BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pendidikan adalah suatu proses yang bertujuan agar pola tingkah laku manusia yang mengalami pendidikan tersebut terjadi perubahan-perubahan sesuai dengan tujuan pendidikan agama Islam, dimana perubahan-perubahan yang dimaksud adalah selain perubahan aspek jasmaniah juga mewujudkan pengembangan pendidikan Islam.

Pendidikan agama Islam dapat dikembangkan atau tumbuh dengan subur melalui pembentukan watak manusia yang wajib dilakukan oleh umat Islam sebagai pewaris ajaran Rasulullah saw.

Berangkat dari persoalan ini, maka pendidikan agama Islam sangat diperlukan oleh setiap umat Islam dalam mencapai kehidupan bahagia baik di dunia Lebih-lebih diakhirat insya Allah.

Rumusan masalah

Bertitik tolak dari latar belakang masalah di atas, maka timbul permasalahan bagi penulis yaitu apa sebenarnya fungsi dan tujuan dari pendidikan agama Islam ? Dan apa sebenarnya pendidikan agama Islam itu?.

Tujuan

Tujuan penulis dalam penyusun makalah ini yaitu agar kita dapat mengetahui pendidikan agama Islam bagi tujuan dan fungsinya.

BAB II

PEMBAHASAN

Pengertian Pendidikan Islam

Sebelum penulis menguraikan lebih lanjut tentang pengertian pendidikan agama Islam, maka terlebih dahulu mengemukakan pengertian dari pendidikan itu sendiri.

Hal  ini dimaksudkan untuk mempermudah dalam memahami apa yang  dimaksud dengan pendidikan itu sendiri, sehingga dapat diapliksikan kedalam  pendidikan agama Islam. dengan demikian dapat dipadukan pengertiannya.

Beberapa pengertian pendidikan yang dikemukakan oleh

  1. Langeveld. Pendidikan adalah  setiap usaha, pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak tertuju kepada pendewasaan anak atau lebih tepat membantu anak agar cakap melaksanakan akan tugas hidupnya sendiri
  2. Drs. H. Abdurrahman. Pendidikan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik untuk mencapai suatu tujuan dengan memanfaatkan secara selektif dan efektifitas alat pendidikan berlangsung dalam lingkungan yang harmonis

Dari pengertian di atas dapat diperoleh suatu pengertian bahwa dalam pendidikan itu si pendidik merupakan unsur yang utama dalam terbentuknya suatu kepribadian, olehnya itu pemberian pendidikan pada si terdidik adalah menjadi tanggung jawab dari pada lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat dengan memanfaatkan secara efektif, selektif dengan alat-alat pendidikan agar pendidikan yang kita harapkan bisa terwujud dengan baik.

Dari pengertian pendidikan yang telah dipaparkan di atas maka adapun pengertian pendidikan agama Islam menurut Drs. Ahmad D. Marimba mengatakan bahwa “Pendidikan Islam adalah hubungan jasmani rohani berdasarkan hukum.”

Pada dasarnya pendidikan Islam sama dengan pendidikan pada umumnya yaitu pendidik membimbing anak didiknya untuk mencapai kedewasaan. Dalam hal ini antara pendidik dan peserta didik saling terjadi keterkaitan yaitu anak didik membutuhkan bimbingan dan pendidik merasa tanggung jawab terhadap peserta didiknya.

Adapun pengertian lain dari pendidikan Islam seperti dikemukakan oleh Agus Basri bahwa “Pendidikan  Islam adalah bimbingan jasmani dan rohani, yang berdasarkan ajaran Islam menuju kearah terwujudnya kepribadian utama yang integral, terpadu dan harmoni secara Islam.”

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pendidikan agama Islam adalah suatu bimbingan untuk diberikan oleh pendidik dalam  hal ini adalah manusia dewasa kepada anak didik sebagai manusia yang belum mencapai kedewasaannya guna mencapai kepribadian yang ideal atau kepribadian yang utama dengan berdasarkan kepada hukum-hukum agama Islam.

Tujuan Pendidikan

Adapun yang menjadi tujuan di pendidikan agama Islam adalah menciptakan manusia yang berakhlak sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh ajaran Islam, beriman, bertaqwa, jujur dan shaleh.

Nabi Muhammad saw dalam mengerjakan ajaran Islam salah satu usaha yang dilakukan dalam meraih tujuan adalah memajukan dan memperbaharui pendidikan, pengajaran dan kebudayaan serta memperluas pengetahuan menurut tuntunan Islam dengan melalui pendidikan dengan menghambakan diri kepada Allah adalah suatu penerapan tuntunan kepada masyarakat Islam, untuk melakukan pendekatan kepada Allah swt maka harus melakukan penyembahan, dalam penyemabahan itu kita perlu ada pendidikan yang dapat memperdalam dengan cara mengaplikasikan diri kepada Allah lewat pendidikan Islam untuk memperlihatkan jati dirinya yang sebenarnya sesuai dengan tujuan pendidikan agama Islam.

Pendidikan Islam sangat menginginkan pencapaian kepribadian yang loyal atau taat kepada agamanya dan dalam agama Islam yang sangat penting adalah pembentukan individu yang baik. Untuk mencapai keinginan tersebut maka diperlukan adanya usaha yang dapat menopang tercapainya tujuan tersebut usaha yang dimaksudkan adalah dengan melaksanakan pendidikan Islam.

Adapun tujuan pendidikan Islam menurut Dr. Zakiah Daradjat adalah kepribadian seseorang yang membuatnya menjadi insan kamil dengan pola takwa, insan kamil artinya manusia utuh rohani dan jasmani, dapat hidup dan berkembang secara wajar dan normal karena takwanya kepada Allah swt. ini mengandung arti bahwa pendidikan Islam itu diharapkan menghasilkan manusia yang berguna bagi dirinya dan masyarakatnya serta senang dan gemar mengamalkan dan mengembangkan ajaran Islam dalam berhubungan dengan berhubungan dengan Allah dengan sesamanya, dapat mengambil manfaat yang semakin meningkatkan dari alam semesta ini untuk kepentingan hidup di dunia kini dan di akhirat nanti. Tujuan ini kelihatnnya terlalu ideal sehingga sukar dicapai, tetapi dengan kerja keras yang dilakukan secara berencana dengan kerangka-kerangka kerja konsepsional mendasar, pecapaian tujuan itu bukanlah sesuatu yang mustahil.

Ada beberapa tujuan pendidikan yang perlu kita ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Tujuan Umum. Tujuan umum adalah tujuan yang akan dicapai dengan semua kegiatan pendidikan, baik dengan pengajaran atau dengan cara lain. Tujuan itu meliputi seluruh aspek  kemanusian yang meliputi sikap, tingkah laku, penampilan, kebiasaan, dan pandangan. Tujuan umum ini berbeda pada tingkat umur, kecerdasan, situasi dan kondisi, dengan kerangka yang sama.
  2. Tujuan Akhir. Pendidikan Islam itu berlangsung selama hidup, maka tujuan akhirnya terdapat pada waktu hidup didunia ini telah berakhir pula. Tujuan umum yang berbentuk insan kamil dengan pola takwa dapat mengalami perubahan naik turun, bertambah dan berkurangan dalam perjalanan hidup seseorang.
  3. Tujuan Sementara. Tujuan sementara adalah tujuan yang akan dicapai setelah anak didik diberi sejumlah pengalaman tertentu yang direncanakan dalam suatu kurikulum pendidikan formal. Pada tujuan sementara bentuk insane kamil dengan pola takwa sudah kelihatan meskipun  dalam ukuran sederhana, sekurang-kurangnya beberapa arti pokok sudah kelihatan pada pribadi anak didik.
  4. Tujuan Opersional. Tujuan operasional ialah tujuan yang akan dicapai dengan sejumlah kegiatan pendidikan dengan bahan-bahan yang sudah dipersiapkan dan periksa akan  mencapai tujuan tertentu disebut tujuan operasional

Fungsi Pendidikan Agama Islam

Fungsi pendidikan agama Islam tidak lain adalah berusaha mencapai tujuan pendidikan Islam yaitu perbentuknya suatu kepribadian yang utama, suatu kepribadian yang menganut hukum Islam atau suatu kepribadian muslim.

Adapun kita sebagai seorang muslim tidak  hanya menganut dan melaksanakan ajaran agama kita tapi lebih dari kita harus menyampaikan ajaran-ajaran Islam kepada yang lain. Jadi dalam hal ini adalah aktivitas pendidikan.

Fungsi pendidikan Islam dalam rangka penyiaran, pemahaman dan pengalaman ajaran Islam nyata dalam kehidupan umat Islam masa lalu, kini dan bahkan masa-masa mendatang. Melalui pendidikan itu diharapkan akan muncul atau melahirkan generasi-generasi yang bisa melanjurtkan pendidikan Islam tersebut ke arah yang lebih baik lagi.

BAB III

PENUTUP

KESIMPULAN

  1. Pendidikan Islam bisa disimpulkan sebagai suatu bimbingan yang diberikan oleh pendidikan kepada peserta didik dalam proses pendewasaan guna mencapai kepribadian yang ideal atau kepribadian yang utama dengan berdasarkan hukum-hukum Islam
  2. Tujuan Pendidikan Islam adalah menciptakan manusia yang berakhlak sesuai dengan yang dikehendaki oleh ajaran Islam, beriman, bertakwa jujur, shaleh dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupannya.
  3. Fungsi Pendidikan Islam adalah terbentuknya suatu kepribadian yang utama, suatu kepribadian yang menganut hukum Islam atau suatu kepribadian muslim.

SARAN-SARAN

Penulis sadar sebagai manusia biasa maka dalam penyusunan makalah ini jauh dari kesempurnaan, maka penulis berharapkan saran dan masukan yang bersifat membangun sangat kami harapkan terutama dari bapak dosen.

DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, H. 1991. Pengelolaan  Pengajaran Cetakan III Ujung Pandang.

Ihsan Fuad, 1995, Dasar-dasar Kependidikan, Rineka Cipta, Jakarta.

Nurhayati, 2002 Makalah Strategi Pengembangan Agama Islam. Makassar.

Unbiyati Nur, 1999, Ilmu Pendidikan Islam CV. Pusaka Setia Bandung.

Anda suka dengan artikel Pendidikan Islam ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Air Liur. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pendidikan Islam" :

Ditulis dalam Kategori Pendidikan Islam.