Cara Membuat Tempe yang Enak. Siapa yang tak kenal tempe? Saya yakin sebagian besar orang Indonesia mengenal makanan yang terbuat dari hasil fermentasi kedelai ini. Di Indonesia, tempe sering diidentikkan dengan makanan orang kelas rendahan. Layaknya kata yang biasa kita dengar : “Hanya makan tahu dan tempe”. Wah … padahal tempe kini tak hanya dikonsumsi oleh orang Indonesia. Bule di luar negeri sana juga memakan tempe.
Apalagi bagi yang vegetarian (orang yang hanya mengkonsumsi sayur mayur), kandungan gizi tempe dapat menjadi alternatif pemenuhan kebutuhan protein mereka.
Sejarah mengatakan bahwa asal mula kata tempe adalah tumpi. Tumpi sendiri adalah sebuah panganan dari tepung sagu yang berwarna putih. Pada zaman penjajahan Hindia Belanda dulu, tempe yang bentuknya hampir sama dengan tumpi ini akhirnya mendapatkan sebutannya. Tempe adalah makanan steril yang bahan utamanya adalah kedelai, warna putihnya dikarenakan hasil fermentasi ragi (kapang Rizhopus). Tempe mengandung banyak sekali protein yang berguna bagi pertumbuhan tubuh. Secara tempe memiliki bahan baku kedelai, salah satu kacang-kacangan yang proteinnya termasuk dalam kelas yang tinggi. 
Selain sebagai penghasil protein, tempe juga memiliki antioksidan yang sangat berguna untuk mencegah penyakit degeneratif. Juga mengandung serat pangan, kalsium yang cukup dan Vitamin B serta zat besi. 
Mengingat banyaknya zat gizi yang dikandung oleh tempe, maka ia termasuk salah satu lauk yang multi manfaat. Selain dapat dimasak sebagai bahan baku sayur, digoreng secara langsung pun rasa tempe tetap nikmat.

Cara Membuat Tempe

cara membuat tempe
Secara umum cara membuat tempe mesti melewati beberapa langkah berikut yaitu : pembersihan, pemasakan, pemberian ragi, pengemasan dan penyimpanan.
Cara Membuat Tempe. Perebusan yang pertama dilakukan untuk melunakkan kedelai, juga untuk memudahkan proses pelepasan kulit kedelai. Selanjutnya perendaman bertujuan untuk membiarkan kedelai menyerap sebanyak-banyaknya air agar nantinya ragi dapat diserap secara sempurna oleh kedelai. Ragi tempe sendiri berfungsi sebagai media fermentasi. Ingat, ragi tempe berbeda dengan ragi pembuatan tape atau roti ya.

Cara Membuat Tempe

Untuk membuat tempe, siapkan bahan-bahan sebagai berikut :
  1. Kedelai 1 kg
  2. Ragi 1,5 gram
  3. Air secukupnya
  4. Perlengkapan masak
Langkah-langkah pembuatan tempe :
  1. Pembersihan. Bersihkan kedelai dengan cara mencucinya hingga bersih. Masak air hingga mendidih kemudian angkat dari kompor. Masukkan kedelai ke dalam air panas tadi, hingga menjadi hangat kuku. Bersihkan kulit kedelai. Cara membersihkan kulit dapat dilakukan secara manual dengan tangan, dengan menggunakan mesin atau juga pada jumlah produksi yang cukup banyak diinjak-injak.
  2. Pemasakan. Rebus kembali kedelai dengan air hingga keluar busa putihnya. Setelah dirasa cukup empuk, tiriskan. Dan letakkan kedelai matang dalam wadah (misalnya tampah atau nampan) yang telah dialasi dengan kain untuk mempercepat proses pengeringan.
  3. Pemberian Ragi. Proses selanjutnya adalah pemberian ragi. Pastikan bahwa sebelum diberi ragi kondisi kedelai sudah benar-benar kering. Peragian dapat dilakukan di tempat kering. Rasio yang seimbang antara jumlah ragi dan kedelai adalah 1,5 gram ragi untuk 2 kilogram kedelai.
  4. Pengemasan. Setelah tercampur dengan baik, bungkus kedelai dalam satuan-satuan kecil seperti yang biasa dijual di pasar dengan menggunakan daun pisang, daun waru atau plastik. Pastikan bahwa tempe masih mendapatkan udara dalam proses peragian.
  5. Penyimpanan. Layaknya dalam proses pembuatan tape, simpan tempe yang telah diragi dalam tempat yang hangat. Tutup dengan menggunakan kain yang tebal. Tunggu selama 3 hari, setelah itu tempe dapat dikonsumsi.
Hati-hati, pembuatan tempe mengharuskan adanya tempat yang steril. Ketidakbersihan peralatan dan tempat yang digunakan dapat menyebabkan hasil pembuatan tempe tidak memuaskan.
Oh ya … Sekedar mitos, jika pembuat tempe hatinya lagi tidak enak, tidak mood atau marah, tunggu saja hasil tempenya juga pasti tidak akan lezat. Haha …
Oke, segitu saja Cara Membuat Tempe yang dapat saya bagi. Silakan baca-baca artikel saya yang lain, misalnya Cara Kirim SMS Gratis dari Internet atau Nonton TV Live Streaming di sini.

Anda suka dengan artikel Cara Membuat Tempe ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Kata Mutiara Gombal Yang Bikin Cewek Klepek-Klepek. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Membuat Tempe" :

Ditulis dalam Kategori How To.