Artikel ini adalah testimoni dan penghargaan saya terhadap plugin SEO SearchTerms Tagging 2 karya Mas Poer. Plugin yang memberikan andil besar terhadap penambahan jumlah pengunjung blog saya, hanya dalam hitungan hari setelah pengaktivannya.

Saya mengenal STT2 sejak pindah ke self hosting dua bulan yang lalu. Blog ini adalah hasil pindahan dari wordpress.com dengan jumlah artikel saat diimport sekitar 960-an. Semasa di wordpress.com, blog ini sering dikunjungi hingga angka 10ribu-an perhari. Namun saya tak mengira yang terjadi di blog ini adalah seperti yang sekarang saya alami. :lol:

Saya menemukan artikel Mas Poer tentang meningkatkan kunjungan di blog, dan kemudian mengikuti sarannya. Berikut ini beberapa hal yang saya lakukan :

  1. Memasang keyword di bawah artikel dengan link ke halaman search. Jumlahnya keyword saya tingkatkan menjadi 20. Pengaturannya ada di plugin STT2.
  2. Memasang recent search terms pada widget dengan jumlah 45, juga mengarah ke halaman search.
  3. Di halaman search, saya memasang artikel terkait sesuai dengan kategori. Itu untuk menghindari andai saja ada 404 pada hasil pencarian.
  4. Selain related post, saya memasang Google Custom Search Engine (CSE) untuk memberikan hasil pencarian lain dalam blog. Ini memungkinkan pengunjung mendapatkan artikel yang terkait dengan pencarian yang ia lakukan.
  5. Auto clean up pada STT2 saya atur tiap 2 hari sekali. Awalnya server down karena database tidak pernah dibersihkan, pengaturan standar membersihkan kata kunci tiap 90 hari. Saya tak menyadari itu, dan baru sadar setelah hosting sering mengubah CHMOD blog ke 000. Parah.

Hanya itu yang saya lakukan. Hasilnya, dalam dua bulan setelah pindah, jumlah index di google mencapai 224.000-an. Wow. Ini juga berimbas pada jumlah pengunjung yang datang dari mesin pencari ke blog ini. Silakan lihat gambar berikut …

Dari gambar di atas terlihat jumlah kunjungan tiap harinya selalu menanjak, dengan angka tertinggi pada 30ribuan. Hanya dalam dua bulan, blog ini berhasil mendapatkan kunjungan hingga 30ribu klik sehari. Lumayan kan?!

Sayangnya, ini tak dapat terus dilanjutkan. Hosting saya adalah masalah besar. Tiap kali klik di blog menanjak, seketika itu juga muncul 403 forbidden. Dan saya harus repot-repot membuka cPanel untuk mengatur kembali CHMOD yang otomatis berubah. Saya kira itu terjadi karena sistem yang diatur sedemikian rupa. Hmmm … Itulah yang menyebabkan beberapa hari dari keseluruhan grafik di atas tampak pengunjung blog menurun drastis.

Untuk mengurangi efek besar dari STT2, saya terpaksa mengubah pengaturannya menjadi 5 keyword maksimal pada masing-masing post, link tidak mengarah ke halaman search, juga tidak mengarah ke post. Pengaturan auto clean up menjadi tiap hari, artinya kata kunci yang tidak digunakan dalam 1 hari akan dihapus hari itu juga. Widget recent search terms juga saya hapus. Dan ini pasti akan membuat pengunjung blog menurun.

Andai hostingnya normal, saya mentargetkan klik hingga 100.000 perhari. Tapi tunggu, jika hostingnya telah berganti dengan yang unlimited. Kapan ya?! Ada yang mau menawarkan hostingnya ke saya? Haha …

Salam ..

Anda suka dengan artikel Jika Ingin Kunjungan Membludak, Aktifkan STT2 Di Blog Anda! ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Melepaskan STT2, Demi Hosting. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Jika Ingin Kunjungan Membludak, Aktifkan STT2 Di Blog Anda!" :

Ditulis dalam Kategori Tips SEO.