Manfaat Pendelegasian Wewenang bagi Diri Sendiri – Mendelegasikan tugas dan bersamaan dengan itu, melimpahkan sebagian dari kekuasaan anda akan memberikan anda lebih banyak waktu, untuk mengerjakan hal-hal yang lain menrut anda penting. Ini membebaskan anda dapat menyerahkan usaha pada kegiatan-kegiatan prioritas tinggi seperti perencanaan dan inovasi serta untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan di unit atau bagian anda. Seperti ditegaskan dalam buku pedoman Ford, ada lebih dari cukup tugas yang dapat membuat anda sibuk.

Masalah atau keputusan besar biasanya akan lebih efektif ditangani dengan memecah-mecahnya secara sistematik kedalam komponen-komponen yang lebih sederhana dengan memanfaatkan tenaga orang lain untuk mengerjakan komponen-komponen ini, para manajer dapat mencapai hasil yang tidak mungkin dapat mereka kerjakan sendiri sebagai perorangan.

Bila dilakukan dengan semestinya, pendelegasian dapat memunculkan gagasan, pandangan dan cara-cara baru, mengerjakan sesuatu. Barangkali ada banyak situasi jika anda sebagai manajer menjadi begitu terbiasa dengan tugas atau keadaan tertentu sehingga tidak lagi mudah untuk menerapkan pendekatan yang baru dan segar. Pendelegasian menghasilkan ini dengan biaya yang minimal.

Menurut pendelegasian-pendelegasian anda dapat memanfaatkan dengan baik para ahli yang barangkali dibawah kendali anda. Meskipun anda juga mempunyai keahlian dibidang akuntasi, misalnya akan lebih baik untuk anggota lain yang profesinya memang akuntan untuk mengerjakan tugas anda atas nama anda sementara beralih ketugas non akuntansi.

Akhirnya, pendelegasian membuat anda tidak terjebak kedalam perangkap fatal berusaha menjadi orang yang tak tergantikan.

Manfaat Pendelegasian Wewenang bagi orang lain

Alasan pokok mengapa kita perlu mendelegasikan kepada orang lain adalah untuk mengembangkan dan melatih mereka, pendelegasian memang memberikan pengalaman pembelajaran penting langsung dilapangan yang tidak dapat digantikan dengan cara apapun.

Bila anda menyerahkan sebagian dari wewenang anda maka dari sudut pandang penerimaannya anda juga memperluas pekerjaan mereka dengan cara yang baru dan menyenangkan. Pemerkayaan pekerjaan merupakan bagian dari tanggung jawab umum anda sebagai manajer.

Riset telah menekankan keagunan partisipasi serta konsultasi dalam menghasilkan komitment terhadap orang lain terhadap keputusan penting dan bijaksana anda dapat memotivasi orang lain serta mendorong kesediaan yang lebih besar untuk menerma perubahan.

Akhirnya, menerima pendelegasian untuk mengerjakan sesuatu menunjukkan  bahwa penerima dipercaya. Perasaan dipercaya ini, merupakan pengalaman yang menyenangkan dan memotivasi. Orang mendapat kesempatan untuk menghidupkan apa yang dilakukannya dan hal itu sering mendorong pencerahan energi, semangat dan kreativitas yang luar biasa.

Anda suka dengan artikel Manfaat Pendelegasian Wewenang Bagi Diri Sendiri Dan Orang Lain ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Materi Matematika SMA Kelas XI & XII (IPA & IPS). Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Manfaat Pendelegasian Wewenang Bagi Diri Sendiri Dan Orang Lain" :

Ditulis dalam Kategori Leadership.