Sebagai pengguna internet, Sahabat pasti sering browsing untuk mencari informasi lewat mesin pencari. Sebut saja raksasa internet, Google.com. Jika sempat mengamati, Sahabat akan menemukan banyak hasil pencarian pada Google yang ternyata tidak memberikan hasil yang relevan dengan kata kunci yang diketikkan. Hmm … Hal ini menjadi salah satu masalah besar bagi Google. Hasil pencarian di Search Engine Ranking Position (SERP) mereka lebih sering dikuasai oleh blog Auto Generated Content (AGC) dibanding posting original buatan tangan. Ini terjadi karena banyaknya blog AGC yang menggenerated kata kunci dari mesin pencari, lantas menyimpannya sebagai salah satu halaman dalam blog mereka. Dan sayangnya, admin blog sering memasang link palsu dengan sengaja. Judulnya dari blog lain, tapi link sebenarnya hanya mengarah pada halaman lain blog bersangkutan. Sehingga jika diklik, pengunjung tak akan menemukan artikel baru, melainkan hanya berputar tanpa ujung dalam blog yang sama. Parah kan?!

Ini memang menyebalkan. Google sendiri jengah dengan kontent blog AGC yang marak. Tapi beruntung, di awal 2011 Google telah merilis algoritma baru untuk mengurangi efek AGC. Mereka menyebutnya Google Panda, algoritma yang siap melakukan filter hasil pencarian dan membersihkannya dari konten AGC.

Jika Sahabat bertanya : “Apa keuntungannya memasang AGC Bied? Bukankah sekarang dah rawan dibanned Google?”

Hmm … It’s all about traffik buddy! Blog AGC bisa menjaring pengunjung 5 hingga 10 kali lebih banyak dari blog biasa. Trafik berarti dollar. Semakin banyak pengunjung yang datang ke blog, semakin besar kemungkinan blogger mendapat dollar dari klik iklan.

Inti permasalahan blog AGC sebenarnya hanyalah kebutuhan akan tingginya traffik yang tidak dibarengi dengan kemampuan menulis yang baik. Banyak blogger yang tidak ingin bekerja keras untuk mendapat trafik, maunya yang instan. Ya akhirnya pasang AGC. Permasalahan trafik mestinya dapat selesai jika konten blog berkualitas. “Content is the king, and Unique Content is The Real King”. Yang sulit hanyalah menemukan konten unik, bukan hasil copy paste. Blog AGC bisa menjadi sebuah pelarian dikarenakan blogger tak punya kemampuan menulis, sehingga hanya mengandalkan robot untuk mengisi konten di blog mereka. Blogger sejati mestinya menjadikan blog sebagai tempat untuk mencurahkan pikiran mereka, bukan justru untuk ‘menyesatkan’ orang lain. Haha … Blogger tak boleh hanya sekedar hobi, karena ada tanggung jawab moral yang kita terima dari visitor. Blogger mestinya bertanggung jawab terhadap apa yang ia tulis. Ya to?!

Ajang Blogilicious 2011 yang akan diadakan di 7 kota besar menurut saya dapat menjadi sebuah solusi kecil untuk permasalahan di atas. Seminar dan workshop yang akan membahas tentang beberapa teknik menulis dan blog monetizing bisa menjadi sebuah alternatif baru bagi blogger.

Menulis memang bukan sesuatu yang terlampau sulit, tapi juga tidak terlalu mudah. Lewat Blogicious 2011, saya mengharapkan adanya peningkatan kualitas tulisan blogger Indonesia. AGC akan jadi barang lama yang ditinggalkan. Google telah memperbaiki kualitas hasil pencarian mereka, dan dalam beberapa tahun ke depan, saya yakin hanya konten berkualitas-lah yang akan menguasai posisi tertinggi di SERP. So, bukankah lebih baik belajar menulis sejak sekarang daripada nanti ketinggalan jaman? Hehe …

Apalagi sekarang para pengiklan memang telah melarang iklan mereka dipasang pada blog AGC. Pengiklan tentunya ingin mengetahui pangsa pasar mereka. Blog AGC tak dapat menyediakan informasi itu, karena mayoritas pengunjung hanya datang karena ‘tersesat’. Jiah. Blog dengan topik yang terfokuslah yang dapat membantu pengiklan mengetahui pangsa pasar.

Blogilicious 2011 yang dipromotori IdBlogNetwork semestinya bisa menjadi batu loncatan bagi blogger untuk memperbaiki diri. Kualitas tulisan berarti trafik, dan trafik berarti penghasilan. Bukankah semestinya kita memang harus yakin bahwa hanya yang berkualitas-lah yang akan mampu bertahan?! :-) Dengan fokus pada blog, kita tak hanya menjadi blogger yang mampu terus berbagi, tapi juga akan menjadi profitable blogger. Blogger yang mendapatkan penghasilan ‘hanya’ dengan menulis!

Go Blogilicious 2011. Go IdBlogNetwork!

Anda suka dengan artikel Blogilicious 2011 Dan Kualitas Blogger ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Sumber Daya Manusia, Kinerja Dan Prestasi Kerja. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Blogilicious 2011 Dan Kualitas Blogger" :

Ditulis dalam Kategori Blog. interaksi kultural,