Salah satu plugin di blog ini adalah SEO Search Term Tagging 2 (STT2) dari Mas Poer. Sebuah plugin hebat yang digunakan untuk merekam kata kunci pencarian artikel kemudian meletakkannya di bawah posting, sebagai panambah backlink gratis. Saya mencoba mencari cara untuk meningkatkan kunjungan, setelah googling, akhirnya bertemu artikelnya Mas Poer tentang curhatnya menjaring trafik.

Dalam step by stepnya, salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan meletakknya “Recent Search Terms” di widget samping, jumlahnya 45 atau lebih, dengan link ke halaman search. Wow … lumayan. Kata kunci yang datang dari mesin pencari akhirnya menjadi sebuah halaman baru yang diindex oleh google sendiri. Sayangnya, setelah beberapa hari mengamati, saya menemukan satu kelemahan.

Sempat heran ketika mencoba nge-klik salah satu keyword di widget recent searh kok malah tidak memunculkan hasil. Muncul page not found. Artinya, pencarian dengan kata kunci tersebut tidak memberikan hasil. Kok bisa ya? Padahal kan kata-kata yang direkam oleh STT2 adalah kata kunci yang berasal dari google. Hmmm … awalnya tanya ke teman, suruh pasang recent search google, tapi setelah dipasang, hasilnya sama saja. Tak menemukan hasil.

Datanglah sebuah inspirasi, saya googling tentang memaksimalkan halaman search. Dapat! Caranya hanya dengan menampilkan recent posting di halaman search wordpress yang tidak membuahkan hasil. Bagi saya sebenarnya akan lebih baik jika yang ditampilkan adalah related post. Ya to?! Ini pasti membantu pengunjung untuk tetap tinggal mencari apa yang dia inginkan.

Untuk memasang recent post pada halaman search wordpress, silakan googling aja. Bisa nyari di blognya rickyeka.com atau jevuska.com :-)

Saya juga akhirnya memasang CSE di halaman search, gunanya agar pencarian yang tidak membuahkan hasil tersebut dapat memunculkan beberapa artikel yang memiliki kata kunci sama, berdasarkan rekomendasi google lewat Custom Search Engine-nya.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah yang saya lakukan ini aman? Atau Anda punya pengalaman tentang hal seperti ini?

Jangan-jangan efek STT2 ini dianggap seperti efek AGC. Jiah! Meskipun saya tau itu jauh beda. STT2 memberikan link dalam blog yang isinya relevan. Sementara AGC menampilkan judul artikel orang lain pada hasil pencarian, dengan link hanya di blog sendiri.

Anda suka dengan artikel Menyiasati Page Not Found Pada Halaman Search WordPress ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang SMAN 1 Bone-Bone Juarai LPI Luwu Utara 2011. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Menyiasati Page Not Found Pada Halaman Search WordPress" :