Jika berbicara tentang search engine optimization (SEO), kita berbicara tentang 2 tips optimasi, yaitu onpage optimization dan offpage optimization. Dan tiap kali membahas tentang onpage optimization, kita akan berbicara tentang tittle tag, header tag, bolding, italizing, underlining, alt image tag, meta tag dan sebagainya. Sedangkan ketika berbicara tentang offpage optimization, adalah sebuah hal mendasar untuk mendapatkan peringkat yang baik di search engine, dengan memperhatikan link inbound ke blog kita dengan melihat beberapa hal berikut :

  • Anchor text yang digunakan untuk memberikan link di blog kita.
  • Judul halaman blog yang memberikan link.
  • Pagerank blog yang memberikan link.
  • Tema blog, sama atau tidaknya dengan tema di blog kita.

Melalui tulisan ini, saya ingin anda beranggapan bahwa offpage optimization adalah hal penting yang mendasari masuk tidaknya blog kita dalam halaman pertama pencarian. Oke. Onpage optimization adalah hal yang perlu anda lakukan, tapi ia tak sepenting offpage optimization.

Mari saya berikan contoh berikut. Ketiklah kata kunci “click here” pada halaman pencarian google. Apa yang anda temukan? Anda akan menemukan bahwa blog yang ada puncak pencarian adalah Halaman Adobe Reader Download. Menarik bukan?! Mengapa adobe.com berada pada peringkat pertama pada pencarian itu?

Setahu saya adobe.com akan berada pada peringkat atas jika pencarian kita adalah graphic design program, create printable documents, web design program atau malah photo modification. Juga bahwa terlihat kata “click here” bukanlah judul halaman adobe.com yang muncul pada hasil pencarian, “click here” bukanlah alamat URL yang bersangkutan, dan “click here” juga bukanlah meta tag yang dipilih oleh adobe.com.

Jika kita melakukan tes dengan menggunakan SEO Elite, kita akan menemukan bahwa adobe.com mendapatkan link berkualitas dari PR-9, PR-8, PR-7 dan lebih rendah dari itu dengan jumlah lebih dari 500 inbound link. Anchor text yang digunakan salah satunya adalah “click” dan juga “here”. Wajar, adobe reader kan merupakan salah satu software pembaca file PDF yang paling terkenal di sejagad dunia.

So, jika nanti seseorang datang kepada anda dengan memberikan saran untuk memperbaiki artikel posting dengan memunculkan kata minimal 20% dari jumlah total kata, memberikan bold, italic atau underline, serta memasang URL pada kata kunci, katakan padanya bahwa itu memang bagus, tapi tak sepenting melakukan offpage optimization, dengan berusaha mendapatkan backlink berkualitas dari blog lain.

Semoga bermanfaat.

Anda suka dengan artikel Onpage Optimization Bukanlah Hal Penting ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Asal Usul Tasawuf. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Onpage Optimization Bukanlah Hal Penting" :