Luas Permukaan Daun. Dear sahabat … Kemarin kita membahas tentang Pengaruh Panjang Gelombang terhadap Pertumbuhan Jagung, sekarang kita akan membahas tentang luas permukaan daun jagung.

Sebuah pengetahuan luas permukaan daun sangat penting bagi banyak tanaman dan ekologi studi fisiologis. pengukuran Konvensional berdasarkan dimensi daun yang selalu sulit dan sering hanya perkiraan.  Metode lain bertujuan untuk meningkatkan kecepatan dan keakuratan pengukuran, seperti teknik fotoelektrik, hanya benar-benar berlaku untuk spesies berdaun lebar.

Luas Permukaan Daun

Untuk microphyllous dan berdaun jarum spesies-satunya metode yang dapat dipercaya sejauh ini telah menghitung area permukaan daun sampel yang dipilih dari pengukuran panjang dan lingkar, kemudian untuk memperkirakan nilai untuk seluruh pucuk berdasarkan jumlah atau bobot segar daun.  Doronichev  telah berusaha untuk menyederhanakan pengukuran untuk tunas pohon  jarum dengan menentukan adsorpsi rnethylene biru dari larutan air pada asumsi bahwa suatu lapisan monomolecular terbentuk di permukaan dan bahwa setiap metilen mg biru terserap sesuai dengan luas permukaan sebesar 1,05 m 2.  Untuk tunas tumbuhan yang paling, Namun, perubahan konsentrasi biru metilen jauh terlalu kecil untuk diukur secara akurat dengan menggunakan foto standar-densitometer (Thompson, 1971).
Daun jagung adalah daun sempurna. Bentuknya memanjang. Antara pelepah dan helai daun terdapat ligula. Tulang daun sejajar dengan ibu tulang daun. Permukaan daun ada yang licin dan ada yang berambut. Stoma pada daun jagung berbentuk halter, yang khas dimiliki familia Poaceae. Setiap stoma dikelilingi sel-sel epidermis berbentuk kipas. Struktur ini berperan penting dalam respon tanaman menanggapi defisit air pada sel-sel daun (Laksmiarti, 2009).
Melalui proses fotosintesis tanaman menyerap cahaya melalui daun mereka dan menggunakannya untuk memecah molekul air menjadi hidrogen dan molekul oksigen. Oksigen dilepaskan ke atmosfir dan hidrogen dikombinasikan dengan dioksida karbon dari atmosfer untuk membuat gula untuk memberi makan pabrik.  Jelas bahwa kemampuan tanaman untuk membuat makanan tergantung pada luas permukaan daunnya.  Untuk menentukan luas permukaan daun cahaya bersinar vertikal di daun yang diselenggarakan secara horizontal, menelusuri dan mengukur bayangan dengan pengelompokan ke geometri.  Untuk menentukan model geometrik yang mungkin serupa dan memungkinkan seseorang untuk mendekati permukaan menggambar persegi di sekitarnya atau bayangannya (Anonim, 2010b).

Luas Permukaan Daun

Tinggi tanaman  dan jumlah daun tanaman jagung.

Pengamatan

Minggu ke-

1

2

3

4

5

6

7

8

9

Tinggi tanaman(cm)

18

26

55

58

91

110

117

123

127

Jumlah daun

4

7

9

11

13

14

15

16

17

Sumber: Rekapitulasi data kelompok

  Luas permukaan daun = Berat Replika Daun : Berat Kertas x Luas Kertas

                                        =0,62 gram : 3,80 gram x 56,5 cm

                                        =9,22 gram

        Dari hasil pengamatan diatas, tinggi tanaman yang tertinggi adalah minggu  ke-8 yaitu 12 cm, sedang  jumlah daun yang banyak  adalah  pada minggu ke-9  yaitu 16. Faktor – faktor internal yang mempengaruhi tinggi tanaman adalah kualitas biji yang baik. Selain itu, faktor internal lain yang memperngaruhi pertumbuhan tanaman adalah Imbibisi dan berat biji. Imbibisi atau kemampuan biji dalam menyerap air sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Berat biji juga berpengaruh dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman karena semakin berat biji yagn ditanam, maka semakin banyak cadangan makanan yang disimpan biji untuk keberlangsungan hidupnya. Sedang faktor eksternal antara lain tanah yang meliputi penyediaan hara yang kontinyu,  drainase dan airase tanah harus baik,  pH dan juga ketinggian media tanam. Selain itu, asupan cahaya, mineral, air yang cukup dan berimbang juga menentukan keberhasilan pertumbuhan  dan perkembangan tanaman  jagung.

Dari hasil pengamatan data rekapan yang di dapat, luas permukaan daun yang digunakan adalah luas daun jagung,  luas permukaan daun dapat dihitung dengan cara mencari berat replika daun dibagi dengan berat kertas dikalikan dengan luas kertas yaitu 0,62 gram dibagi 3,80 gram dikalikan 56,5 gram. Dari hasil jumlah yang didapat Luas permukaan daun jagung adalah 9,22 gram.

Anda suka dengan artikel Luas Permukaan Daun ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Makalah Otonomi Daerah. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Luas Permukaan Daun" :