Contoh Proposal. Deklarasi kemerdekaan bangsa Indonesia 17 Agustus 1945  penuh dengan perjuangan, tetesan darah dan air mata telah mengalir demi mencapai kemerdekaan bangsa Indonesia yang berada dalam penjajahan koloni. Aura perjuangan para pejuang Kemerdekaan  dan pahlawan nasioanal masih membakar semangant generasi meda untuk terus berjuang dalam membangun bangsa ini dan mengisi kemerdekaan.

66 tahun Pasca proklamasi kemerdekaan, bangsaIndonesia   telah dipimpin oleh empat putra terbaik bangsa. Begitu banyak halangan dan tantangan yang telah terlewati. baik dikarenakan faktor internal kebangsaan atau eksternal. Krisis ekonomi, pendidikan, politik merupakan bagian dari icon yang harus diperbaiki  secara bersama oleh rakyatIndonesia. Keterpurukan yang dialami bangsaIndonesiasaat ini  memberikan pelajaran bagi rakyatIndonesiadalam membangun bangsaIndonesiayang memiliki kekayaan alam bagitu banyak namun sumber daya manusia tidak menunang.

Jika kita melirik pada negara Jepang dan Jerman yang bangkit dari kehancuran maka bangsaIndonesiamengambil pelajaran dari proses bangkitnya kedua negara tersebut.  Sejarah telah mencatat bahwa sumber daya manusia (SDM)  yang berkuitas dari suatu negara merupakan andalan utama untuk pembangunan negara yang bersangkutan.meskipun suatu negara memiliki sumber daya alam yang berlimpah, seperti minyak bumi, mineral, huta, kekayaan laut, obyek wisata, dan lain-lain namun tampa didukung oleh sumber daya manusia yang memadai, maka negara tersebut cenderung akan terus akan tetap saja terbelakang. Dalam kaitan hal ini, masalah peningkatan kualitas SDM merupakan masalah yang menonjoldan perlu didiskusikan secara serius, terutama di negara-negara yang sedang berkembang, termasuk diIndonesia.

Pertayaan bagi kita adalah langkah apa yang harus ditempuh untuk memperbaiki dan mengisi pembangunan pasca kemerdekaan bangsa Indonesia Pertama. Meskipun infrastruktur hancur, komunitas ilmiahnya tidak ikut hancur. Komunitas ilmiah inilah yang kemudian menjadi tlang punggung pembangunan aau sebagai SDM yang kemudian digunakan untuk membangun kembali kedua negra tersebut. Kedua, kulitas SDM yang memadai itu ditunjukan dengan penguasaan mereka terhadap ilmu pengetahuan dan tekhnology. Ketiga, selain itu faktor kebudayaan juga cukup berperan dalam mempercepat pembangunan kembali negara jepang dan jerman. Jadi meskipun infrastruktur yang dimiliki hancur, tetapi kebudayaan yang menjadi identitas kebangsaannya (khususnya kebudayaan Intelektual) tidak ikut hancur. contoh proposal

Contoh Proposal : Perayaan 17 Agustus

A. LATAR BELAKANG

66 Tahun bukan waktu yang cukup singkat untuk berkembang, dapat dipahami bahwa pasca kemerdekaan sifat Nasionalisme rakyat ndonesia harus dipertahankan dalam rangka mencegah perpecahan sesama rakyat Indonesia yang berdiri dalam Bhineka Tunggal Ika. Nasiaonalisme yang tinggi telah menjadi citra bangsaindonesia yang begitu kompleks dengan perbedaan. Tanggal 17 Agustus yang ditetapkan sebagai hari kelahiran bangsaIndonesia, menjadi sebuah moment untuk memupuk rasa nasionalisme generasi muda bangsaIndonesia. Memerangi segala hal yang dapat merusak bangsa ini, khususnya genersi muda bangsaIndonesia.

            Narkotika, Obat-Obat Terlarang dan Minuman Keras merupakan bagian yang dapat merusak pemuda Indonesia sebagai generasi pelanjut perjuangan sehingga perlu di antisipasi dengan membangn kesadaran para genarisi pelanjut untuk menjauhi hal tersebut. Oleh karena pada HUT Republik Indinesia yang ke-66, kami dari Remaja POTLOT 14 turut memperingati hari lahir bangsa Indonesia sebagai upaya membagun rasa nasionalisme masyarakat khususnya pemuda dan membagun kesadaran para remaja sebagai generasi pelanjut perjuangan untuk membangun bangsa ini dengan menjauhi dan menghilangkan segala hal yang dapat merusak bangsa ini. terkhusus pada Narkoba dan Miras.

            Perjuangan bangsaIndonesiamasih panjang untuk lebih maju. Membangun sumber daya manusia yang kompetitif, serta mengelola sumber daya alam secara profesional. Merupakan suatu hal yang harus dipersiapkan dalam menunjang perjalanan bangsaIndonesia. contoh proposal

B. N A M A  

kegiatan ini bernama : SEMARAK PERAYAAN HUT REPUBLIK INDONESIA

C. T U J U A N

Umum :

  • Membangun rasa Nasionalisme
  • Meningkatkan kesadaran akan besarnya jasa-jasa pejuang kemerdakaan dan nasional dalam merebut kemerdekaan bangsa Indonesia
  • Sebagai upaya untuk membangun kasadaran generasi palanjut dalam melanjutkan perjuangan para pejuang, dengan membangun bangsa ini tampa perpecahan.
  • Membangun langkah-langkah yang menuju kepada kegaiatan yang tidak menjurus pada pengunaan Narkoba dan Minuman keras.

Khusus :

  • Sebagai bentuk membangun rasa Nasionalisme para generasi pelanjut dalam membagun bangsa ini.
  • Menciptakan suasana/lingkungan kondusif untuk memudahkan para remaja dalam menuangkankan kretifitasnya dalam merayakan HUT RI yang ke-60.
  • Meningkatkan kemampuan mengantisipasi perpecahan antar sesam rakyat Indonesia dan menghargai berbagai perbedaan dalam upaya untuk tetap berdiri dalam Bhineka Tunggal Ika
  • Terciptanya kesadaran akan tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia kedepan
  • Terbinanya semangat nasionalisme dengan langkah aplikatif menjalangkan kegiatan-kegiatan positif dalam peran aktif pemuda.

D. TEMA

Kegiatan  ini bertema : “ Terbinanya Semangat Nasionalisme Pemuda tampa Narkotika dan Minuman Keras” 

E. PESERTA

Peserta kegiatan ini terdiri dari  Unsur masyarakat terkhusus pada remaja

F. BENTUK KEGIATAN

  • Anak Ceria
  1. Tusuk jarum
  2. Tari
  3. Tusuk balon
  4. Lari karung
  5. Tusuk air
  6. Hias Sepeda
  • Keolahragaan
  1. Catur
  2. Bulu Tangkis
  3. Tennis Meja
  4. Footsall
  5. Lari Sprint
  6. Volly ball
  7. Tarik Tambang
  • Keterampilan
  1. Karoke
  2. Panjat Pinang
  3. Domino
  • Pentas Ekspresi 17

H. WAKTU DAN TEMPAT

Semarak perayaan Hut Republik Indonesia ke-66 Diadakan Mangasa Kecamatan Tamalate, pada tanggal 10 – 28 Agustus 2011.

I. PENYELENGARA

Semarak perayaan Hut RepublikIndonesiake-60 di adakan oleh Remaja Potlot 14 Mangasa. Dengan membentuk susunan kepanitian sebagaimana terlampir.

J. ANGGARAN

Adapun anggaran yang kami butuhkan sebesar 26.480.000  ( Dua Puluh Enam Juta Empat Ratus delapan Puluh Ribu Rupiah). dengan rincian estiamsi anggaran terlampir

H. SUMBER DANA

Dana kegiatan ini di upayakan bersumber dari :

  • Pemerintah Propinsi Sulawesi – Selatan
  • Pemerintah Kota Makassar.
  • Swadaya kepanitiaan
  • Lembaga yang memiliki perhatian pada kegiatan pemuda
  • Sumber lain yang tidak mengikat .

J. PENUTUP

Demikian kerangka acuan ini kami buat sebagai landasan dalam berbuat . semoga apa yang kita lakukan senantiasa bernilai ibadah di sisi-Nya. Amin .

Anda suka dengan artikel Contoh Proposal : Perayaan HUT RI 17 Agustus ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Contoh Proposal : Pendidikan Remaja “Desiminasi HIV/AIDS & Narkotika”. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Contoh Proposal : Perayaan HUT RI 17 Agustus" :