Sebelum membahas tentang Efektivitas Penilaian Portofolio dalam Meningkatkan Hasil Belajar, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu pengertian portofolio.

Pengertian Portofolio

Para ahli pendidikan menggunakan istilah portofolio untuk suatu proses pendokumentasian segala bentuk karya anak didik selama dalam proses pendidikan.

Dalam dunia pendidikan, portofolio adalah kumpulan hasil karya seorang siswa, sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja, yang ditentukan oleh guru atau oleh siswa bersama guru, sebagai bagian dari uasaha mencapai tujuan belajar, atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum. Jadi, tidak setiap kumpulan karya seorang siswa disebut portofolio. Portofolio dalam arti ini, dapat digunakan sebagai instrumen penilaian atau salah satu komponen dari instrumen penilaian, untuk menilai kompetensi siswa, atau menilai hasil belajar siswa. Portofolio demikian disebut juga ‘portofolio untuk penilaian’ atau ‘portofolio penilaian’.

Sebagai instrumen penilaian, portofolio difokuskan pada dokumen tentang kerja siswa yang produktif, yaitu ‘bukti’ tentang apa yang dapat dilakukan oleh siswa, bukan apa yang tidak dapat dikerjakan (dijawab atau dipecahkan) oleh siswa. Bagi guru, portofolio menyajikan wawasan tentang banyak segi perkembangan siswa dalam belajarnya: cara berpikirnya, pemahamannya atas pelajaran yang bersangkutan, kemampuannya mengungkapkan gagasan-gagasannya, sikapnya terhadap mata pelajaran yang bersangkutan, dan sebagainya. Portofolio penilaian bukan sekedar kumpulan hasil kerja siswa, melainkan kumpulan hasil siswa dari kerja yang sengaja diperbuat siswa untuk menunjukkan bukti tentang kompetensi, pemahaman, dan capaian siswa dalam mata pelajaran tertentu. Portofolio juga merupakan kumpulan informasi yang perlu diketahui oleh guru sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan langkah-langkah perbaikan pembelajaran, atau peningkatan belajar siswa.

Pengertian yang senada dikemukakan oleh Johnson dan Johnson dalam Irmawati Nasra yang mendefinisikan portofolio sebagai                 “an organized collection of evidence accumulated over time on a student’s or group’s academic progress, achievements, skills, and attitudes”[1]

Untuk mengembangkan kompetensi siswa dari hasil proses pembelajaran matematika, penilaian yang digunakan tidak sekedar memberikan pekerjaan rumah (PR) bagi siswa dan melaksanakan tes tradisional karena tidak akan memberikan informasi secara menyeluruh dan memadai tentang kinerja siswa.

Tetapi, yang lebih tepat adalah penerapan penilaian yang berkelanjutan yang mengacu pada keberlangsungan proses belajar, dan sistem penilaian yang berbasis kelas. Salah satu alternatif penilaian untuk tujuan tersebut adalah portofolio.

Khusus dalam penerapan portofolio dalam pembelajaran matematika Crowley menyebutkan pengertian portofolio matematika seperti berikut ini.

The mathematics portfolio is a collection of selected student work. It can display a student’s best or most significant efforts across a range of mathematical activities or couple early work with later and stronger work to illustrate a student mathematical progress . [2]

Paulson dalam Elin Rusoni mendefinisikan portofolio sebagai kumpulan pekerjaan siswa yang menunjukkan usaha, perkembangan dan kecakapan mereka dalam satu bidang atau lebih.[3] Kumpulan ini harus mencakup partisipasi siswa dalam seleksi isi, kriteria seleksi, kriteria penilaian, dan bukti refleksi.

Dalam hal penggunaannya pada pembelajaran matematika, portofolio merupakan koleksi pekerjaan-pekerjaan matematika siswa yang menampilkan pekerjaan siswa yang terbaik sebagai hasil kegiatan belajar matematikanya. Portofolio ini dapat menampilkan pekerjaan lama dan pekerjaan terbaru dari siswa sehingga terlihat kemajuan belajar matematikanya. Isi dari portofolio akan mendasari pengembangan program pengajaran.


[1] Irmawati Nasra, Implementasi pembelajaran Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar  Matematika Pada Kelas VII MTs. NEG. I. Bontotanga Kab. Bulukumba, FKIP UNISMUH Makassar, 2006, hal 28

2 Crowley, Assessment of portofolio,California, 1993, hal.544

3 Elin Rusoni, Journal, Paper, Artikel, Makalah of Mathematic, www.mathematic.transdigit.com, 2006, hal 1

Anda suka dengan artikel Apa Itu Portofolio? ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pembelajaran Matematika Menurut Paham Konstruktivisme. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Apa Itu Portofolio?" :

Ditulis dalam Kategori Metode Pembelajaran.