Pengertian Akhlak Kepada Allah

Akhlak sendiri merupakan sebagian bentuk karakter seseorang yang terlahir dalam manusia yang pada hakekatnya akhlak merupakan sesuatu yang metafisik yang dapat membentuk keberadaan atau existensi  akhlak tersebut baik melalui perkataan, maupun perbuatan yang dilakoni oleh makhluk yang menyandang kapasitas sebagai manusia. Jadi akhlak kepada sesama adalah karakter yang di bentuk atau sikap , watak yang lahir dalam sumber baik dari hati ataupun dari emosional akal setelah menerima kondisi realitas sosial baik terlahir merupakan kondisi karakter yang terkadang memiliki nuansa ibadah ataupun sebaliknya.

Akhlak Kepada Sesama

Setelah mencermati kondisi realitas sosial tentunya tidak terlepas berbicara masalah kehidupan (problem of life). Tentunya kita tahu bahwa hidup itu sendiri  adalah masalah dan tujuan hidup adalah mempertahankan hidup untuk kehidupan selanjutnya dan jalan mempertahankan hidup hanya dengan mengatasi masalah hidup, itu pun hanya untuk kehidupan berikutnya. Kehidupan sendiri tidak pernah membatasi hak ataupun kemerdekaan seseorang untuk bebas berekspresi, berkarya dan lain sebagainya. Namun demikian sejatinya kehidupan adalah saling berketergantungan antara sesama makhluk dan dalam kehidupan itu pula kita tidak terlepas dari aturan-aturan hidup baik bersumber dari norma kesepakatan ataupun norma-norma agama, karena dengan norma  hidup kita akan jauh lebih memahami apa itu akhlak dalam hidup, dalam hal ini adalah akhlak antara sesama manusia dan  makhluk lainnya. Namun dalam hal ini juga kami mencoba untuk mempelajari akhlak yang khususnya adalah akhlak sesama manusia baik dalam kalangan umat muslim ataupun non muslim.

Akhlak kepada sesama muslim

Sebagai ummat pengikut Rasulullah saw tentunya jejak langkah beliau merupakan guru besar umat Islam yang harus diketahui dan patut ditiru, karena kata Rasulullah yang dinukilkan dalam sebuah hadis yang artinya “sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia”

Yang dimaksud dengan akhlak yang mulia adalah akhlak terbentuk dari hati manusia yang mempunyai nilai ibadah setelah menerima rangsangan dari keadaan sosial. Karena kondisi realitas sosial yang membentuk hadirnya karakter seseorang untuk menggapai sebuah keadaan.

Salah satu contoh ketika kita ingin dihargai orang lain maka kewajiban kita juga harus menghargai orang lain, menghormati yang lebih tua, menyayangi yang lebih muda, menyantuni yang fakir, karena hal itu merupakan ciri-ciri akhlak yang baik dan terpuji. Contoh lain yang merupakan akhlak terpuji antara sesama muslim adalah menjaga lisan dalam perkataan agar tidak membuat orang lain yang ada di sekitar kita mudah tersinggung bahkan lebih menyakitkan lagi ketika kita berbicara hanya dengan melalui bisikan halus di  telinga teman dihadapan teman-teman yang lain, karena hal itu merupakan etika yang tidak sopan bahkan diharamkan dalam Islam.

Akhlak kepada sesama non muslim

Akhlak antara sesama non muslim, ini pun diajarkan dalam agama, karena siapapun mereka, mereka juga adalah makhluk Tuhan yang punya prinsip hidup dengan nilai-nilai kemanusiaan. Namun sayangnya terkadang kita salah menafsirkan bahkan memvonis siapa serta keberadaan mereka ini adalah kesalahan yang harus dirubah mumpung ada waktu untuk perubahan diri. Karena hal ini tidak terlepas dari etika sosial sebagai makhluk yang hidup sosial. Berbicara masalah keyakinan adalah persoalan nurani yang punya asasi kemerdekaan yang tidak bisa dicampur adukan hak asasi kita dengan hak merdeka orang lain, apalagi masalah keyakinan yang terpenting adalah kita lebih jauh memaknai kehidupan sosial, karena dalam kehidupan  ada yang namanya etika sosial.

Berbicara masalah etika sosial adalah tidak terlepas dari karakter kita dalam pergaulan hidup, berkarya hidup dan lain-lain. Salah satu example yang sederhana dalam hal ini adalah bagaimana kita menghargai apa yang menjadi keyakinan mereka, ketika upacara keagamaan sedang berlangsung sekalipun mereka hidup dalam minoritas sekalipun, memberi bantuan bila mereka terkena musibah atau lagi membutuhkan karena hal ini akhlak yang baik dalam kehidupan non muslim.


Kesimpulan Akhlak Kepada Sesama

Setelah menelaah dan memahami akhlak kepada sesama sebagai kesimpulannya adalah sesungguhnya dalam kehidupan, kita tidak terlepas dari apa yang sudah ada dalam diri kita sebagai manusia termasuk salah satunya adalah akhlak. Karena akhlak adalah satu predikat yang disandang oleh manusia akhlak akan berjalan setelah manusia itu sendiri berada dalam alam sosial.

Baik dan buruknya akhlak kepada sesama tergantung dari orang menjalani hidup, apakah membentuk karakternya dengan akal atau dengan hati karena keduanya adalah sumber.

Jadi kesimpulan akhlak antar sesama yaitu  sangat dianjurkan selama apa yang dilakukan punya nilai ibadah.

Penutup

Alhamdulillah, syukur kami kepada Allah karena atas campur tangan Allah kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Di akhir penutup makalah ini kami mengucapkan buat sahabat-sahabat kami yang sempat menyumbangkan ide, semoga idenya dapat bermanfaat bagi kalangan banyak.

Dan kami sadari dalam perumusan makalah ini berangkat atas kerja sama yang baik dari kelompok kami serta kekompokan yang utuh namun demi penyempurnaan makalah ini kami sangat mengemis sumbangan ide yang cerdas dari semua kalangan dalam penyempurnaan makalah ini.

Anda suka dengan artikel Akhlak Kepada Sesama ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Alat Pernafasan Pada Hewan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Akhlak Kepada Sesama" :

Ditulis dalam Kategori Artikel Islami. Akhlak kepada sesama manusia, akhlak terhadap sesama manusia, akhlak kepada sesama, akhlak terhadap sesama, adab terhadap sesama, akhlak mulia kepada sesama muslim, menghormati sesama teman, makalah tentang pergaulan sesama muslim, Jelaskan bagaimana etika pergaulan sesama muslim, Pengertian Akhlak terhadap sesama, prediksi soal un smp 2014, Pertanyaan tentang etika pergaulan sesama muslim, contoh makalah akhlak kepada rasul ada foodnote nya, akhlak pergaulan non-muslim dgn non-muslim, contoh soal etika islam dalam bekarya, power point etika sesama muslim, pembagian akhlak kepada sesama manusia, contoh etika pergaulan dengan sesama muslim, saling pengertian sesama teman, makalah tentang etika pergaulan muslim dan non muslim, makalah etika pergaulan muslim dan non muslim, kata mutiara saling menghargai sesama teman, contoh pertanyaan tentang makalah ahlak terpuji pada sesama, contoh soal kewajiban terhadap sesama muslim dan sesama manusia, Pengertian bentuk fungsi objektif, judul skripsi matematika tanpa ptk, contoh judul skripsi pendidikan geografi, Shifatiyah,