Berikut ini saya akan memberikan cara menentukan arah dengan kompas. Artikel ini masih kelanjutan dari bahasan geologi sebelumnya, yakni Pengenalan Sesar di Lapangan dan  Pemakaian Kompas dalam Pemetaan. Ayo dilanjutkan belajarnya.

Cara Menentukan Arah dengan Kompas

Pada dasarnya penentuan arah dengan memakai kompas, dapat dilakukan dengan memakai semua jenis kompas, dalam hal ini akan dibahas pemakaian kompas yang mempunyai pembagian derajat 0o – 360o. Tata cara pemakaian dengan baik agar supaya diperoleh suatu nilai pengukuran yang bermutu tinggi, dan anjuran agar supaya mengikuti tata tertib pemakaian kompas sebagai berikut :

  1. Keluarkan kompas dari sarungnya, dan periksalah dengan baik kelincahan gerak jarum kompas dengan posisi gelembung udara nivo (‘bull’s eye level’) berada tepat ditengah lingkaran merah. Apakah tidak ada hambatan gerak jarum kompas oleh karena bersentuhan dengan gelas penutup.
  2. Apabila kompas dalam keadaan sulit untuk bergerak bebas, jangan langsung dibuka sendiri gelas penutup kompas (berkonsultasikan dengan asisten / teknisi).
  3. Apabila sudah seimbang sempurna, peganglah kompas pada posisi kompas diletakkan diatas telapak tangan dan dilengketkan pada perut agar supaya tidak mudah goyah sambil  meluruskan pengarah ke objek dengan tetap mempertahankan posisi gelembung ditengah-tengah nivo.
  4. ‘Sighting arm’ (‘lengan pengarah’) dibuka horizontal dan ‘peep sight’ ditegakkan dan diarahkan ke objek, dalam keadaan kompas tetap seimbang.
  5. Setel cermin pengarah sehingga titik objek terlihat pada cermin masuk ke lobang pengarah dan terletak pada garis poros cermin sambil tetap mempertahankan kompas (perhatikan gelembung udara pada nivo, harus tetap berada ditengah lingkaran)
  6. Pembacaan dilakukan apabila jarum sudah diam.
  7. Catat nilai / angka yang ditunjuk pada kertas blanko yang disiapkan (table berikut) Cara Menentukan Arah dengan Kompas
  8. Posisi kompas dapat pula dengan meletakkan kompas sejajar atau setinggi dengan posisi mata, kedudukan kompas terbalik dimana ‘sighting arm’ pada posisi belakang dekat dengan mata dan didepan valve dibuka kurang lebih 45o sehingga pembacaan nilai arah kompas tampak pada bayangan cermin.

Menentukan Sudut Kemiringan Permukaan Tanah dan Lereng dengan Klinometer

  1. Harap diperhatikan, Posisi pengukur dan objek harus dalam keadaan tetap, tidak bergeser, letakkan kompas sejajar mata pada posisi kompas dimiringkan dengan nivo tabung pada posisi atas dan peep sight didepan mata.
  2. Tekuk cermin kompas kira-kira 45
  3. Arahkan kompas ke objek melalui lobang intip ‘peep sight’ dan ‘sighting windows’
  4. Setel klinometer dengan cara memutar alat penyetel klinometer dibelakang kompas, sehingga bayangan nivo tabung klinometer seimbang yang nampak pada cermin.
  5. Tetapkan pembacaan lepaskan tangan pada alat penyetel klinometer, pembacaan nilai kemiringan lereng dapat dibaca dengan terlebih dahulu menurunkan kompas dari sejajar dengan mata ke posisi terletak depan perut agar supaya pembacaan dapat seakurat mungkin.
  6. Catat hasil pembacaan angka / nilai pada table tersedia (lihat table dibawah). Cara Menentukan Arah dengan Kompas

Anda suka dengan artikel Cara Menentukan Arah Dengan Kompas ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Pemetaan Geologi | Pemakaian Kompas Dalam Pemetaan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Menentukan Arah Dengan Kompas" :