Setelah sebelumnya kita membahas Sistem Manajemen dan Sistem Informasi Manajemen, kini kita akan membahas lebih lanjut tentang SIM Berbasis Komputer.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer

Sistem adalah seperangkat unsur-unsur yang saling terkait yang secara kolektif membentuk kesatuan. Suatu Sistem informasi manajemen yang berbasis komputer (komputer-based management information Sistem) terdiri dari manusia, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), data, prosedur-prosedur organisasi yang saling berinteraksi untuk menyediakan data dan informasi yang tepat pada waktunya kepada pihak-pihak di dalam maupun di luar organisasi yang berkompeten. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer.

SIM berbasis manajemen  adalah SIM yang menempatkan perkakas pengolah data komputer dalam kedudukan yang penting.

Beberapa alasan mengapa komputer merupakan perkakas yang sangat penting di dalam SIM modern adalah sebagai berikut:

  • Berkenaan dengan kemampuan komputer untuk mengola data. Kemampuan komputer lebih unggul dari pada kemampuan otak manusia. Walaupun pengambilan keputusan tetap dilakukan oleh manusia. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer
  • Teknologi otomatis melalui komputerisasi sudah tersedia di mana-mana dan dapat diperoleh dengan mudah dan murah.

Unsur-unsur SIM Berbasis Komputer

Secara garis besar SIM berbasis komputer mengandung unsur-unsur sebagai berikut:

a. Manusia

Setiap SIM yang berbasis komputer harus memperhatikan unsure manusia supaya Sistem yang diciptakan bermanfaat. Hendaknya diingat bahwa manusia merupakan penentu keberhasilan suatu SIM dan hanya manusia yang akan memanfaatkan informasi yang dihasilkan oleh SIM. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer

Jadi dapat dikatakan manusia adalah para staff komputer professional dan para pemakai (komputer used).

b. Perangkat keras (hardware)

Istilah perangkat keras menunjuk kepada perkakas mesin. Perangkat keras tersebut terdiri dari Central Processing Unit (CPU), perkakas pendukung (output devices), perkakas penyimpan (memori), dan perkakas komunikasi.

c. Perangkat lunak (software)

Istilah perangkat lunak merujuk kepada program-program komputer beserta petunjuk-petunjuk (manual) pendukungnya. Program komputer adalah instruksi-instruksi yang dibaca oleh mesin yang memerintahkan bagian-bagian dari perangkat keras SIM berbasis komputer untuk berfungsi sedemikian rupa sehingga menghasilkan informasi yang bermanfaat dari data yang tersedia.

d. Data

Data dalah fakta-fakta yang akan dibuat menjadi informasi yang bermanfaat. Data tersebut yang akan dipilah, dimodifikasi, atau diperbaharui oleh program-program supaya menjadi informasi.

e. Prosedur

Prosedur adalah peraturan-peraturan yang menentukan operasi Sistem komputer. Misalnya setiap akses operator komputer kepada pengelola induk harus dilaporkan waktu dan otoritasnya

Pelaksanaan SIM Berbasis Komputer

Secara teknis pelaksanaan SIM Berbasis Komputer meliputi empat tahapan yaitu:

a)      Input. Perkakas input berfungsi menyediakan data mentah ke komputer sistem.

b)      Pengolahan. Data yang telah diinput kemudian diolah tau diproses oleh CPU sesuai dengan instruksi-instruksi yang diberikan oleh perangkat lunaknya.

c)      Penyimpanan. Pada saat komputer menjalankan fungsinya, ia mengalirkan dan menyimpan data dalam ruang elektronik yang disebut memori.

d)     Output. Setelah informasi diperoleh, informasi tersebut diberikan kepada perangkat output.

Sistem Operasi Komputer Modern

Sistem operasi komputer modern dapat memperbaharui atau meremajakan (meng-update) data dari sumber-sumber data dengan cara sebagai berikut:

  1. Sistem pengolaan data gugus/ tumpukan. Sistem ini merupakan Sistem pengolahan atau pembaharuan data yang lama tetapi relative murah. Transaksi, kegiatan operasional atau catatan-catatan penting dalam organisasi dikumpulkan dalam gugus-gugus, dan secara periodic diolah untuk digabung dengan berkas/ file induknya.
  2. Sistem pengolaan waktu-nyata. Dengan sistem pengolahan ini, pembaharuan data dilakukan langsung pada file maupun basis data (database) seperti: pemesanan tiket pesawat udara. Segera sesudah satu tempat duduk terjual, jumlah tempat duduk yang masih tersedia disesuaikan sehingga agen yang terhubung dengan Sistem itu akan tahu secara tepat berapa tempat dudukyang masih tersisa dipenerbangan tertentu.

Anda suka dengan artikel Sistem Informasi Manajemen (SIM) Berbasis Komputer ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Sistem Informasi Manajemen. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Sistem Informasi Manajemen (SIM) Berbasis Komputer" :