Ramadhan dan Maraknya Quiz di Televisi. Bentar lagi Ramadhan, Jadwal Puasa | Imsakiyah Ramadhan 2011 telah mulai menjadi keyword unggulan di dunia maya. Haha .. Dasar orang kurang kerjaan, sukanya nyari sensasi. Orang data yang diberikan juga gak valid, bisa-bisa menyesatkan para ‘pencari kebenaran’. Xixi … Begitu juga dengan SMS Puasa Ramadhan sekarang sudah mulai dikumpulkan untuk dikirim melalui SMS gratis lewat internet. Apaan coba?! Serius deh. Plis …

Ada Apa dengan Ramadhan?

Ramadhan itu masa yang indah. Saya mengalami banyak kenangan masa kecil tentang Ramadhan dan dunia religi yang terjadi di dalamnya. Tentunya Anda juga kan?! :-) Rutinitas layaknya sahur bersama keluarga, shalat jamaah di masjid tiap waktu tiba, ngabuburit bareng, berbuka puasa bersama, tarawih, tadarus. Hmm .. Menyenangkan sekali mengenangnya.

Dulu, waktu masih sekolah di tingkat menengah umum, tiap malam Bulan Ramadhan selalu tidur di masjid bersama teman-teman. Bangun jam 3 subuh untuk memukul bedug, membangunkan orang sekitar. Tahun-tahun belakangan ini kegiatan seperti itu dah jarang. Anak-anak dah lebih kreatif, mereka membangunkan penduduk dengan menyanyi diiringi gitar, mengelilingi kampung. Lagunya asyik …

Sahur … sahur .. sahur … Ayo kita sahur … 2x

Bapaknya Alwan … Bangunlah sahur .. Kumpul bersama, sekeluarga.

Sudah sudah mi tu tidur, sudah jam 3 subuh … 2x

Lagu ini hanya ada saat Ramadhan. Wew. Kenangannya dalem banget.

Ramadhan tahun ini akan jadi Ramadhan yang lebih istimewa bagi saya. Selain karena kini telah ada Alwan, ketenangan Ramadhan pasti lebih bermakna bersama keluarga. Dulu waktu masih muda *jiah*, sering kali mungkin ada ibadah yang niatnya tak murni tulus pada Tuhan. Haha .. Yang pernah muda pasti paham. Ada beberapa unsur plus pada Ramadhan. Asyik sih. Ramadhan bagi anak muda memang sesuatu yang luar biasa. Apalagi yang punya wewek. Wew.

Maraknya Quiz di Televisi Saat Ramadhan

Ramadhan juga masa panennya artis. Pelawak sejenis Sule akan online di Tivi dari malam hingga subuh. Tak ketinggalan quiz-quiz yang menawarkan hadiah bejibun. Saya heran, entah kenapa tiap Ramadhan acara semacam ini begitu marak. Mungkin karena memang kegiatan orang rumah lebih sering di depan Tivi. Hingga rating semua chanel naik. Waktu menonton jauh lebih lama dibandingkan hari biasa. Ya, apalagi jika liburan sekolah dalam rangka Ramadhan tlah tiba. Bisa seharian ditambah semalaman di depan layar.

Saya sendiri sama sekali tidak tertarik dengan quiz-quiz yang ditayangkan. Mikirnya, halah … mana mungkin mo dapet. Orang nelpon gitu aja susahnya minta ampun. Hahah … Juga gak pernah mencoba sih. Gak pernah berharap mendapatkan rejeki nomplok dari undian atau quiz. Saya lebih seneng berharap dan meminta rezeki dari Allah lewat jalan yang telah biasa.

Saya pribadi menganggap quiz-quiz seperti itu tidak mendidik masyarakat. Setiap orang yang mengharapkan kesuksesan dan uang banyak secara instan mah pasti gak akan sukses. Harapan yang terlalu tinggi untuk menang kuis jstru akan merendahkan rasa syukur atas nikmat yang telah ada sebelumnya. Ini hampir sama dengan main judi. Modal sedikit, maunya menang banyak, tanpa usaha. Parahnya kalo terus gak dapat hadiah. Aiyyah .. Pasti nyesel karena pulsanya habis buat SMS dan nelpon. haha …

Ambil saja contoh quiz SuperDeal 2 Milyar *meski tak tayang saat Ramadhan, intinya sama*. Seseorang diantara penonton mungkin akan menyesalkan perbuatan pemain quiz karena telah menolak hadiah yang lebih banyak, akibat salah pilih. Penyesalan itu mungkin sejenak saja, tapi pada intinya ada perasaan kecewa dan sebel, atau malah sebuah pikiran “Andai saya yang menang …”. Nah loe …!

Yah, berhati-hati saja. Setidaknya sebagai hamba yang baik, Ramadhan mestinya diisi dengan kegiatan yang bermanfaat layaknya ngaji dan tadarus. Hindari kegiatan yang justru menjauhkan diri dari Tuhan. Ya to?!

Apakah sahabat pernah ikut quiz Ramadhan?

Salam ..

Anda suka dengan artikel Ramadhan Dan Maraknya Quiz Di Televisi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang SMS Puasa Ramadhan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Ramadhan Dan Maraknya Quiz Di Televisi" :