskuloskeletal
  2. Energi dan Metabolisme
    1. System Pencernaan
    2. Sistem Respirasi
    3. Sistem Sirkulasi Darah
  3. Kontunuitas Kehidupan
    1. Sistem Reproduksi
    2. Tumbuh Kembang
GENETIKA
  1. Hukum Mendel I, II
  2. Hereditas Manusia
PRINSIP-PRINSIP KEHIDUPAN
A.  Teori Asal Usul Kehidupan
Berdasarkan fosil dan perhitungan yang diteliti diduga kehidupan muncul di bumi sekitar 4 milyar tahun yang lalu. Para ahli berteori bahwa kehidupan itu melalui proses evolusi.
Evolusi adalah suatu perubahan yang terjadi secara perlahan-lahan dalam waktu jutaan bahkan milyaran tahun.
Ada dua teori terbentuknya bumi
  1. Teori Kabut, menyatakan:
bintang meledak     debu dan gas     kabut (nebula). Kabut berkondensasi (memadat dan mengecil) lalu meledak lagi yang menghasilkan terbentuknya bumi, planet, dan bintang2 baru.
  1.  Teori big bang (ledakan hebat) menyatakan:
 Bahwa kurang lebih 15 milyar tahun yang lalu semua materi di angkasa menyatu dan memadat (berkondensasi) menjadi bentukan yang kecil, debu      gas2      membentuk bintang2 generasi baru yang kemudian meledak lagi      serpihan2      bintang2 lagi dan planet2 termasuk bumi.
Teori Abiogenesis
1.    Aristoteles ahli filsafat Yunani kuno, berpendapat “ Makhluk hidup terbentuk secara spontan misalnya belatung tiba-tiba muncul pada________ yang membusuk yang kemudian menjadi lalat. Pendapatnya disebut Generation Spontanea. Karena makhluk hidup itu berasal dari benda tidak hidup maka disebut juga Teori Abiogenesis.
            Cerita beredar dimasyarakat beranggapan bahwa:
·         cacing tanah berasal dari timbuna tanah.
·         Kutu berasal kotoran dibadan
·         Katak berasal dari Lumpur.
Anggapan itu muncul akibat pengaruh teori Generatio Spontania.
2.    Antonie Van Leeuwenhoek
Menemukan mikroskop sederhana. Dengan mikroskopnya ia dapat mengamati benda-benda­_________ yang amat kecil pada setetes Air rendaman jerami. Hasil pengamatan Antonie seolah-olah memperkuat paham Abiogenesis.
Paham Abiogenesis bertahan lama sejak zaman Yunani kuno, ratusan tahun SM hingga pertengahan abad ke-17.
Teori Biogenesis
Teori Abiogenesis Aristoteles diragukan oleh Ahli A. L. Francesco Redi, Lazaro Spanlanzani dan Louis Pasteur. Mereka percaya bahwa makhluk hidup berkembang dari makhluk hidup sebelumnya dan teori mereka dikenal teori Biogenesis.
Untuk mendukung teori Biogenesis mereka mengadakan percobaan:
1.    Percobaan Redi (1626-1697)fisikawan Italia
Kesimpulan: Ulat (belatung) bukan berasal dari daging membusuk tetapi berasal dari lalat yang bertelur yang hinggap diatas kasa. Sanggahan dari Abiogenesis: kehidupan pada toples I tidak terjadi karena tertutup sehingga tidak ada kontak dengan udara yang mempunyai daya hidup.
2.    Percobaan spallanzani (1729-1799) biologiwan italia
Kesimpulan: pada tabung terbuka kehidupan berasal dari mikro organosme yang ada di udara. Pada tabung tertutup tidak terdapat kehidupan, membuktikan bahwa kehidupan bukan berasal dari air kaldu. Sanggahan penganut Abiogenesis kehidupan tidak terjadi karena daya hidup tidak masuk dalam kaldu__________
3.    Percobaan Pasteur(1822-1895) ahli biologi kimia prancis. Percobaan menggunakan tabung leher angsa untuk menjaga hubungan antara labu dan udara luar.
Kesimpulan: mikroorganisme yang ada pada air kaldu bukan berasal dari kaldu(benda tak hidup) melainkan dari mikroorganisme yang terdapat di udara.
Hasil percobaan Pasteur menggugurkan teori abiogenesis.
Pasteur mengajukan teori baru tentang asal usul kehidupan yang menyatakan:
  • Omne vivum ex ovo, yaitu setiap makhluk hidup berasal dari telur
  • Omne ovum ex vivo, yaitu setiap telur berasal dari makhluk hidup
  • Omne vivum ex vivo, yaitu setiap makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya.
Teori ini dikenal sebagai teori biogenesis.
Teori lain
1.    Teori Kreasi Khas
Menyatakan bahwa kehidupan diciptakan oleh zat pranatural (gaib) pada saat istimewa. Segala spesiesmakhluk hidup saat ini sudah ada sejak dahulu dan masing-masing spesies diciptakan sendiri-sendiri sebagaimana adanya saat ini.
2.    Teoti Kataklisme
Menyatakan bahwa segala spesies diciptakan sendiri-sendiri dan berlangsung dalam periode-periode dimana antar periode satu dengan yang lain terjadi bencana. Bencana-bencana ini menghancurkan spesies sebelumnya dan muincullah spesies baru. Teori kataklisme ini dieloori oleh cuvier.
3.    Teori Kosmozoan
Menyatakan bahwa kehidupan yang ada di planet ini berasal dari mana saja. Kehidupan di bumi berasal dari protoplasma yang membentuk kehidupan. Teori ini di pelopori oleh arrhenius (1911).
Teori evolusi
Proses evolusi berlangsung jutaan tahun itu tidak dapat diamati sehingga para pakar hanya dapat berteori. Yang berpendapat bahwa teori evolusi merupakan perpaduan antara gagasan dan kenyataan. Perpaduan antara ide dan fakta.
Gagasan: bahwa makhluk hidup itu mengalami evolusi dari makhluk hidup tingkat rendah menjadi makhluk hidup tingkat tinggi.
Fakta : Berupa fosil, alat tubuh yang tersisa, embriologi perbandingan, anatimi perbandingan dan biokimia yang dianalisa dijadikan petunjuk tidak lansung tentang terjadinya evolusi.
1.    Teori Evolusi Pra-Darwin
Sejak jaman SM pengertian tentang evolusi sudah ada antara lain:
  • Empedokles (485-425 SM) sudah mempunyai pandangan (anggapan) bahwa benda hidup (living form) adalah turunan dari bentuk yang lebih rendah (primitif) yang berkembang.
  • Ariestoteles (384-323 SM) filososf Yunani, ahli biologi, mengemukakan gagasan evolusinya bahwa alam berusaha berubah dari bentuk sederhana menjadi bentuk lebih kompleks dan sempurna.
  • Heraclitus (Yunani) yang hidup 2.000 tahun yang lalu mengemukakan bahwa semuanya selalu berupah terus-menerus tidak ada yang selalu tetap. Zat organic bersal dari perkembangan zat anorganik.
  • Sejak abad ke-14 bertambah banyak kurang lebih 20 orang yang mengemukakan konsep evolusi termasuk: Erasmus Darwin (1731-1802) George L.L de Buffon (1707-1788) ahli IPA prancis, Jean B. de M. Lamrck (1731-1829) ahli biologi prancis. Karna kurangnya fakta yang mendukung gagasan mereka maka dianggap bukan sebagai pencipta teori evolusi.
  • Erasmus Darwin, Buffon, Lamrck dan R. Wallace pernah mengontarkan teori evolusi, berdasarkan teori mereka Charles Darwin menyusun teorinya. Karna teori Charles Darwin lebih sistematik, lengkap dan disertai fakta-fakta pendukung maka teori Darwinlah yang digunakan sebagai pijakan ilmiah hingga saat ini. Oleh karena itu, Darwin dianggap sebagai bapak teori evolusi.
2.    Fosil Sebagai Catatan Sejarah Makhluk Hidup
·         Fosil berasal dari bahasa latin yaitu: fossilis artinya menggali
·         Fosil adalah tubuh, bagaian tubuh, jejak atau sisa-sisa makhluk hidup yang telah membatu
·         Ilmu yang memepelajari tentang fosil adalah Falaentologi
·         Hasil penelitian mengenai fosil meyakinkan manusia bahwa pada masa lampau terdapat flora dan pauna yang sekarangtidak diketemukan lagi, disebabkan oleh perbedaan iklim, keadaan tanah dan air.
·         Dilingkungan yang terlalu panas (padang pasir), terlalu dingin (kutub) fosil tubuh makhluk hidup awet, karena kering atau membeku.
·         Tubuh Mammoth (sebangsa gajah) yang hidup jutaan tahun yang lalu dan kini telah punah ditemukan di Siberia (daerah bersalju) seolah masih segar karena tertimbun es.
·         Umumnya fosil diketemukan merupupakanbagian atau beberapa bagian tubuh makhluk hidup (jarang dalam keadaan utuh) karena factor-faktor antara lain:
a.    Proses pelipatan batuan bumi
b.    Pengaruh angin dan air
c.    Bakteri pembusuk
d.    Hewan pemakan bangkai
e.    Jenis organisme yang tidak mungkin jadi fosil
f.      Dan keadaan sekitar yang tidak memungkinkan organisme menjadi fosil
·         Dengan membandingkan struktur tubuh hewan yang menjadi fosil dan hewan sekarang dapat disimpulkan bahwa keadaan lingkungan pada masa lampau berbeda dengan sekarang.
·         Perubahan keadaan lingkungan bumi mengakibatkan perubahan pada jenis-jenis MH.
3.    Penentuan Umur Fosil
·         Dilapisan tanah tua terdapat fosil organisme yang rendah tingkatannya dari lapisan tanah muda.
·         Untuk menentukan umur lapisan batuan para pakar menggunakan Analisis Radioaktif
·         Unsur-unsur Radioaktif yang sering digunakan untuk menentukan umur lapisan batuan Ialah uranium, kalium, dan natrium.
·         Transformasi (perubahan) dari U       Pb telah diketahui dengan perhitungan, lamanya 7,6 miliyar tahun. Jika di dalam fosil diketahui kadar Pbnya maka umurnya dapat dihitung dengan rumus :
·         Tranformasi K        Ar butuh waktu 600 juta tahun
·         Transformasi
Tahun
4.    Catastrophisme
  • George Cuvier (1769-1832) ahli anatomi perbandingan prancis, mengadakan study perbandingan antara fosil dengan makhluk hidup yang masih ada, berkesimpulan bahwa : pada masa yang berlainan bumi dihuni oleh makhluk hidup yang berlainan. Bahwa pada masa tertentu telah diciptakan makhlukhidup yang berbeda dari masa ke masa, dan antara periode batu dengan periode yang lainnya terjadi bencana. Bencana-bencana menghancurkan spesies-spesies sebelumnya. Dan muncullah spesiesw (jenis) baru. Pandangan ini dikenal dengan catastropisme.
5.    Teori Evolusi Lamarck
Jean Baptiste De Lamarck (1744-1829) ilmuwan Prancis menjelaskan evolusi sebagai berikut :
a.    Lingkungan berpengaruh terhadap cirri-ciri yang diwariskan
b.    Ciri atau karakter perolehan tersebut diwariskan kepada keturunannya dari generasi kegenerasi yang suatu saat nanti muncul  MH yang lebih maju (dari induknya) karena telah beradaptasi dengan lingkungannya sehingga dapat survival (bertahan hidup)
c.    Hukum Use and Disuse
Bagian tubuh MH dapat berubah baik cirri, sifat dan karakternya karena pengaruh lingkungannya. Organ yang digunakan terus menerus akan berkembang, sedangkan yang tidak digunakan akan meredupsi (mengalami kemunduran). Untuk menerangkan teorinya Lamrck mengambil contoh hewan Zarafah..
·         Dari fosil yang ditemukan, orang dapat mengetahui jenis atau spesies organisme yang hidup pada jaman dahulu, kapan ia hidup meskipun kini sudah punah.
·         Dahulu pernah hidup Dinosaurus (reptile raksasa) yang sudah punah dan fosil Archaeopteryx (peralihan reptile dan burung) berdasarkan fosil ini orang berteori bahwa burung merupakan evolusi dari reptile.
·         Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa fosil merupakan sejarah yang sangat penting untuk digunakan sebagai petunjuk adanya evolusi.
Penemuan Fosil Kuda
            Fosil yang ditemukan diberbagai lapisan bumi yang paling lengkap ialah hasil rekonstruksi penemuan fosil kuda oleh Marsh dan Osborn (ilmiawan Afrika). Perubahan yang ditunjukkan oleh fosil kuda merupakan petunjuk tentang kebenaran evolusi yaitu perubahan secara berangsur-angsur dalam jangka waktu yang lama.
  • Perubahan yang terjadi pada evolusi kuda sebagai berikut;
  1. Ukuran tubuh: semakin besar, semula sebesar kucing yang berkembang menjadi sebesar kuda sekarang.
  2. kepala: semakin besar, jarak antara mulut dengan mata semakin panjang.
  3. Leher: semakin panjang, gerakan semakin lincah
  4. Geraham muka dan belakang: semakin besar, berlapis email, dan bentuknya semakin sesuai untuk memakan rumput-rumputan.
  5. Kaki depan dan belakang: semakin panjang, gerakan semakin lincah dan larinya semakin kencang, gerakan rotasi tubuh semakin berkurang.
  6. Jari-jari kaki: semakin berkurang, semula berjumlah 5 menjadi satu yaitu tinggal jari tengah, benruk semakin panjang, dan ditutupi kuku, _________
B.  Evulusi Kuda
Perubahan yang terjadi dari Hyracotherium Hingiequus antara lain sebagai berikut:
    1. Perubhan ukuran tubuh dari sebesar kucing hingga kuda sekarang
    2. Kepala makin besar. Jarak antara ujung mulut hingga bagian mata makin panjang.
    3. Leher semakin panjang dan gerakan makin lincah.
    4. Geraham muka danbelakang menunjukkan perubahan dari kecil hingga besar dan juga bentuk lebih sesuai untuk pemakan rumput.
    5. Anggota tubuh semakin panjang sejalan dengan kemampuan berlari semakin cepat, tetapi gerakan rotasi tubuh semakin berkurang.
    6. Jumlah jari kaki semakin berkurang dari 5 jari menjadi nanya satu (jari tengah) dan bentuknya semakin panjang, ujung kaki semakin ditutupi kuku, jari sisa _________
Teori Lamarck
Teori Darwin
1.    Moyang Zarafah berleher pendek
2.    Zarafah ini selalu berusaha mencari daun-daun yang tinggi, sehingga leher sering kali tertarik kearah memanjang.
3.    Akhirnya, keturunan berikutnya leher Zarafah lebih panjang dari moyangnya
1.    Panjang leher zarafah berpariasi, ada yang pendek dan ada yang panjang
2.    Yang berleher pendek mati hanya Zarafah yang berleher panjang saja yang menghasilkan keturunan baru
3.    Hanya zarafah berleher panjang saja yang mempunyai kelangsungan hidup
           

Anda suka dengan artikel PRINSIP KEHIDUPAN ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Apakah Dalam Rindu Ini Kita Sama?. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "PRINSIP KEHIDUPAN" :

Ditulis dalam Kategori Biologi. contoh retribusi,