Beberapa hari kemarin komputer saya terjangkit virus Win32 Ramnit-G. Sebuah varian dari virus Ramnit yang menyebarkan diri lewat flashdisk dengan beberapa buah shortcut secara otomatis ketika FD dicolokkan. Virus ini dapat dibasmi habis oleh Avast. Sayangnya, Avast juga menghapus banyak file di folder dengan ekstensi .exe, .htm dan .dll. Hmm … akibatnya parah. Beberapa file master untuk install software pada hilang.

Akhirnya saya memutuskan untuk install ulang Windows XP. Hari gini pake XP? Haha … Saya lebih suka XP, tampilannya simpel dan tidak terlalu berat bagi komputer. Ya, komputer ini masih menggunakan prosesor Intel Core 2 Duo dengan speed 2,4 GHz. Waktu beli dulu (taon 2008 awal), masih berjaya. Mainboardnya ECS GeForce 7100/ 7050 PVT M-3, dengan Chipset NVidia dan mendukung VGA di 512MB Onboard. Semasa itu masih hebat. Pasalnya selain harganya yang murah, ECS berani memberikan garansi hingga 72 bulan. Hwah … Itu kalo pabrik dan sub-agennya gak keburu tutup. Jiahaha …

Setelah install XP, biasanya saya terlalu lama dengan proses install perangkat Mainboard. VGA, LAN dan Sound kadang terinstall hanya dalam hitungan 7 menit. Gampang kan, hanya perlu memasukkan CD Master Mainboard ke dalam CD ROM, dan proses installing akan berjalan lancar. Tapi kali ini beda. Setelah melakukan itu, Sound tidak muncul. Saya coba restrart, tetap tidak memberikan solusi.

Saking sebelnya, saya membiarkan komputer ini tanpa suara selama beberapa hari. Hingga akhirnya saya punya ide untuk memperbaikinya lagi. Pada Device Manager terlihat bahwa masalah terletak pada sebuah file yakni IDT High Devinition Audio CODEC. Beberapa kali saya coba update driver, dan memilih driver yang tersedia, tapi juga tak berhasil. Mungkin ini terjadi karena sistem otomatis memilih driver yang masih tersimpan dalam cache, sehingga yang terpasang adalah driver yang itu itu juga dan tidak menemukan driver yang lebih cocok dengan perangkat sound. Akhirnya solusi yang muncul adalah memilih sendiri driver yang ada di CD ROM tanpa mengikuti instruksi pada autoplay. Hmm .. Sedikit lebih ribet sih.

Nah, artikel ini saya tulis bersamaan dengan selesainya masalah sound pada komputer saya. Syukurlah. Setidaknya besok pagi dah bisa dengar musik keras-keras lagi. Tapi masih ada beberapa masalah dengan browser, tak bisa diajak chating di facebook. Kenapa ya?

Apakah sobat pernah mengalami masalah serupa? Apakah solusi yang Sahabat lakukan?

Salam …

Anda suka dengan artikel Tidak Berhasil Install Driver Sound Pada ECS ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tentang IdBlogNetwork, Dan Saya!. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Tidak Berhasil Install Driver Sound Pada ECS" :

Ditulis dalam Kategori Techno.