Pentingnya Strategi Komunikasi

Para ahli komunikasi terutama di negara-negara yang sedang berkembang. Dalam tahun terakhir ini cukup memusatkan perhatian kepada strategi komunikasi yang hubungannya dengan pembangunan nasional di negara masing-masing. Fokus perhatian dari ahli komunikasi merupakan hal yang sangat penting karena berhasil tidaknya kegiatan komunikasi secara efektif banyak ditentukan oleh strategi komunikasi. Di lain pihak tanpa strategi komunikasi, media massa yang semakin modern yang kini banyak dipergunakan di negara-negara yang sedang berkembang karena mudahnya diperoleh dan mudahnya dioperasikan, bukan tidak mungkin akan mengakibatkan pengaruh negatif. Dengan demikian strategi komunikasi baik secara makro maupun secara mikro mempunyai fungsi ganda:

  1. Menyebarkan luaskan pesan komunikasi yang bersifat informasi, persuasive dan instruktif secara sistematik kepada sasaran untuk memperoleh hasil yang optimal.
  2. Menjembatani (cultural gap) akibatnya kemudahan diperoleh dan kemudahan dioperasionalkan media massa yang begitu ampuh jika dibiarkan akan merusak nilai-nilai budaya.

Strategi pada dasarnya adalah planning dan manajemen untuk mencapai tujuan. Tetapi untuk mencapai tujuan tersebut strategi tidak fungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukkan arah jalan saja, melainkan harus menunjukkan bagaimana taktik operasionalnya. Demikian pula strategi komunikasi merupakan paduan dari perencanaan dengan manajemen untuk mencapai suatu tujuan.

Menggunakan strategi dalam komunikasi sangat penting karena ada kaitannya dengan media yang akan digunakan strategi dimana dapat digunakan kita bisa mengambil salah satu dua tatahan dibawah ini:

-          Komunikasi tatap muka

-          Komunikasi bermedia

Komunikasi tatapmuka dipergunakan apabila kita mengharapkan efek perubahan tingkah laku dari komunikasi karena pada saat kita berkomunikasi  maka kita mengharapkan adanya umpan balik langsung. Dengan saling melihat kita dapat mengetahui apakah pesan yang kita sampaikan dapat diterima oleh komunikasi. Komunikasi bermedia pada umumnya digunakan untuk komunikasi informative. Karena tidak begitu mampu untuk merubah tingkah laku. Kelemahan komunikasi bermedia tidak persuasive, sebaliknya bisa mencapai jumlah komunikasi  dalam jumlah banyak.

Peranan Komunikasi dalam Strategi Komunikasi

Strategi komunikasi harus luwes serupa sehingga komunikasi sebagai pelaksana dapat segera mengadakan perubahan apabila ada faktor yang mempengaruhi. Pengaruh yang menghambat komunikasi bila muncul sewaktu waktu. Faktor-faktor yang mempengaruhi bisa terdapat pada komponen-komponen komunikasi. Para ahli komunikasi cenderung untuk sama-sama berpendapat bahwa dalam melancarkan komunikasi lebih baik mempergunakan apa yang disebut A.A Procedure A.A.

Procedure sebenarnya menyadarkan suatu proses yang singkat AIDDA.

A : attention (perhatian)

I : internet (minat)

D : desire (hasrat)

D : decision (keputusan)

A : action (kegiatan)

Proses pemahaman ini bermaksud bahwa komunikasi hendaknya dimulai dengan membangkitkan perhatian dalam hal ini komunikasi harus menarik perhatian atau menimbulkan daya tarik seorang komunikator akan mampu melakukan perubahan sikap. Pendapat dan tingkah laku melalui mekanisme daya tarik dengan kata lain di bawah pihak komunikator merasa ada persembahan antara komunikan dengan dirinya sehingga dengan demikian komunikasi bersedia untuk taat pada pesan yang dikomunikasikan oleh komunikator.

Dalam proses komunikasi seorang komunikator akan sukses apabila ia berhasil menunjukkan source credibility, artinya menjadi sumber kepercayaan bagi komunikasi. Seorang ahli hukum akan mendapat dokter akan percaya kalau yang dikomunikasikan adalah masalah kesehatan, kepercayaan kepada komunikator mencerminkan  bahwa pesan yang disampaikan kepada komunikan dianggap sesuai dengan kenyataan.

Salam …

Anda suka dengan artikel Strategi Komunikasi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Besar Kecilnya Penetapan Suku Bunga. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Strategi Komunikasi" :

Ditulis dalam Kategori Pidato. urgensi metode bagi seorang guru,