Dua minggu kemarin nyonya demam. Kalo pagi seakan panas badannya turun, hingga sore hari. Tapi menjelang magrib, demamnya mendadak naik. Sempat panik, pasalnya beliau lagi hamil anak pertama pada bulan yang ke-7. Mencoba mengatasi ini, saya memeriksakannya ke bidan tetangga rumah. Hanya diberi obat penurun panas, Paracetamol.

Tiga hari berselang, demamnya tak juga reda. Tiap malam selalu ‘kepanasan’, tak layaknya demam biasa yang membuat penderita menggigil. Akhirnya berinisiatif membawanya ke Puskesmas. Di sana langsung diperiksa, dokter melihat tanda-tanda bahwa nyonya terkena tipes (atau dalam bahasa kesehatan disebut tiphoid). Ciri-ciri utama sakit tipes adalah demam yang berulang menjelang malam, di pagi hari turun dan terlihat sehat, lidah bagian tengah terlihat putih sedangkan tepinya merah. Penderita merasa lemas dan mungkin saja kehilangan kesadaran. Ya, tipes sendiri artinya adalah menurunnya kesadaran. Kata bidan Maya, tipes menyebar lewat kotoran atau makanan yang tidak steril. Bisa saja karena terkena bakteri lewat kecoa, tikus atau binatang lain. Tapi mungkin juga karena sedang menyebar di musim panas.

Akhirnya, saya mencoba mencari obat tradisional untuk tipes. Di beberapa blog, katanya obat yang paling manjur adalah cacing tanah. Boleh lah cacing dimasak dalam air, lantas air masakan tersebut dicampur dengan air biasa. Segelas air biasa dicampur dengan sesendok air rebusan cacing. Hiii …

Saya tak ingin mencoba obat itu, sepertinya terlalu menjijikkan. Haha .. Akhirnya Bapak memberi sebuah solusi. Obat paling manjur untuk tipes adalah air pohon Rawe. Rawe (bahasa Jawa) adalah sebuah pohon menjalar, daunnya gatal, berbentuk seperti akar dan biasanya ada di tepi sungai. Air rawe sendiri putih jernih (atau kadang sedikit keungu-unguan), diambil dari batang rawe yang dipotong. Cukup minum segelas selama sehari, esoknya demam akan turun.

Bersyukur mendapatkan obat tradisional ini. Air rawe sangat manjur mengobati tipes. Ada beberapa saudara yang juga terserang tipes selama beberapa pekan dan akhirnya sembuh setelah minum air rawe ini. Hmm … jika ingin memadukannya dengan obat dokter, minum amoxylin sebagai anti biotik. Ini berguna untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima.

Hmm … Apakah sahabat pernah terkena tipes? Apa obatnya?

Anda suka dengan artikel Obat Tipes Tradisional ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Paket Speedy 100.000 Khusus Guru. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Obat Tipes Tradisional" :