FBFacebook. Siapa yang tidak kenal FB? FB atau kependekan dari Facebook adalah situs pertemanan yang saat ini memiliki anggota terdaftar lebih dari 800juta pengguna aktiv bulanan. Di Facebook, seseorang diizinkan untuk mendaftar secara gratis, menjalin pertemanan dengan orang-orang di sekitarnya, dengan orang-orang baru, dan juga berbagi foto dan aktivitas harian. Facebook juga mengizinkan seseorang untuk bergabung dengan komunitas-komunitas (atau yang dikenal dengan grup) untuk berbagi informasi bagi mereka yang memiliki minat sejenis.

Sejarah FB

FB didirikan oleh Mark Zuckerberg, dilaunching pada Februari 2004. Awalnya Facebook merupakan website pertemanan yang hanya terbatas digunakan oleh mahasiswa Harvard saja. Lantas dikembangkan untuk beberapa perguruan tinggi di sekitarnya. Dan kemudian terbuka bagi khalayak ramai di seluruh dunia. Kehadiran facebook terbukti telah merentang batas dan membelah tembok penghalang komunikasi antara seseorang dengan orang lain di sekitarnya.

Fitur pada Facebook

Beberapa fitur utama yang ada pada facebook adalah sebagai berikut :

  • Dinding, yaitu halaman utama profil seseorang. Melalui dinding ini, kita dapat mengirimkan pesan kepada teman. Pesan pada dinding ini dapat dibaca oleh setiap teman dari teman kita. Namun kini kita dapat mengatur privasi siapa saja yang boleh melihat pesan tersebut.
  • Foto, adalah tempat pengguna untuk mengunggah dan menampilkan foto mereka pada album. Facebook mengizinkan seseorang mengunggah foto dan album tanpa batasan. Ini tentu berbeda dengan situs foto seperti photobucket ataupun flickr.
  • Status, adalah tempat seseorang menuliskan apa yang sedang ada dalam pikiran mereka atau tindakan yang kini ia lakukan. Status ini dapat diupdate setiap saat, layaknya dinding dan foto, tanpa batasan.

Hingga awal Januari 2012 ini, statistik facebook dapat Anda lihat sebagai berikut :

  • Memiliki lebih dari 800 juta pengguna terdaftar, 50% diantaranya login ke dalam facebook setiap hari, dan setiap orang rata-rata memiliki lebih dari 130 orang teman.
  • Orang-orang tersebut berinteraksi dengan lebih dari 900 juta objek, termasuk grup, page, atau halaman komunitas), lebih dari 250 juta foto diupload setiap hari dan setiap orang rata-rata bergabung dengan 80 grup di facebook.
  • Facebook mendukung lebih dari 70 bahasa, 75% dari penggunanya adalah orang di luar warga Amerika Serikat.
  • Setiap hari, para pengguna facebook menginstall lebih dari 20 juta kali aplikasi yang tergabung dalam facebook. Sedangkan pada setiap bulannya, lebih dari 500 juta orang menggunakan aplikasi tersebut.
  • Lebih dari 350 juta pengguna facebook online dengan menggunakan handphone dan gadget mereka, dan ini didukung dengan lebih dari 475 operator selular di dunia telah mendukung promosi facebook lewat mobile.

Melihat statistik di atas, kita pasti terheran dengan perkembangan facebook. Oleh Alexa.com, facebook ditempatkan sebagai situs nomor 2 yang paling sering diakses oleh pengguna internet di seluruh dunia, mengalahkan Youtube, Yahoo!,  dan Wikipedia. Siapa yang nomor 1? Tetaplah … Google.

Facebook hingga kini masih terus mengadakan perubahan demi kenyamanan penggunanya. Terutama dalam hal interface dan pengaturan privasi. Layaknya kita ketahui, facebook seringkali tersandung masalah privasi pengguna. Saya fikir, wajar lah hal itu terjadi.

Facebook sering membantu seseorang menemukan orang-orang lain dari masa lalunya, mempertemukan dua sahabat yang puluhan tahun tak berjumpa dan menyampaikan pesan seorang tua pada anaknya yang terpisah sedari kecil. Berbagai manfaat dapat didapatkan dari facebook, jika kita berniat baik. Namun juga banyak cerita penipuan, penculikan dan berbagai kejahatan lainnya melalui facebook.

Baca juga artikel saya tentang Cara Bikin Sampul Facebook Keren” dan “Menampilkan Foto Unik pada Profil Facebook“. Semoga bermanfaat. FB.

Anda suka dengan artikel FB – Facebook ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Menampilkan Foto Di Chat Facebook. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "FB – Facebook" :

Ditulis dalam Kategori Facebook.