Cara Mengatasi Masalah Kenakalan RemajaStanley Hall adalah ahli pertama yang memandang perlu masa remaja diselidiki secara khusus, dan mengumpulkan bahan empiris.

Stanley Hall antara lain mengemukakan bahwa perkembangan psikis banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor fisiologi. Faktor-faktor fisiologi ditentukan oleh genetika disamping proses pematangan yang mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan. Sehingga dapat disimpulkan kurang berperannya lingkungan sosial budaya. Sebaliknya, ia juga mengemukakan bawha masa remaja merupakan masa penuh gejolak emosi dan ketidakseimbangan, yang tercakup dalam storm and stress. Dengan demikian remaja mudah terkena pengaruh oleh lingkungan. Remaja diombang ambingkan oleh munculnya:

  1. Kekecewaan dan penderitaan
  2. Meningkatnya konflik, pertentangan-pertentangan dan krisis penyesuaian
  3. Impian dan khayalan
  4. Keterasingan dari kehidupan dewasa dan norma kebudayaan

Perkembangan merupakan suatu proses belajar sosial yang berkesinambungan. Sebagai hasil belajar dan pengalaman dari lingkungan, maka muncullah perilaku yang baru, masyarakat dan lingkungan sekitar mempunyai harapan-harapan tertentu pada remaja. Melalui proses belajar sosial remaja belajar memenuhi harapan dan tuntutan terhadapnya.

Menyadari banyaknya tuntutan dan harapan lingkungan terhadap remaja E. Spranger mengemukakan bahwa pada masa remaja sangat memerlukan pengertian dari orang lain. Bantuan dapat diberikan melalui pemahaman tentang diri remaja.

Harapan masyarakat terhadap remaja dapat dipenuhi melalui suatu proses berkesinambungan dalam menjalankan tugas-tugas perkembangan. Sebagai hasil dari kinerja timbal balik yang majemuk antara pertumbuhan dari dalam dengan perangsangan dari lingkungan . tergantung dari reaksi lingkungan dan pemahaman lingkungan terhadap munculnya perubahan-perubahan akan timbul atau tidak masalah bagi remaja.

Beberapa tugas perkembangan bagi remaja

  1. Menerima keadaan fisiknya
  2. Memperoleh kebebasan emosional
  3. Mampu bergaul
  4. Menemukan model untuk identifikasi
  5. Mengetahui dan menerima kemampuan sendiri
  6. Memperkuat penguasaan dari atas dasar skala nilai dan norma. Cara Mengatasi Masalah Kenakalan Remaja

Anda suka dengan artikel Cara Mengatasi Kenakalan Remaja ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Paket Internet Unlimited XL. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mengatasi Kenakalan Remaja" :