Pengertian Ilmu Ekonomi

Istilah “Ekonomi” bersumber dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu “oiku” dan “nomos” yang berarti aturan-aturan dalam rumah tangga.  Arti dari istilah “ekonomi” di atas tidaklah memberikan gambaran yang tepat tentang hal-hal yang  dianalisa oleh ilmu ekonomi.

Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai bagaimana orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara-untuk menghasilkan, berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi, sekarang dan dia masa datang, kepada berbagai orang dari golongan masyarakat.

Sumber-sumber daya atau faktor-faktor produksi adalah benda-benda atau jasa-jasa, yang disediakan oleh alam atau diciptakan manusia, yang digunakan untuk menghasilkan berbagai macam barang dan jasa yang diperlukan oleh manusia.

Analisa Ekonomi

Analisa ekonomi yaitu ilmu ekonomi deskriptif, teori ekonomi dan ilmu ekonomi “applied”

  1. Ilmu ekonomi deskriptif. Ilmu ekonomi deskriptif adalah analisa ekonomi yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya wujud dalam perekonomian.
  2. Teori ekonomi. Teori ekonomi adalah pandangan-pandangan yang menggambarkan sifat-sifat hubungan yang wujud dalam kegiatan ekonomi, dan memuat ramalan sifat-sifat hubungan yang wujud dalam ekonomi, dan membuat ramalan tentang peristiwa yang terjadi apabila suatu keadaan yang mempengaruhinya wujud.
  3. Ilmu ekonomi applied. Bidang ilmu ekonomi disebut juga sebagai ilmu ekonomi kebijaksanaan. Ia adalah cabang ilmu ekonomi yang menelaah tentang kebijaksanaan yang perlu dilaksanakan untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi.

Dalam perekonomian tujuan-tujuan yang ingin dicapai adalah

  1. Mencapai  pertumbuhan ekonomi yang cepat
  2. Menciptakan kestabilan harga
  3. Mengatasi masalah pengangguran
  4. Mewujudkan distribusi pendapatan yang merata.

Dalam mempelajari ilmu ekonomi dan ilmu sosial lainnya, perlulah dengan sungguh-sungguh disadari arti dan perbedaan dari pernyataan positif dan pernyataan normatif. Pada hakekatnya pernyataan positif adalah pernyataan mengenai fakta-fakta yang wujud dalam masyarakat, oleh sebab itu kebenarannya dapat dibuktikan dengan memperhatikan kenyataan yang wujud.

Pernyataan normatif adalah suatu pandangan subjektif atau suatu “value judgement”. Pernyataan itu bukan mengemukakan pendapat mengenai keadaan yang akan wujud tetapi mengemukakan apa yang sebaiknya harus wujud.

Sifat-sifat umum teori ekonomi

Sifat-sifat umum dari teori-teori di dalam ilmu ekonomi

  1. Variabel-variabel. Variabel yaitu suatu besaran yang nilainya dapat mengalami perubahan. Dan variabel merupakan unsur yang paling penting dalam suatu teori.
  2. Pemisalan-pemisalan. Pemisalan-pemisalan mengenai keadaan yang harus wujud supaya teori itu berlaku dengan baik. Tanpa pemisalan sangat sukar untuk menjelaskan sifat-sifat perhubungan diantara berbagai variabel karena kegiatan ekonomi dan kehidupan perekonomian sangat kompleks sifatnya.
  3. Hipotesa. Hipotesa adalah suatu pernyataan mengenai bagaimana variabel-variabel yang dibicarakan berkaitan satu sama lain. adapun perkaitan tersebut adalah perakitan langsung yaitu keadaan di mana perubahan-perubahan dari nilai-nilai variabel yang dibicarakan bergerak ke arah yang bersamaan. Kemudian perakitan terbalik yaitu apabila nilai-nilai variabel yang dibicarakan berubah ke arah yang bertentangan.
  4. Ramalan. Membuat ramalan  merupakan peranan penting yang dimainkan oleh teori ekonomi. Ramalan merupakan analisa ekonomi yang menunjukkan bahwa peristiwa-peristiwa yang tidak diinginkan akan berlaku dalam perekonomian, langkah-langkah pencegahan dapat dilaksanakan agar yang tidak diinginkan tersebut dapat dihindarkan, atau setidak-tidaknya dikurangi pengaruh buruknya.

DAFTAR PUSTAKA

Sukirno, Sadono. Pengantar Teori Ekonomi. PT. Bima Grafika. Jakarta. 2002.

Kasmir SE,MM, Manajemen Perbankan, PT Raja Grafindo Persada; Jakarta 2004

Anda suka dengan artikel Ilmu Ekonomi Dan Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Ilmu Jiwa Belajar. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Ilmu Ekonomi Dan Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi" :