Bidik Misi 2013 | Informasi Beasiswa Bidik Misi. Bidik Misi adalah singkatan dari Beasiswa Pendidikan Bagi Mahasiswa Berprestasi, dikhususkan untuk mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan memiliki prestasi yang baik dan konsisten semasa sekolah di SMA. Beasiswa Bidik Misi ini diberikan sejak pertama kali calon mahasiswa mendaftar sebagai mahasiswa. Jika ia lulus, maka beasiswa ini menjadi salah satu bantuan khusus untuk meringankan biaya kuliah.
Pada tahun 2013 ini, beasiswa bidik misi memberikan kesempatan kepada 30.000 mahasiswa untuk mendapatkan bantuan pendidikan. Jumlah yang diterima oleh penerima beasiswa bidik misi adalah Rp. 600.000/bulan, atau jika dihitung menjadi Rp. 2.400.000/semester. Wew.. Lumayan kan?!
Bidik Misi 2013 ini sebenarnya telah terintegrasi dengan program SNMPTN Undangan 2013. Bagi siswa yang memiliki prestasi baik di sekolah dan konsisten untuk semester 3, 4 dan 5 diberikan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa bidik misi dengan sangat mudah. Integrasi dengan SNMPTN Jalur Undangan itu nantinya akan terlihat pada langkah akhir proses rekomendasi yang diberikan oleh kepala sekolah. Jadi, jika penghasilan orang tua siswa yang mendaftar SNMPTN Undangan memenuhi syarat, siswa bersangkutan dapat langsung mendapatkan rekomendasi untuk terdaftar sebagai calon penerima beasiswa Bidik Misi.

Bidik Misi 2013 | Informasi Beasiswa Bidik Misi

Syarat untuk penerima beasiswa bidik misi secara umum adalah sebagai berikut :
  1. Siswa bersangkutan akan lulus ujian tahun 2012 nanti. Jika siswa lulus 2011, maka ia bukan penerima bidik misi atau syarat yang bertentangan dengan aturan Perguruan Tinggi.
  2. Usia siswa saat mendaftar maksimal 21 tahun.
  3. Kurang mampu secara ekonomi. Syarat ini digambarkan dengan penghasilan gabungan kedua orang tua maksimal 3juta/bulan. Atau jika dibagi dengan jumlah anggota keluarga maksimal 600ribu/bulan. Orang tua siswa bersangkutan maksimal hanya berpendidikan Sarjana atau D4.
  4. Bagi siswa yang tidak ikut dalam ujian SNMPTN Tertulis, maka harus memiliki prestasi sekurang-kurangnya 30% terbaik di sekolah dan konsisten pada semester 3, 4 dan 5. Bagi siswa yang lulus tahun 2011, harus termasuk dalam 30% terbaik pada semester 5 dan 6.
  5. Untuk siswa yang ikut jalur SNMPTN Undangan 2012, masuk dalam peringkat 50% terbaik untuk sekolah akreditasi A pada semester 3, 4 dan 5. Termasuk dalam 30% terbaik untuk sekolah akreditasi B, 15% terbaik bagi sekolah akreditasi C dan untuk sekolah lainnya 5% terbaik.
  6. Siswa yang memiliki peringkat akademik minimal juara 3 di tingkat kabupaten atau prestasi non akademik semisal ketua OSIS akan mendapatkan pertimbangan khusus.
  7. Prestasi akademik pada butir 4 dan 5 dibuktikan dengan rekomendasi kepala sekolah.
  8. Kesehatan memadai, termasuk tidak buta warna untuk beberapa jurusan tertentu.
Pedoman Beasiswa Bidik Misi 2012
Untuk melihat pedoman Beasiswa Bidik Misi 2012 secara lengkap silakan klik kanan pada link berikut, kemudian pilih SAVE LINK AS lalu SAVE FILE.
  • Pedoman Beasiswa Bidik Misi 2012
Pedoman beasiswa bidik misi 2012 itu menjelaskan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan pendaftaran, syarat, dan prosedur pelaksanaan seleksi beasiswa bidik misi tahun ini.
Prosedur Pendaftaran Bidik Misi 2013
Untuk mengikuti pendaftaran beasiswa bidik misi, silakan download “Pedoman Beasiswa Bidik Misi 2012″ di atas. 
Demikian postingan ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel saya tentang prediksi Soal UN 2012. Semoga bisa menjadi salah satu media belajar bagi siswa yang siap mengikuti UN 2012 ini. Sehingga pada Pengumuman UN 2012 nanti, semuanya lulus dengan hasil yang memuaskan. Ok?! Bidik Misi 2012 | Informasi Beasiswa Bidik Misi

Anda suka dengan artikel Bidik Misi 2013 | Informasi Beasiswa Bidik Misi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Peranan Pendidikan Dalam Pembangunan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Bidik Misi 2013 | Informasi Beasiswa Bidik Misi" :

Ditulis dalam Kategori SNMPTN, Ujian Nasional.