Cabang-Cabang FilsafatFilsafat berasal dari kata falsafah (bahasa Arab) atau filosofi (bahasa Yunani) berarti cinta kebijaksanaan,cinta menggunakan akal budinya atau cinta menggunakan pengalaman dan pengetahuannya secara aktif. Filsafat merupakan induk segala ilmu dan semula merupakan pengetahuan umum atau anggapan umum yang dianggap benar atau common sence berkembang menjadi ilmu tentang kebijaksanaan dengan klasifikasi dan perkembangan yang bermacam-macam. Selain itu fisafat juga dapat dikatakan suatu ilmu yang bersumber pada kehidupan kita sehari-hari. Tak bias kita pungkiri bahwa selama seorang manusia hidup pastilah ia berfikir baik hal kecil maupu dalam skala yang besar (ilmuan). Contoh :dalam ilmu hokum kita kenal istilah ubi ius ubi sociatas artinya dimana ada hokum disitu pasti ada manusia. Itu artinya dalam kehidupan manusi pasti ad aturan tersendiri.

Adapun cabang filsafat adalah:

  1. LOGIKA. Logika adalah cabang filsafat yang mempelajari aturan atau patokan yang harus ditaati agar orang dapat berfikir tepat,teliti,dan teratur untuk mencapai kebenaran.
  2. EPISTEMOLOGI. Epistemologi salah satu cabang filsafat yang menyoroti dari sudut sebab pertama,gejala pengetahuan dan kesadaran manusia
  3. KRITIK ILMU. Kritik ilmu yang disebut filsafat ilmu pengetahuan adalah cabang filsafat yang menyibukkan diri dengan teori pembagian ilmu,metode yang digunakan dalam ilmu,tentang dasar kepastian dan jenis keterangan yang diberikan yang tidak termasuk bidang ilmu pengetahuan melainkan merupakan tugas filsafat.
  4. ONTOLOGI. Ontologi sering disebut metafisika umum atau filsafat pertama adalah filsafat tentang seluruh kenyataan atau segala sesuatu sejauh itu “ada”.
  5. TEOLOGI METAFISIK. Teori metafisik membicarakan filsafat ke-Tuhan-an atau logos(ilmu)tentang Theos (Tuhan)menurut ajaran dan kepercayaan.
  6. KOSMOLOGI. Kosmologi membicarakan kosmos atau alam semesta hal ihwal dan evolusinya.Filsuf yang berperan antara lain Pitagoras,Plato dan Ptolemeus.
  7. ANTROPOLOGI. Antropologi berkaitan dengan Filsafat manusia mempelajari manusia sebagai manusia,menguraikan apa atau siapa manusia menurut adanya yang terdalam,sejauh bisa diketahui mulai dengan akal budinya yang murni.
  8. ETIKA. Etika atau Filsafat moral adalah bidang Filsafat yang mempelajari tindakan manusia.Etika dibedakan dari semua cabang filsafat lain karena tidak mempersoalkan keadaan manusia,melainkan bagaimana manusia seharusnya bertindak dalam kaitannya dengan tujuan hidupnya.
  9. ESTETIKA. Estetika sering juga disebut filsafat keindahan(seni),adalah cabang filsafat yang berbicara tentang pengalaman,bentuknya,hakikat keindahan yang bersifat jasmani dan rohani.
  10. SEJARAH FILSAFAT. Sejarah Filsafat adalah cabang filsafat yang mengajarkan jawaban para pemikir besar,tema yang dianggap paling penting dalam periode tertentu,dan aliran besar yang menguasai pemikiran selama suatu zaman atau suatu bagian dunia tertentu. Cabang-Cabang Filsafat

Anda suka dengan artikel Cabang-Cabang Filsafat ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Emansipasi Wanita Dan Konsep Mitra Sejajar. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cabang-Cabang Filsafat" :