Latar Belakang

Bahasa adalah kebiasaan, semakin kerap bahasa digunakan maka semakin cepat seseorang menguasai bahasa tersebut. Untuk menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar sesuai kaidah yang ada, baik dalam percakapan yang sifatnya formal maupun dalam tulisan diperlukan pengetahuan luas yang mencakup beberapa hal, diantaranya gramatikal.

Penguasaan grammar merupakan salah satu kendala yang dialami oleh siswa dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris. Rendahnya hasil belajar siswa dapat disebabkan oleh banyak faktor demikan hal yang terjadi pada siswa kelas 1 SMP Negeri I Lambu Kabupaten Bima.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, apakah dengan penguasaan grammar dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris pada siswa kelas I SMP Negeri I Lambu

Tinjauan Pustaka

Belajar

Belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap penyelenggaraan jenis di jenjang pendidikan, jadi gagal atau berhasilnya pencapaian tujuan pendidikan itu bergantung pada proses belajar yang dialami siswa baik ketika ia berada di sekolah maupun di lingkungan.

Belajar adalah key term (istilah kunci) yang paling penting dalam pendidikan dapat dikatakan bahwa tanpa belajar sesungguhnya tak pernah ada pendidikan.

Menurut Morgan (1986) belajar dapat didefinisikan sebagai setiap perubahan tingkah laku yang relatif tetap dan terjadi sebagai hasil latihan atau pengalaman

Menurut Raber (1988) learning is a relatively permanent change in response potentiality which occurs as a result of reinforced practice.

Ormrod (1995) mendeskripsikan adanya dua definisi belajar yang berbeda definisi pertama menyatakan bahwa learning is a relatively permanent change in behavior due to experience, sedangkan definisi yang kedua adalah “learning is a relatively permanent change in mental associations due to experience”.

Jadi, berdasarkan beberapa pendapat di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa belajar adalah korelasi antara perubahan kemampuan, perubahan perilaku karena pengalaman dan perubahan mental karena pengalaman jadi ketiga hal di atas merupakan suatu hal yang mendasar yang dihasilkan dalam belajar.

Hasil belajar bahasa Inggris

Hasil belajar bahasa Inggris merupakan salah satu tolak ukur berhasil atau tidaknya siswa dalam proses belajar mengajar, sebagai inti dari berhasil atau tidaknya seorang siswa dalam belajar bahasa Inggris adalah terletak pada tata bahasanya. Belajar tata bahasa Inggris merupakan hal yang mutlak dalam meningkatkan belajar bahasa Inggris.

Metodologi Penelitian

Jenis penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan-tahapan pelaksanaan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi secara berulang

Adapun prosedur dalam jenis penelitian ini adalah :

Perencanaan

Menyiapkan soal latihan yang akan diberikan di kelas pada saat proses belajar mengajar untuk lebih mengaktifkan siswa, dan memberikan bimbingan individu pada siswa yang mengalami kesulitan.

Tahap pelaksanaan

Pada tahap ini tindakan yang dilakukan adalah dengan mengadakan perbaikan pada metode mengajar yang diterapkan

Tahap observasi

Tahap observasi dilaksanakan pada waktu proses belajar mengajar berlangsung, data yang diambil adalah kehadiran, keaktifan siswa dan memberi respon, bertanya dan menulis jawaban di papan tulis.

Tahap refleksi

Tahap pengalaman dari tiap-tiap kelompok dikumpulkan serta dianalisis, baik hasil evaluasi maupun data dari hasil observasi yang diperoleh pada saat melaksanakan pengajaran.

Tujuan dan Kegunaan

Tujuan

Secara operasional tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas I SMP Negeri I Lambu Kabupaten melalui penguasaan grammar

Kegunaan

Adapun kegunaannya adalah

  1. Untuk mengetahui apakah dengan penguasaan grammar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada SMP 1 Negeri I Lambu.
  2. Meningkatkan kemampuan meneliti guru dalam mengatasi pembelajaran bahasa Inggris

Kesimpulan

Jadi  dengan penguasaan grammar yang bagus dan benar akan meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam belajar bahasa Inggris. Jadi pada dasarnya belajar grammar sangat penting dalam penguasaan bahasa Inggris karena grammar merupakan tahap pertama untuk menguasai bahasa Inggris. Jadi pada kesimpulannya penguasaan grammar itu sangat dibutuhkan.

Daftar Pustaka

Oeman, Hamalik. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung; CV. Sinar Harapan Baru, 1987

Azhan, Akyas, Psikologi Pendidikan. Semarang. Dina Utami, 1996.

Kardimin, Akhmad Tata Bahasa Inggris. Yogyakarta; Pustaka Belajar. 2003.

Salam …

Anda suka dengan artikel Proposal Skripsi Bahasa Inggris : Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Penguasaan Grammar ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Membran Sitoplasma Dan Ribosom. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Proposal Skripsi Bahasa Inggris : Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Penguasaan Grammar" :