Beberapa website berikut berguna bagi para admin blog untuk meningkatkan kinerja blog mereka. Ada yang berguna untuk mengecek kinerja blog, ada juga yang berguna untuk mencari saran demi peningkatkan performa.

Salah satu motto yang penting untuk diikuti oleh admin blog adalah “the web should be fast” dari Google,inc. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa di daerah sana, pengunjung akan meninggalkan website yang diakses lebih dari 4 detik. Wow … Kalo di Indonesia mungkin lebih dari itu. Lha wong sampe 20 detik juga masih ada yang betah menunggu.

Nah, beberapa website yang berguna untuk membantu meningkatkan performa blog adalah :

  1. GTMetrix.com yaitu sebuah website yang digunakan untuk mengukur performa speed dan kinerja blog. Pada GTMetrix diberikan dua buah skor, masing-masing untuk speed dan kinerja. Skor tertinggi adalah 100%. Biasanya blog dengan tampilan minimal memperoleh skor tinggi, pasalnya GTMetrix menilai dari banyak hal, salah satunya Query ke database, penggunaan CSS sprites, penilaian javascript, dan sebagainya. GTMetrix dapat memberikan saran terhadap apa yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan performa blog.
  2. Down For Everyone or Just Me adalah sebuah website yang digunakan untuk mengetahui apakah blog kita sedang down atau tidak. Masalah tidak bisa diaksesnya blog bisa disebabkan server yang sedang down atau karena koneksi jaringan kita yang terganggu. Nah, situs ini berguna untuk mengetahui situasi yang sebenarnya. Jika memang blog kita tidak sedang down, tidak dapat diaksesnya blog pasti karena gangguan jaringan.
  3. IWebTool adalah sebuah situs yang berguna untuk mengetahui besar muatan dan lama loading blog kita. Hati-hati, jika blog Anda telah lebih dari 150KB, mungkin perlu dipertimbangkan untuk memperampingnya. Mengapa? Muatan sebesar itu pasti akan memberatkan pengunjung yang datang. Blog akan lambat diload. Menyebalkan bukan?!
  4. WhatsMyIP.org HTTP Compression Test yaitu sebuah website yang digunakan untuk mengetahui apakah blog kita telah berada dalam mode GZIP Enable atau tidak. GZIP enable adalah salah satu metode untuk mempercepat loading blog. Dengan adanya GZIP Enable, browser akan menerima file kompress dari blog kita. Ini bisa mengurangi muatan hingga 70-80%.
  5. CSS Compressor yaitu situs yang digunakan untuk melakukan kompress pada file CSS. Semakin kecil muatan file-file dalam blog, akan semakin cepat blog diakses oleh pengunjung. Untuk kompresi Javascript dapat digunakan situs YUI Compressor Online.
  6. Image Optimizer yakni website yang berguna dalam melakukan kompresi file gambar. Ini utamanya untuk blog yang berbasis gambar.

Apakah sahabat punya rekomendasi website lain untuk membantu meningkatkan performa blog?

Anda suka dengan artikel 6 Website Wajib Untuk Meningkatkan Performa Blog ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Blogilicious 2011 Dan Kualitas Blogger. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "6 Website Wajib Untuk Meningkatkan Performa Blog" :

Ditulis dalam Kategori Tips SEO.