Saya akan membahasnya dari sisi mental. Untuk tips secara intelek, sodara”Q bisa mencarinya di referensi lain.

Awalnya saya menduga bahwa hal yang harus dilakukan oleh calon peserta ujian adalah niat yang baik. Ada beberapa orang yang ingin lulus ujian hanya berlandaskan niat mendapatkan materi (uang). PNS memang bukan profesi yang advance, tapi terhitung cukup aman dalam hal ekonomi. Niat mengejar materi akan menjadikan kita orang yang materialis, mengukur kesuksesan berdasarkan uang, dan hanya uang. Padahal mestinya, PNS hanya menjadi alat, bukan tujuan. Bekerja mestinya menjadi lahan mencari pahala. Jika anda seorang suami, niatkan ikut ujian CPNS untuk memudahkan mencari rezki, sehingga punya sarana untuk bersedekah lebih banyak.

Untuk yang belum berkeluarga, niatkan menikah jika lulus ujian. :-)


Ini akan jadi penyambung niat dan kebaikan Tuhan.

Ada juga yang ikut ujian hax sekedar mencoba, atau meramaikan. Jangan lakukan ini. Tuhan tak akan membantu jika kita hanya berniat mencoba, niatkan benar-benar melakukan yang terbaik, mencari rezki yang halal.

Jika persiapan niat telah lurus, lakukan berbagai pendekatan yang lebih kuat pada Tuhan. Jangan berjanji sekedar pemanis bibir pada Tuhan, Ia tak akan memberikan apa yang kita inginkan jika ini yang terjadi.

Just do it.

Belajar, berdoa.

Setelah ujian usai nantinya, pasrahlah sebenar”nya pada Tuhan. Ia telah mengatur rezki. Dan yang terjadi pada diri kita adalah yang terbaik. Ambisi yang terlampau besar akan kelulusan justru akan membuat Tuhan menjauhkan kita dari lulus. Ingat, Tuhan kita adalah pencemburu. Ia tak akan mau melihat kita lebih cinta pada pekerjaan daripada kepada-Nya.
Keep on fighting aja Bro..

Anda suka dengan artikel Tips Lulus Ujian CPNS ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang SMAN 1 Bone-Bone In Action : Go To LPI 2011. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Tips Lulus Ujian CPNS" :

Ditulis dalam Kategori CPNS.