Kalau pengen berwisata di salah satu tempat di Luwu Utara, silakan datang ke Bendungan Karangan. Salah satu bendungan tua yang katanya merupakan bangunan Belanda. Hmm … Bendungan ini menjadi salah satu tempat pengaturan irigasi untuk sawah warga yang berada di sekitaran Karangan, Sidomukti, Bone-Bone dan Patoloan. Bendungan Karangan memiliki sebuah terowongan bawah tanah yang panjangnya hampir sekitar 3 km. Seru. Waktu jaman Pramuka di SMA dulu, pernah melakukan ekspedisi bersama teman-teman untuk melewati terowongan itu. Arusnya deras, gelap dan lebarnya hanya sekitar 1, 5 meter. Tingginya lebih dari 150 cm. Awalnya takut, tapi karena rame, rasa takutnya sedikit berkurang.

Bendungan Karangan merupakan satu-satunya bendungan di aliran Sungai Bone-Bone. Bendungan ini letaknya di sekitar 2 km arah utara Jembatan Bone-Bone. Jika ditelusuri, awal dari alur sungai Bone-Bone adalah sebuah air terjun bernama Bantimurung. Ya, namanya mirip dengan Air Terjun Bantimurung yang ada di Maros, perbatasan Makassar. Sekarang Air Terjun Bantimurung sudah jarang dikunjungi. Kalaupun ada anak-anak yang bertamasya ke sana, mungkin tak sebanyak dulu. Perjalanan ke Bantimurung saja menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam. Menelusuri lereng gunung yang panjangnya hampir 7 km. Bisa juga sih mengendarai sepeda motor atau mobil 4WD, melewati jalur mobil trans.


Tampak dari arah sebelah selatan. Bendungan. Hufh … segernya! :-)

Tepat di bawah gerojokan. Fuih.

Tepat di belakang itu, nyonya hampir tenggelam. Untung ada Pahlawan *kesiangan* …

Oh ya, di sebelah utara Air Terjun Bantimurung, ada daerah trans. Daerah transmigrasi yang merupakan tempat tinggal beberapa warga trans. Sayangnya, letaknya jauh. Sehingga akses ke sana agak sulit.

Hmmm … Sampai sini ada yang tertarik untuk bertamasya ke sana? Silakan datang, mandi dengan air dingin, belajar berenang atau berlomba renang dengan teman. Seru pastinya.

Anda suka dengan artikel Wisata Di Luwu Utara : Bendungan Karangan, Bone-Bone ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang PMR, Tempat Belajar Kepedulian. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Wisata Di Luwu Utara : Bendungan Karangan, Bone-Bone" :