Makalah Obesitas Pada Remaja dan Cara Penyembuhan. Setelah sebelumnya berbagi tentang Makalah tentang Malaria dan Asuhan Post Natal Care kini saya akan melanjutkannya dengan makalah tentang obesitas. Mau baca? Silakan teruskan.

Obesitas atau kegemukan merupakan sebuah masalah bagi remaja, apalagi bagi yang sedang tumbuh berkembang dan bersosialisasi di masyarakat. Menjadi gemuk, mungkin memang dianggap biasa oleh beberapa orang, namun bagi orang lainnya, gemuk adalah masalah besar, sebesar gemuknya badan. :D

Kali ini saya ingin berbagi makalah tentang kegemukan atau obesitas ini. Makalah ini dibuat oleh seorang mahasiswi bernama Mardiana untuk memenuhi tugasnya pada mata kuliah gizi. Ia kuliah di jurusan kesehatan lingkungan UIN Makassar.

Makalah Obesitas Pada Remaja dan Cara Penyembuhan

Layaknya kita ketahui, obesitas disebabkan karena tidak seimbangnya makanan yang dikonsumsi oleh tubuh dengan energi yang dikeluarkan. Orang yang mengalami obesitas memang cenderung suka makan. Makan bisa jadi sebuah hobi, namun juga dapat berupa pelampiasan tiap kali ia memiliki masalah. Nah, kali ini kita akan membahasnya tuntas dalam makalah Obesitas pada Remaja ini.

Lemak, atau lipida adalah sekelompok ikatan organik yang terdiri atas unsur-unsur Carbon(C), Hidrogen(H) dan oksigen (O), yang mempunyai sifat dapat larut dalam zat-zat pelarut tertentu. Lemak yang mempunyai titik lebur tinggi bersifat padat pada suhu kamar sedangkan yang mempunyai titik lebur rendah bersifat cair. Sedangkan yang cair pada suhu kamar disebut minyak.

Jaringan lemak didalam tubuh dianggap tidak aktif, jadi tidak ikut di dalam proses sehari-hari, tetapi merupakan simpanan atau cadangan energi yang berlebihan dan tidak terpakai. Pada orang penderita penyakit gemuk (obesitas), sejumlah lemak ini merupakan beban yang harus dibawa-bawa terus tanpa memberikan manfaat langsung.

Lemak dapat diklasifikasikan dengan berbagai cara sebagi berikut

a. Menurut struktur kimianya:

  • Lemak netral
  • Phospholipida
  • Lechitine
  • Sphyngomyeline

b. Menurut sumbernya:

  • Lemak hewani
  • Lemak nabati

c. Menurut konsistensinya:

  • Lemak padat, lemak atau gajiH
  • Lemak cair, minyak

d. Menurut wujudnya:

  • Lemak tidak terlihat
  • Lemak terlihat

Penentuan lemak dalam makanan

Makalah tentang Obesitas Remaja. Lemak dalam bahan makanan ditentukan dengan metode ekstraksi beruntun didalam alat Soxhley, mempergunakan ekstraktans pelarut lemak, seperti petroleum benzene atau eter. Bahan makanan yang akan ditentukan kadar lemaknya dipotong-potong setelah dipisahkan dari bagian yang tidak dimakan seperti kulitnya dan lainnya. Bahan makanan kemudian dihaluskan atau dipotong kecil-kecil dan dimasukkan kedalam alat Soxhlet, untuk diekstrasi. Ekstrasi dilakukan beberapa jam dengan dipanaskan. Setelah diperkirakan selesai cairan ekstraktans diuapkan dan residu yang tertinggal ditimbang dan diteliti. Persentase lemak(residu) terhadap berat junlah asal bahan makanan yang diolah (sampel) dapat dihitung dan kadar lemak bahan makanan tersebut dinyatakan dalam gram persen.

Ada cara lain yang dipergunakan dilaboratorium untuk menentukan kadar lemak yang lebih teliti dan lebih sensitif. Tetapi cara yang telah diuraikan lebih umum digunakan.

Makalah Obesitas Pada Remaja dan Cara Penyembuhan

Nah, untuk membaca makalah Obesitas pada Remaja ini secara lengkap, silakan Download di Sini.

Semoga bermanfaat. Makalah Obesitas Pada Remaja dan Cara Mengurangi Obesitas.

Anda suka dengan artikel Makalah Obesitas Pada Remaja Dan Cara Mengurangi Obesitas ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Makalah Malaria Dan Cara Penyembuhannya. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Makalah Obesitas Pada Remaja Dan Cara Mengurangi Obesitas" :

Ditulis dalam Kategori Kesehatan. makalah obesitas, makalah tentang obesitas, obesitas pada remaja, postnatal adalah, makalah obesitas pada remaja, jurusan yang ada di uin makassar, makalah go green, menu seimbang untuk remaja, makalah tentang go green, Jurusan UIN Makassar, unsur makanan sehat, Jurusan yang ada di uin alauddin makassar, MAKALAH postnatal, unsur-unsur gizi, islam kesehatan dan lingkungan, artikel tentang go green, judul pendidikan biologi tentang alat peraga, jurusan yang ada di universitas uin makassar, makalah gogrend, jurusan kuliah uin makassar, makalah tentang post natal care, tips menu makanan seimbang untuk remaja, power point tentang obesitas, Fakultas yang ada di UIN ALAUDIN MAKASAR, Nama fakultas di universitas islam makassar, nama - nama jurusan yang ada di UIN makassar, makalah tentang postnatal care, makalah tentang hasil penelitian gogreen, makalah goog reen, makalah bertema go green,