Saya bermaksud mendaftar plugin-plugin wajib untuk sahabat yang baru saja berpindah hosting dari wordpress.com ke self hosting wordpress. Dulu awalnya gak paham plugin itu apa. Saya mengira bahwa plugin itu layaknya widget, ternyata bukan. Haha … Plugin layaknya sebuah software di OS komputer kita. Kalau XP sebagai OS, maka Ms. Word sebagai software tambahan. Begitu juga, mesin kita adalah wordpress dan software tambahannya adalah plugin-plugin yang diinstal.

Apa bedanya antara wordpress hasil import dengan yang lainnya?

Blog wordpress.com dapat diimport dengan mudah ke self hosting wordpress. Artikel yang diimport dari wordpress.com kemungkinan memiliki banyak link yang broken, akibat perubahan alamat. Nah, beberapa plugin ini akan membantu sahabat untuk mendapatkan performa prima dari blog hasil import tersebut. Plugin utama tentunya WP Importer. Plugin ini akan membantu anda mengimpor artikel, komentar, tag, dan media pustaka dari wordpress lama Anda. Setelah selesai, patut untuk mencoba memasang beberapa plugin berikut :

  1. Broken Link Checker. Plugin ini berfungsi untuk memeriksa link-link yang berubah atau memungkinkan terjadi broken. Beberapa link mungkin saja tidak berubah, misalnya, saya memindahkan blog saya dari meetabied.wordpress.com ke onlinesyariah.com. Kebanyakan link artikel berubah secara otomatis, namun saya masih mendapati link yang tetap mengarah ke meetabied.wordpress.com. Masalahnya hanya muncul ketika Anda menghapus blog awal, artinya semua link yang mengarah ke sana akan rusak. Saya juga menemukan beberapa media pustaka ternyata tidak bisa dibuka setelah diimpor, untuk masalah ini biarkan broken link checker yang memeriksanya. Ok?
  2. Google XML Sitemap. Plugin yang berguna untuk membuat sitemap blog yang berfungsi untuk melaporkan pada mesin pencari bahwa telah terjadi update pada blog kita. Google XML Sitemap akan membantu Anda untuk membuat sitemap secara otomatis. Tentunya berbeda dengan wordpress.com yang tak perlu hal-hal semacam ini, selain juga tak bisa. :-)
  3. SEO Search Terms Tagging 2 dan Indexing Tools. Paduan dua plugin yang akan membuat posting blog Anda diindex oleh mesin pencari. Juga untuk menambahkan kata kunci pada setiap postingan Anda. Bedanya dengan self hosting wordpress yang benar-benar baru, blog wordpress hasil import membutuhkan lebih banyak perhatian dalam hal indexing. Mengapa? Ya karena postingan kita mungkin saja telah terpublish sejak setahun atau dua tahun yang lalu. Tentunya tidak akan muncul sebagai postingan baru, karena tanggal postingnya tetap sama dengan tanggal posting waktu di wordpress.com. Nah, STT2 dan Indexing tool akan membantu Anda mempercepat proses indexing artikel. Apa manfaatnya pindah hosting jika ternyata tak mampu mendapatkan pengunjung?

Itu 3 rekomendasi plugin dari saya. Apakah sahabat telah mencoba plugin-plugin ini?

Anda suka dengan artikel Plugin Wajib Untuk Blog WordPress Hasil Import ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang 3 Plugin Wajib Untuk Meningkatkan Trafik Blog Anda. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Plugin Wajib Untuk Blog WordPress Hasil Import" :

Ditulis dalam Kategori Tips SEO.