SNMPTN Undangan 2012 | Informasi SNMPTN Jalur Undangan. Sempat googling untuk mencari informasi tentang SNMPTN Undangan 2012, mendapatkan sebuah artikel yang berjudul “SNMPTN Undangan 2012 | Informasi SNMPTN Jalur Undangan” di sebuah blog. Layaknya kita ketahui bersama, SNMPTN atau kependekan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, atau dulunya dikenal dengan SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) adalah salah satu jalur masuk penting bagi calon mahasiswa.

SNMPTN Undangan 2012

SNMPTN Undangan 2012 sendiri adalah bentuk penerimaan calon mahasiswa yang baru tahun lalu diterapkan. Pada penerimaan calon mahasiswa lewat SNMPTN Jalur Undangan ini, tidak ada seleksi tertulis layaknya SNMPTN tertulis. Lantas bagaimana prosedur pendaftarannya? Begini .. Sekolah dianggap sebagai pihak yang mengetahui dengan pasti prestasi akademik dan non akademik siswa siswi mereka. Karenanya, sekolah diberikan kewenangan untuk memberikan rekomendasi bagi siswa berprestasi untuk ikut dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur ini.

SNMPTN Jalur Undangan ini hanya mengharuskan kepala sekolah (atau dalam hal ini perwakilan sekolah) untuk memasukkan data nilai raport siswa berprestasi dalam kelas pada form pendaftaran online. Nantinya, para siswa ini akan diseleksi secara nasional untuk ditentukan lulus tidaknya pada perguruan tinggi yang ia pilih.

Tentu saja prosedurnya ndak singkat-singkat amat. Pertama, kepala sekolah mendaftarkan sekolah, mengisi daftar kelas, menuliskan daftar siswa berdasarkan peringkat. Sampai sini, sistem akan otomatis mendeteksi siswa mana saja yang boleh diberikan rekomendasi. Pada kelas akselerasi atau unggulan, 100% siswa di kelasnya dapat diberikan rekomendasi. Pada kelas RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional), 75% siswa terbaik boleh direkomendasikan. Sedangkan pada sekolah dengan kategori akreditasi A, B dan C, masing-masing hanya dapat merekomendasikan 50%, 25% dan 10% dari siswa terbaik mereka pada tiap-tiap kelas untuk diikutkan pada seleksi SNPMTN Jalur Undangan. Setelah terdaftar, kepala sekolah akan mendapatkan nomor pendaftaran dan password untuk setiap siswa, sehingga siswa dapat melanjutkan pendaftarannya secara mandiri.

Pada SNMPTN Jalur Undangan, setiap siswa dapat memilih 2 perguruan tinggi, dengan masing-masing perguruan tinggi dapat memilih 3 jurusan. Lha, enak kan?! Sudah ndak pake’ tes tertulis, bisa memilih lebih banyak jurusan pada universitas favorit. Bebas biaya pula. Bagi yang penghasilan orang tuanya kurang dari Rp. 1,2 juta per bulan, akan dapat terintegrasi secara langsung dengan beasiswa Bidik Misi. Artinya, nanti jika lulus, bisa dapat uang tambahan untuk belajar. Aseeekk …

SNMPTN Jalur Undangan 2012 ini akan segera dilaksanakan. Mungkin sekitar bulan 3 atau 4 pendaftaran online-nya sudah terbuka. Sayangnya, hingga artikel ini saya tulis, laman SNMPTN Undangan 2012 belum dapat diakses. Mungkin sedang dalam perbaikan sistem.

Ayo mendaftar pada SNMPTN Jalur Undangan. Selain ndak ribet, ndak perlu antre, bisa dapat beasiswa, bebas pilih 6 jurusan pula. Yang penting, belajar untuk mendapatkan peringkat di kelas. Kalau kelas kamu adalah kelas reguler dengan akreditasi A, maka kamu harus bersaing dengan 50% temanmu untuk mendapatkan 1 kursi rekomendasi.

Oh ya … Untuk dapat memenuhi ini, kamu dapat belajar banyak tentang Soal UN 2012, Prediksi Soal UN SMP 2012, atau belajar tentang Bank Soal SD, SMP, SMA. Oh ya … Kunjungi langsung blog tersebut di atas untuk melihat dan memahami prosedur pendaftaran SNMPTN Undangan 2012 secara detail. semoga bermanfaat.  SNMPTN Jalur Undangan 2012.

Anda suka dengan artikel SNMPTN Undangan 2012 | Informasi SNMPTN Jalur Undangan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang 10 Makanan Wajib Agar Cepat Hamil | Cara Cepat Hamil. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "SNMPTN Undangan 2012 | Informasi SNMPTN Jalur Undangan" :

Ditulis dalam Kategori Ujian.