Cara Download dari Situs GetJar.com Lewat Opera Mini. Siang ini saya mencoba mendownload sebuah aplikasi chating dari GetJar. Sahabat tahu GetJar.com kan? GetJar.com adalah sebuah situs tempat mendownload aplikasi untuk HP kita. Mulai dari aplikasi untuk Nokia, BlackBerry, Android, Samsung, Sony Erricsson maupun Palm ada di sana.

Beruntungnya saya adalah karena saya memiliki akses internet murah untuk opera mini. Lumayan lah, sebulan seharga Rp. 30.000 untuk akses tanpa batas, dengan opera mini. Saya menggunakan HP Nokia N 73, dengan symbian sebagai operasi sistem di dalamnya.

Sayangnya, ternyata tiap kali akan mendownload dari GetJar, oleh opera mini proses downloadnya selalu diredirect lewat browser standar (Ndak tau itu kerjaan opera mini atau kerjaan getjar!). Lha?! Kan gratisnya cuma ketika pake opera mini, jadi jika proses downloadnya diarahkan ke browser, itu akan berbayar. Yang berbayar adalah biaya GPRSnya, bukan konten-nya. Terbukti ketika saya mencoba mendownload aplikasi eBuddy Messenger untuk chating, file yang hanya berukuran 355KB itu memakan lebih dari Rp. 2000 pulsa saya. Parah. :(

Cara Download dari Situs GetJar.com Lewat Opera Mini

Akhirnya saya menemukan cara download dari situs GetJar.com lewat opera mini. Saya mencoba cara ini pada Opera Mini 4.0. Jika sahabat melakukan langkah ini, maka semua aplikasi akan terdownload tanpa keluar dari opera mini. Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Silakan klik http://m.getjar.com untuk akses lewat hape.
  • Pilih aplikasi yang sahabat inginkan. Misalnya saya akan mendownload ebuddy, maka saya menggunakan form pencarian dengan mengetikkan “ebuddy“. Akan muncul beberapa hasil, termasuk eBuddy Messenger yang siap kita download. Klik.
  • Akan muncul pilihan DOWNLOAD, klik.
  • Kita akan diantar pada sebuah halaman tempat mendownload. File yang disediakan di sini adalah file dengan ekstensi .jad. Pada contoh eBuddyMessenger, filenya bernama eBuddy_nokia_series60v3-medium.jad. Perlu diamati bahwa pada halaman ini hanya tersedia pilihan OPEN. Padahal jika file berada dalam ekstensi .jar atau .zip biasanya ada pilihan SAVE atau OPEN. Kalau memilih SAVE, maka file akan terdownload dengan tetap berada pada opera mini. Tapi kalau memilih OPEN, kita akan diredirect ke browser standar.
  • Tekan #1 pada keypad. Tombol #1 ini bertujuan agar kita dapat mengedit URL link download. Dengan mengedit URL ini, nantinya kita akan dapat memberikan opsi SAVE pada halaman download. Misalnya URL yang tertera adalah : http://download.getjar.com/downloads/wap/export-88-wn9qa0dozwfbtn211-lnrx1xo78zjovo5c/432294/eBuddy_nokia_series60v3-medium.jad?gjid=eb2d5ef2-3dd6-4caa-9825-a41268178a98&appId=10717&deviceId=113 maka kita harus mengedit URL tersebut. Hapus seluruh bagian setelah .jad kemudian ganti .jad menjadi .zip. Sehingga link URL akan berubah menjadi http://download.getjar.com/downloads/wap/export-88-wn9qa0dozwfbtn211-lnrx1xo78zjovo5c/432294/eBuddy_nokia_series60v3-medium.zip. Setelah itu tekan GO.
  • Taraaaa … Sekarang sudah ada pilihan SAVE dan OPEN. Maka pilih saja SAVE, file akan otomatis menjadi milik Anda.
  • Setelah selasai didownload, file eBuddy_nokia_series60v3-medium.zip sudah ada di memori hape. Untuk menginstallnya, rename file menjadi eBuddy_nokia_series60v3-medium.jar. Maka dengan itu file akan dapat dieksekusi. Ok?!

Ini lumayan. Biasanya kita selalu terkendala ketika akan mendownload. Dengan trik ini, dengan sangat mudah kita dapat mendownload semua aplikasi dari getjar secara gratis. Gratis yang saya maksud di sini adalah gratis karena tidak mengeluarkan biaya tambahan. Opera mininya mah tetap harus dibayar sebulan 30rebu. Haha … Semoga bermanfaat. Baca juga koleksi artikel saya tentang Alternatif SMS gratis lewat Opera Mini dan SMS Gratis lewat Internet.

 

Anda suka dengan artikel Cara Download Dari Situs GetJar.com Lewat Opera Mini ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Silabus RPP TIK & SBK Berkarakter SMP Kelas 7, 8, 9. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Download Dari Situs GetJar.com Lewat Opera Mini" :

Ditulis dalam Kategori Techno. getjar tempat unduh aplikasi,