Setelah membahas tentang Pengertian Mutu Pendidikan pada postingan sebelumnya, kini kita akan membahas beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan mutu pendidikan.

Studi demi studi megidentifikasi pentingnya keterlibatan orang tua dalam keberhasilan siswa secara efektif meningkatkan keterlibatan orang tua. Mutu sangat ekonomi sering menjadi penentu tingkat dukungan orang tua. Mutu sangat menyambut baik keterlibatan orang tua di kelas sebagai tim pemecahan masalah dan sebagai mitra sejajar dalam proses pendidikan. Dalam paradigma mutu, orang tua merupakan pemasak (siswa) sekaligus kostumer (sebagai anggota masyarakat yang mengambil manfaat utama dari proses pendidikan siswa dan pekerjaan yang kemudian di gelutinya).[1]

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Mutu Pendidikan

Mortimore, dalam bukunya Hendyat Soetopo mengemukakan beberapa faktor yang perlu dicermati agar kualitas pendidikan dapat di tingkatkan :

  1. Kepemimpinan yang positif dan kuat. Tidak dapat di pungkiri, bahwa faktor kepemimpinan yang di terapkan sangat menentukan peningkatan mutu pendidikan.
  2. Harapan yang tinggi : Tantangan bagi berfikir siswa. mutu pendidikan dapat di peroleh jika harapan yang di terapkan kepada peserta didik memberikan tantangan kepada mereka untuk berkompetisi mencapai tujuan pendidikan.
  3. Monitor terhadap kemajuan siswa. aspek monitor menjadi penting karena keberhasilan siswa tak akan terekam dengan baik tanpa adanya aktivitas monitoring.
  4. Tanggungjawab siswa dan keterlibatannya dalam kehidupan sekolah. Pendidikan akan berkualitas jika menghasilkan lulusan yang bertanggungjawab, disiplin, kreatif, dan trampil.
  5. Intensif dan hadiah. Penerapan pendidikan yang memberikan hadiah dan intensif bagi keberhasilan pendidikan akan meningkatkan usaha belajar siswa.
  6. Keterlibatan orang tua dalam kehidupan sekolah. Faktor ini telah menjadi klasik sebagai realisasi dari tanggungjawab pendidik.
  7. Perencanaan dan pendekatan yang konsisten.[2]

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Mutu Pendidikan

Selain dari faktor di atas ada juga terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan mutu pendidikan antara lain :

  1. Faktor tujuan pendidikan.
  2. Faktor masukan atau imput pendidikan.
  3. Faktor manajemen dan supervisi pendidikan.
  4. Faktor personel pendidikan (siswa, guru, staf, kepala sekolah, pengawas)
  5. Faktor sarana dan prasarana pendidikan (kurikulum, fasilitas, peralatan, belajar, gedung, bengkel, perpustakaan dan lain-lain).
  6. Faktor instansional (semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan pendidikan).
  7. Faktor ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang di pelajari siswa.[3]


[1] Yosal Iriantara, Terjemahan  Pendidikan Berbasis Mutu, (Cet: IYogyakarta, Pustaka Belajar, 2005) h. 72.

[2] Hendyat Soetopo, Pendidikan dan Pembelajaran, (Cet: I Malang, UMMMalang, 2005) h. 94-96.

[3] Ibid, h. 96.

Anda suka dengan artikel Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Mutu Pendidikan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Mutu Pendidikan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Mutu Pendidikan" :

Ditulis dalam Kategori Motivasi Belajar.