RPP Berkarakter – Penanaman nilai-nilai kehidupan dalam pembelajaran sebenarnya telah ada dari dulu, meski tak dituliskan secara real dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sekarang, karakter itu ditampilkan secara nyata dalam RPP dan Silabus, sehingga disebut RPP dan Silabus Berkarakter. Kenapa? Entahlah. Saya sendiri tak tau arah perubahan administrasi pendidikan dan kurikulum di Indonesia. Saya mengamati pelaksanaan pendidikan di beberapa instansi pendidikan baik itu tingkat SD, SMP atau pun hingga SMA, pelaksanaan pendidikan setelah perubahan kurikulum berkali-kali juga tetap membuahkan hasil yang sama. Rendahnya kualitas pendidikan. Apakah pembuatan RPP SD Berkarakter, RPP Berkarakter di SMP dan RPP Berkarakter SMA dapat meningkatkan kualitas pendidikan? Kita tunggu hasilnya.

Lantas bagaimanakah contoh RPP Berkarakter itu?

RPP Berkarakter berarti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dalam penulisannya mencantumkan penanaman nilai-nilai kehidupan bagi peserta didik.

Aplikasi penanaman nilai ini akan dilakukan pada proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Contoh nilai yang akan ditanamkan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam adalah rasa keingintahuan, kemampuan berpikir secara logis, bertanggung jawab, peduli terhadap lingkungan, bergaya hidup sehat, menumbuhkan rasa percaya diri, kemampuan berfikir kritis, kreatif dan inovatif, menanamkan sikap jujur, menghargai keberagaman, meningkatkan disiplin siswa dan menumbuhkan kecintaan terhadap ilmu.

Contoh Aplikasi RPP Berkarakter dalam Pembelajaran

Berikut contoh aplikasi RPP Berkarakter. Pada proses eksplorasi, siswa dilibatkan untuk mencari informasi yang sesuai dengan topik dan tema yang akan dibahas. Ini memberikan kesempatan menumbuhkan rasa ingin tahu siswa, yang berarti juga akan menanamkan nilai berfikir kreatif, kemampuan berfikir logis. Dalam proses pencarian informasi ini, guru menjadi fasilitator yang menghubungkan siswa satu dengan lainnya. Ini akan menumbuhkan kemampuan bekerjasama antarsiswa.

Pada proses elaborasi, guru dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk rajin menulis dan membaca, memberikan tugas yang mampu memunculkan gagasan baru dalam pengetahuan, memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir secara bebas, hingga akhirnya tidak takut untuk bertindak tanpa rasa takut. Ini semua membantu penanaman rasa percaya diri siswa dan perasaan dihargai.

Pada proses konfirmasi, guru memberikan konfirmasi dan umpan balik yang positif terhadap proses pembelajaran yang telah terjadi pada tahap eksplorasi dan elaborasi. Jika siswa mengalami kesulitan, guru menjadi sang ahli yang dapat membantu menyelesaikan masalah. Dan akhirnya, ia juga menjadi motivator bagi perkembangan peserta didiknya.

RPP Berkarakter ini bisa saja menjadi rencana pembelajaran yang baik. Ingat, perencanaan yang sukses adalah setengah dari keberhasilan. Tapi juga tergantung guru mata pelajaran dalam pengaplikasiannya. Apakah anda telah memiliki contoh RPP Berkarakter? Ini dia RPP Berkarakter.

Salam …

Anda suka dengan artikel RPP Berkarakter ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Interaksi Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "RPP Berkarakter" :

Ditulis dalam Kategori RPP Berkarakter.