Pendekatan-Pendekatan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa - Manusia sebagai homo education, yaitu makhluk yang harus dididik atau animal education, yaitu makhluk yang dapat didik. Ini berarti bahwa pendidikan merupakan suatu keharusan bagi setiap manusia, dengan pendidikan manusia dapat menjadi manusia yang berilmu dan beriman. Hal ini berarti bahwa manusia dalam setiap dinamika membutuhkan pendidikan kapan dan dimanapun dia berada, melalui pendidikan manusia dapat tumbuh dan berkembang secara sempurna.

Pendidikan merupakan tanggung jawab setiap orang yang pelaksanaannya berlangsung pada tiga lingkungan, yaitu rumah tangga, sekolah dan masyarakat. Dalam lingkungan sekolah, pendidikan merupakan kegiatan belajar mengajar yang bernilai edukatif, nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dengan anak didik, interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum mengajar.

Harapan yang tidak pernah sirna dan selalu diharapkan adalah bagaimana materi pelajaran yang disampaikan dapat dikuasai oleh peserta didik pada Madrasah Ibtidaiyah Al Hikam Pitape. Ini masalah yang cukup sulit dirasakan oleh guru, kesulitan ini disebabkan karena anak didik bukan hanya sebagai individu dengan segala keunikannya, melainkan juga sebagai makhluk sosial, dengan latar belakang yang berlainan. Paling sedikit ada tiga aspek yang membedakan anak didik yang satu dengan anak didik yang lainnya, yaitu aspek intelektual, psikologi dan biologis.

Ketiga hal tersebut diakui sebagai aspek yang melahirkan bervariasinya sikap dan tingkah laku anak didik di sekolah. Hal ini menjadi tugas yang berat bagi guru melaksanakan tanggung jawabnya dalam proses pembelajaran.

Dalam suatu sekolah yang apabila program pendidikan tersebut bertujuan agar siswanya mencapai perkembangan optimal sebagai individu dan makhluk sosial, maka pendidikan di sekolah itu tidak cukup dengan memberikan program kurikulum mata pelajaran saja, tetapi mata pelajaran tersebut harus diajarkan dan diatur dengan cara yang baik, sedangkan jika siswa menghadapi masalah dalam rangka penyelesaian program pendidikan di sekolah, dimana masalah itu tidak hanya terbatas masalah mengenai pelajaran, maka sekolah perlu mengadakan usaha untuk membantu siswa dalam memecahkan masalahnya. Siswa sebagai anak didik dalam kehidupannya tidak terlepas dari berbagai macam masalah apakah itu masalah internal atau masalah eksternal siswa, baik masalah yang ringan maupun masalah yang berat, semuanya memerlukan pemecahan sebagai jalan keluarnya. Kita ketahui bahwa tidak semua orang mampu memecahkan masalahnya sendiri, baik orang dewasa terlebih lagi anak yang masih dalam taraf perkembangan menuju kedewasaan, maka orang dewasalah yang dapat membimbing dan membantu memecahkan masalah yang dihadapinya.

Jadi jelas bahwa dalam kegiatan belajar mengajar biasanya banyak masalah yang timbul terutama dirasakan oleh siswa. Guru mempunyai tanggung jawab yang besar dalam membantu siswa agar berhasil dalam belajarnya. Untuk itu hendaknya guru memberikan bantuan kepada siswa untuk mengatasi masalah yang timbul dalam proses kegiatan belajar mengajar. Disini letak pentingnya guru sebagai pendidik untuk membantu siswa agar dapat berhasil dalam pelajaran sehingga proses belajar mengajar berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Pendekatan-Pendekatan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa

Anda suka dengan artikel Pendekatan-Pendekatan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Informasi Pengumuman SNMPTN 2011 Jalur Tertulis. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pendekatan-Pendekatan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi, Metode Pembelajaran. kesulitan belajar peserta didik, masalah siswa dalam belajar, pemecahan masalah biologi, mengatasi kesulitan belajar siswa, pendekatan-pendekatan dalam pembelajaran, peserta didik sebagai makhluk individual, biologi di masyarakat, dinamika siswa dalam pembelajaran, pendekatan biologis oleh guru pada peserta didik, PEMECAHAN MASALAH DALAM BIOLOGI, pengertian politik pasif reaktif, upaya guru dalam mengatasi kesulitan anak, partisipasi dinamika siswa dalam belajar, www dinamika siswa com, Manfaat Ilmu retorika bagi guru, Macam-macam Masalah yg di hadapi oleh guru, bagaimana pendekatan menghadapi peserta didik untuk mencapai pendidikan supaya anak berhasil, dinamika siswa dalam belaja, Cara pendekatan guru terhadap siswa ynglemah dalam belajar, presentasi bab limit, Perbedaan retribusi dengan bea, contoh hak di lingkungan keluargaa, pendekatan yang dilakukan untuk memecahkan masalah kesulitan belajar, hadits bayan at-tasyri, 3 aspek yang membedakan anak didik,