Penelitian menunjukkan stres dan kegelisahan dapat memicu sakit kepala, tegang otot, dan kadang menaikkan tekanan darah. Hati-hati, penelitan yang sama juga menyebutkan, stres mengurangi sistem imunitas. Akibatnya sudah bisa diduga, Anda akan mudah terkena penyakit.

Nah, inilah 8 cara sederhana dan mudah untuk mengurangi tekanan dan kegundahan yang melanda.

PERGI JALAN-JALAN

Olahraga dipercaya akan membuat otak kita lebih terang dan menjadikan badan lebih sehat. Mungkin Anda pernah dengar, seorang teman yang langsung bermain tenis kalau sedang marah atau gundah. “Saat itulah saya bisa menyalurkan kemarahan saya dengan memukul bola,” katanya.

Tetapi olahraga bukan semata penyaluran emosi seperti tadi. Bahwa tindakan itu menolong, ya. Para ahli pun setuju. Kegiatan itu merupakan penyaluran emosi yang positif, aku mereka. Lebih dari itu olahraga membuat peredaran darah kita menjadi lancar. Yang terjadi kemudian kita merasa lebih relaks dan bisa berpikir lebih jernih.

Untuk mengatasi stres, Anda tak perlu pergi ke kolam renang atau ke lapangan tenis, atau mendekam di pusat kebugaran berjam-jam. Sepuluh menit jalan kaki sudah efektif meredakan kegelisahan. Apalagi bila selama perjalanan Anda melihat hal-hal menarik. Anda akan terhibur, kan?

HUBUNGI TEMAN

Pada dasarnya kita memang makhluk sosial. Kita butuh seseorang bukan cuma untuk memenuhi keperluan fisik, tetapi juga kebutuhan psikis.

Semua orang memerlukan seseorang sebagai teman. Jadi, tak salah kalau dari kecil orang tua kita mendorong kita untuk memiliki sebanyak mungkin teman.

Segala kesulitan akan terasa lebih ringan hanya dengan membaginya kepada sorang teman. Itulah sebabnya memiliki seorang sahabat amat penting. Teman bisa mendorong kita lebih bersemangat.

Penelitian juga menunjukkan, ketika kita bercengkerama bersama teman, tekanan darah kita menurun, kegelisahan berkurang, bahkan konon membuat umur kita bertambah panjang.

Ingat juga, kita sendiri pun bisa menjadi pelepas stres bagi kawan kita. Saat seorang teman menceritakan tekanan yang dideritanya, perlihatkan dukungan Anda. Buatlah segalanya menjadi mudah. Terutama, saran ahli, perlihatkan bahwa Anda bersedia menolongnya. Tak perlu memberikan nasihat panjang lebar, apalagi menyalahkan. Semua itu akan membuat tekanannya menjadi bertambah.

BEKERJA DI RUMAH

Tuntutan pekerjaan sering kali membuat kita meninggalkan beberapa tugas rumah tangga. Anda tak lagi memasak, tak lagi membereskan rumah, dan tak perlu lagi berkebun. Semua tugas itu sudah Anda delegasikan pada pembantu atau tukang kebun. Bahkan tugas mendampingi anak-anak membuat pekerjaan rumah pun sudah Anda limpahkan pada guru les.

Tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya menjalankan tugas di atas juga dapat mengurangi stres? Penelitian di Amerika mengatakan wanita bekerja yang sama sekali tidak mau tahu urusan rumah tangga cenderung menyalurkan stres dengan menyetir secara membabi buta. Sementara wanita yang bekerja sambil mengurus rumah, lebih stabil emosinya.

Kerja sama antar sesama anggota keluarga membuat kita menyadari betapa terbatasnya kita. Kata ahli, saat itu kita sadar bahwa kita bukanlah super woman. Boleh jadi kita berhasil menjadi ibu rumah tangga yang baik, mampu jadi istri yang oke, tetapi itu semua tidak menunjukkan kita bisa jadi baik dalam segala hal.

KURANGI KAFEIN

Minum kopi 4 sampai 5 cangkir sehari memang bisa membuat mata Anda melek sepanjang hari. Tetapi kopi juga memicu pengeluaran adreanalin, si hormon stres. Dan kopi, terang ahli, membuat tubuh bereaksi secara berlebihan, juga terhadap tekanan sekecil apa pun.

Kalau otak memompa adrenalin secara berlebihan, jantung kita juga bekerja lebih keras. Akibatnya tekanan darah menjadi tinggi. Sebaliknya kalau organ kita bekerja normal-normal saja, tubuh kita akan bereaksi secara normal terhadap tekanan.

Nah, mulailah pagi Anda dengan segelas jus buah yang sehat. Kalau belum biasa, minumlah dulu kopi tanpa kafein. Atau mengapa tidak mencoba teh herbal saja?

TERTAWALAH BERSAMA

Tertawa membuat hidup menjadi lebih mudah. Cobalah memikirkan sesuatu yang lucu dan bagilah bersama teman-teman. Tawa yang menular dan panjang membuat kemarahan Anda berkurang. Jangan kaget, bila setelah tertawa, Anda lupa bahwa beberapa menit yang lalu Anda tengah diserang kemarahan besar atau punya perasaan gundah yang tidak bisa dilukiskan saking penuhnya.

Tak ada salahnya kalau Anda menyimpan beberapa vcd film komedi atau memiliki beberapa majalah humor. Di saat-saat tertentu benda-benda ini bisa menolong Anda, melepaskan segala macam tekanan.

SEPULUH MENIT SAJA

Semua berjalan rutin. Tak Anda sadari, rutinitas bukan sesuatu yang baik. Tampaknya memang begitu. Bila semua berjalan seperti adanya, berarti semua baik-baik saja. Anda salah. Rutinitas yang terus-menerus seringkali justru mendatangkan stres.

Anda keliru kalau menghabiskan waktu cuma untuk urusan kantor melulu. Anda juga tidak benar bila seluruh waktu Anda cuma untuk mengurus rumah tangga. Hal-hal yang rutin memang harus dijalankan, tetapi sediakan juga waktu untuk Anda sendiri, untuk melakukan hal yang berbeda.

Tak perlu lama. Sepuluh menit, cukup untuk keluar sejenak dari rutinitas. Selama waktu itu, Anda bisa membaca buku. Atau melakukan hal-hal yang Anda sukai. Pendeknya, gunakan waktu itu hanya untuk diri sendiri. Bukan cuma orang lain yang wajib Anda senangkan. Bukan hanya pekerjaan yang kudu Anda urus. Diri sendiri pun memerlukan cinta kasih Anda..

PIJAT

Terapi pijat juga dapat menolong melonggarkan otot yang tegang yang pastinya sering membuat kita tambah tersiksa. Kata ahli, ketika stres mendera, bagian pundak dan otot leherlah yang pertama kali mengalami ketegangan.

Pijatan juga akan membantu melancarkan peredaran darah hingga membuat Anda lebih santai. Perasaan yang relaks akan membuat Anda lebih mudah menghadapi apa pun. Percayalah!

PAHAMI BATAS ANDA

Stres sering kali terjadi akibat terlalu menaruh harapan besar terhadap diri kita sendiri. Kita lupa kemampuan kita terbatas. Hingga ketika tidak berhasil melakukan sesuatu, kita lantas merasa tertekan bahkan membenci diri kita.

Pahami kemampuan Anda. Yakinkan diri bahwa ada hal-hal tertentu yang tak bisa Anda raih, entah karena keadaan atau tidak mampu. Meskipun begitu, tak perlu kecil hati karena bolehjadi kemampuan Anda dalam suatu hal kurang, tetapi di lain hal Anda unggul. Begitulah hidup!

Semijati Purwadaria
Copyright © 2002 PT Media Boga Utama

Anda suka dengan artikel Delapan Cara Mengurangi Stress ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Mengusir Kelelahan Saat Bekerja. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Delapan Cara Mengurangi Stress" :

Ditulis dalam Kategori Tips Sehat.