Belum genap sepuluh hari sejak awal pemeliharaan dan promosi blog Masbied.com ini, satu cobaan datang. Tepatnya pada Kamis, 4 Februari 2011, Hari Raya Imlek, Masbied.com dihack oleh seseorang yang mengaku sebagai stupid hacker. Aiyyah. Kaget setengah mati ketika melihat tampilan home jadi hitam kelam dengan gambar seseorang layaknya kartun dengan sebuah animasi di sudut kanan, hacked by stupid hacker. Tak mau panik, saya googling, mencari solusi untuk masalah yang sedang saya hadapi. Ketika login ke dashboard, username dan password invalid. Klik lost password pun tak memberikan manfaat. Mungkin ketiga-tiganya telah dihack oleh stupid hacker.

Mencoba tidak panik, dan akhirnya berhasil. Jiah. Nyoba klik ke facebook, lihat link ke OnlineSyariah.com yang masih ada di halaman beranda (Kebetulan saya menautkan antara WP dengan FB, jadi tiap kali posting artikel di WP, beranda FB akan menerima update otomatis tentang judul postingan). Saya coba klik lewat situ. Hahai, mau masuk ke halaman web. Coba klik beberapa tautan yang tersedia, tak apa. Oh. Ternyata hanya halaman depannya saja yang kacau.

Akhirnya menemukan solusi untuk masalah itu. Katanya hanya mesti login ke cPanel, cari database, kemudian pilih wp-admin, edit, ganti username dan password lewat situ. Aman. Akhirnya bisa masuk lagi ke dashboard. Buru-buru deh pasang WP Security. Moga-moga aman.

Saya gak tau, celah mana yang digunakan oleh hacker stupid itu. Eh, salah, stupid hacker maksudnya :-D . Mungkin karena saya memang gak pasang WP security atau karena pasang beberapa script untuk membuat Auto Generated Content?! Hmm .. semoga hanya karena script AGC ini. Akhirnya setelah aman, saya ganti tampilan, download yang baru. Semoga progress indexing google dapat berjalan lancar. Lumayan lah, untuk belajar.

Anda suka dengan artikel Cara Mengembalikan Situs WordPress Yang Dihack ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tutorial Menampilkan Hanya Status Terbaru Pada Facebook Mobile. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mengembalikan Situs WordPress Yang Dihack" :

Ditulis dalam Kategori Blog.